6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional

jaib: 6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional
Ajaib: 6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional

Anda mungkin sering mendapatkan nasihat keuangan dari berbagai orang, mulai dari orang tua Anda hingga perencana keuangan profesional. Namun, saat Anda ingin menerapkan saran itu, sulit untuk mengetahui apa yang cocok untuk Anda. Artikel ini akan membahas 6 tips keuangan terbaik yang dibagikan oleh para pakar penasihat keuangan.

# Ambil Risiko yang Lebih Besar

Beberapa orang sering kali memilih untuk bermain aman. Mereka khawatir tentang hal-hal kecil dan khawatir gagal ketika mereka tidak seharusnya takut akan hal tersebut. Padahal, waktu yang tepat untuk belajar berjalan adalah ketika Anda masih muda. Jika Anda jatuh, Anda tidak jatuh sejauh itu. Anda mungkin berpikir Anda menghasilkan banyak kerugian jika gagal, tetapi hal itu karena Anda tidak melakukannya ketika Anda muda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengambil risiko besar karena Anda punya waktu di pihak Anda jika apa yang Anda lakukan tidak berhasil.

# Investasi ke Diri Anda Lebih Banyak

Investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri, terutama ketika Anda masih muda. Hal ini karena Anda akan mendapatkan manfaat dari investasi tersebut lebih lama. Coba Anda renungkan, siapa yang akan mendapat manfaat lebih besar secara finansial, seseorang yang menjadi pengacara pada usia 65 atau usia 25 tahun? Hal ini bukan hanya terbatas dalam pendidikan formal atau gelar yang bisa diperoleh. Berinvestasi pada diri sendiri dapat berarti apa pun dan di mana pun Anda bisa belajar dan bertumbuh. Hal ini termasuk membaca, mengikuti kursus online, mendapatkan sertifikasi, atau bahkan hal-hal seperti program pengembangan pribadi. Diri Anda adalah aset terbaik yang Anda miliki. Semakin banyak Anda berinvestasi dalam diri Anda, semakin berharga aset itu.

# Gunakan 8 Jam Anda dengan Bijak

Anda bekerja selama 8 jam, tidur 8 jam, sehingga tersisa 8 jam lagi untuk Anda. Sehingga satu-satunya cara supaya Anda dapat berkembang, berolahraga, dan meningkatkan kehidupan Anda adalah setelah Anda bekerja dan sebelum Anda tidur. Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya. 8 jam ini adalah semua yang Anda miliki untuk meningkatkan kehidupan Anda. Investasikan waktu ini dengan bijak dengan mengerjakan hal-hal dan bertemu orang-orang yang akan membuat Anda lebih baik. Anda bisa menginvestasikan waktu itu untuk mempelajari keterampilan baru. Hargailah waktu Anda dan investasikan untuk jangka panjang.

# Ubah Pandangan Anda Tentang Usia Anda

Jangan khawatir tentang usia Anda berapa pun itu. Anda tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk membuat perbedaan besar. Usia hanyalah pembatasan diri sendiri yang tidak memiliki dasar dalam kenyataan. Banyak orang lain telah menciptakan perusahaan atau bahkan mengubah dunia dengan usia yang lebih muda dari Anda saat ini. Jangan membatasi diri berdasarkan usia Anda. Jangan pernah berpikir Anda akan bisa melakukan hal-hal besar ketika Anda lebih tua. Untuk inspirasi, bacalah tentang orang lain yang telah melakukan hal-hal besar di usia muda. Usia tidak menghentikan mereka dan juga tidak akan menghentikan Anda.

# Beli, Investasikan, dan Buat Aset

Jika ada satu hal yang bisa dipelajari dari orang-orang kaya adalah bahwa kekayaan dihasilkan dengan memiliki aset. Ada banyak cara untuk memiliki aset. Anda dapat membuatnya dengan memulai perusahaan, menulis lagu, memproduksi film, atau menciptakan suatu produk. Jika Anda bekerja dengan gaji, ini tidak berarti Anda tidak bisa menjadi kaya. Itu hanya berarti Anda perlu mengalihkan sebagian penghasilan Anda ke dalam membeli aset seperti saham, tanah, obligasi, dan aset lainnya. Penghasilan Anda adalah hasil Anda menjual waktu dan nilai Anda dengan rupiah. Karena waktu dibatasi, ada batasan berapa banyak yang dapat Anda hasilkan. Terlepas dari berapa banyak penghasilan Anda selama satu jam, Anda harus membiasakan mengubah pendapatan Anda menjadi aset.

# Buat Pengeluaran Dasar Anda Seminimal Mungkin

Apa pun yang Anda lakukan, jaga agar pengeluaran tetap Anda tetap rendah. Memang tidak mudah untuk tidak menginginkan mobil mewah atau smartphone yang baru keluar, tetapi cobalah untuk menahan diri Anda. Mungkin banyak dari Anda ingin segera keluar dari rumah orang tua Anda, tetapi jika Anda bisa tinggal di sana sedikit lebih lama, lakukanlah. Menjaga pengeluaran Anda setiap bulan adalah sesuatu yang lebih mudah Anda kontrol dari investasi jangka panjang. Idenya adalah supaya Anda ingin menjadi sefleksibel mungkin secara finansial. Saat Anda memiliki pembayaran cicilan mobil atau sewa apartemen, kebebasan finansial Anda menjadi terbatas. Anda harus terus bekerja meskipun pekerjaan itu mungkin tidak cocok untuk Anda. Akan ada banyak waktu untuk dibebani dengan tanggung jawab, tetapi ketika Anda masih muda, Anda menginginkan fleksibilitas. Jaga pengeluaran Anda secara efektif dan Anda akan memiliki banyak mobil dan rumah yang lebih bagus di masa depan.

Ada banyak saran keuangan yang berbeda di luar sana, dan terlalu banyak saran dapat membuat Anda pusing. Agar berhasil meningkatkan situasi keuangan Anda, ikuti dan terapkan tip yang sesuai dengan gaya hidup Anda saat ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait