6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional

jaib: 6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional
Ajaib: 6 Tips Finansial Terbaik oleh Penasihat Keuangan Profesional

Semua orang terus-terusan mencari cara pengelolaan keuangan yang terbaik ddari berbagai sumber. Begitu pula kamu. Kamu mungkin sering mencari nasihat keuangan dari berbagai orang, mulai dari orang tua, teman hingga penasihat keuangan profesional. Kalau memang punya dana lebih, kamu bisa secara khusus menggunakan jasa perencana keuangan untuk memberikan masukan terbaik.

Namun jika dana yang kamu miliki masih terbatas, biasanya kamu tentu hanya sekedar mencari ulasan maupun artikel dari penasehat keuangan. Hampir semua saran keuangan itu nampak baik dan mudah diaplikasikan. Masalahnya, kamu tidak pernah tahu cara untuk mengetahui salah satu tips yang paling cocok untuk kondisimu dari saran konsultan keuangan tersebut.

Akibatnya, kamu malah bingung ketika membuat keputusan soal cara mengelola keuanganmu sendiri. Adapula yang asal pilih tips masalah keuangan dan berakhir kurang maksimal karena memang tidak sesuai dengan kondisi keuanganmu. Kondisi ini mungkin kerap kamu alami sehingga akhirnya asal saja melakukan perencanan finansial sehingga akhirnya kondisi keuangan yang baik cuma sekedar harapan.

Rekomendasi Tips Keuangan ala Penasihat Keuangan Profesional

Selama ini kamu mungkin belum sukses menerapkan saran financial planner karena belum memahami jelas saran apa yang tepat dan bagaimana kondisi bidang keuanganmu sekarang. Dari begitu banyak saran keuangan yang ada mungkin kamu juga bingung mana yang paling pas buatmu.

Ajaib memahami hal ini sehingga telah secara khusus menyusun tips keuangan terbaik ala penasihat keuangan profesional yang bisa diaplikasikan bagi milenial seperti kamu.

1. Ambil Risiko yang Lebih Besar

Beberapa orang sering kali memilih untuk bermain aman. Mereka khawatir tentang hal-hal kecil dan khawatir gagal ketika mereka tidak seharusnya takut akan hal tersebut. Padahal, waktu yang tepat untuk belajar berjalan adalah ketika kamu masih muda. Jika jatuh, kamu tidak akan jatuh sejauh itu.

Kamu mungkin berpikir akan menghasilkan banyak kerugian jika gagal, tetapi hal itu karena kamu tidak melakukannya ketika masih muda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengambil risiko besar karena masih punya waktu di pihakmu jika apa yang kamu lakukan tidak berhasil.

2. Investasi ke Dirimu Lebih Banyak

Investasi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berinvestasi pada dirimu sendiri, terutama ketika kamu masih muda. Hal ini karena kamu akan mendapatkan manfaat dari nilai investasi tersebut lebih lama. Coba kamu renungkan, siapa yang akan mendapat manfaat lebih besar secara finansial, seseorang yang menjadi pengacara pada usia 65 atau usia 25 tahun?

Hal ini bukan hanya terbatas dalam pendidikan formal atau gelar yang bisa diperoleh. Berinvestasi pada diri sendiri dapat berarti apa pun dan di mana pun kamu bisa belajar dan bertumbuh. Hal ini termasuk membaca, mengikuti kursus online, mendapatkan sertifikasi, atau bahkan hal-hal seperti program pengembangan pribadi.

Dirimu adalah aset terbaik yang kamu miliki. Semakin banyak berinvestasi dalam dirimu, semakin berharga aset itu. Jangan ragu jika harus mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya peningkatan kualitas dirimu itu. Saat ini juga cukup banyak kursus atau tempat belajar yang bisa didapatkan secara gratis alias cuma-cuma. Bisa pula memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet mencari kursus online untuk meningkatkan kemampuanmu.

3. Gunakan 8 Jam Hidupmu dengan Bijak

Kamu bekerja selama 8 jam, tidur 8 jam, sehingga tersisa 8 jam lagi untukmu. Sehingga satu-satunya cara supaya kamu dapat berkembang, berolahraga, dan meningkatkan kehidupanmu adalah setelah kamu bekerja dan sebelum kamu tidur. Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya.

Waktu selama 8 jam ini adalah semua yang kamu miliki untuk meningkatkan kehidupanmu. Investasikan waktu ini dengan bijak dengan mengerjakan hal-hal dan bertemu orang-orang yang akan membuatmu lebih baik. Kamu bisa menginvestasikan waktu itu untuk mempelajari keterampilan baru. Hargailah waktumu dan investasikan untuk jangka panjang.

Di sisi lain, kamu juga harus pandai memanfaatkan pengaturan waktu tersebut dengan maksimal. Misalnya waktu selama 8 jam untuk tidur,maka gunakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian alokasi waktu lainnya juga dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

4. Ubah Pandanganmu Tentang Usiamu

Jangan khawatir tentang usiamu berapa pun itu. Kamu tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk membuat perbedaan besar. Usia hanyalah pembatasan diri sendiri yang tidak memiliki dasar dalam kenyataan.

Banyak orang lain telah menciptakan perusahaan atau bahkan mengubah dunia dengan usia yang lebih muda dari usiamu saat ini. Jangan membatasi diri berdasarkan usiamu. Jangan pernah berpikir kamu akan bisa melakukan hal-hal besar ketika usiamu lebih tua.

Untuk inspirasi, bacalah tentang orang lain yang telah melakukan hal-hal besar di usia muda. Usia tidak menghentikan mereka dan juga tidak akan menghentikan kamu saat ini. Malah, usiamu saat ini menjadi landasann yang tepat agar masa depanmu berikutnya lebih mapan.

5. Beli, Investasikan, dan Buat Aset

Jika ada satu hal yang bisa dipelajari dari orang-orang kaya adalah bahwa kekayaan dihasilkan dengan memiliki aset. Ada banyak cara untuk memiliki aset. Kamu dapat membuatnya dengan memulai perusahaan, menulis lagu, memproduksi film, atau menciptakan suatu produk. Karyamu itu kemudian akan menjadi aset dan mendatangkan penghasilan bagimu di masa depan.

Jika kamu bekerja dengan gaji, ini tidak berarti kamu tidak bisa menjadi kaya. Itu hanya berarti kamu perlu mengalihkan sebagian penghasilanmu ke dalam membeli aset seperti saham, tanah, obligasi, dan aset lainnya. Penghasilan yang kamu miliki saat ini adalah hasilmu menjual waktu dan nilaimu dengan rupiah.

Karena waktu dibatasi, ada batasan berapa banyak yang dapat kamu hasilkan. Terlepas dari berapa banyak penghasilanmu selama satu jam, kamu harus membiasakan mengubah pendapatanmu menjadi aset. Dengan demikian, penghasilanmu di masa sekarang bukan hanya bermanfaat untuk saat ini namun juga bagi masa depanmu.

Konsultasi keuangan di mana pun pasti akan memberikan saran untuk memiliki aset. Aset ini bentuknya beragam dan cara mendapatkannya juga banyak. Aset bukan hanya bisa dimiliki oleh pengusaha atau enterpreneur namun juga karyawan. Bukan berarti kamu yang pekerja kantoran tidak bisa memiliki aset dengan alasan keterbatasan dana.

6. Buat Pengeluaran Dasarmu Seminimal Mungkin

Apa pun yang kamu lakukan, jaga agar pengeluaran tetapmu tetap rendah. Memang tidak mudah untuk tidak menginginkan mobil mewah atau smartphone yang baru keluar, tetapi cobalah untuk menahan dirimu semaksimal mungkin. Jangan gampang tergoda dengan promo atau sale produk terbaru yang bertebaran.

Mungkin banyak dari kamu ingin segera keluar dari rumah orang tua, tetapi jika kamu bisa tinggal di sana sedikit lebih lama, lakukanlah. Paling tidak kamu bisa menghemat biaya sewa tempat tinggal dan pemeliharaan dibandingkan memiliki rumah sendiri. Pastikan kamu sudah benar-benar siap jika ingin tinggal sendiri.

Menjaga pengeluaranmu setiap bulan adalah sesuatu yang lebih mudah kamu kontrol dari investasi jangka panjang. Tekan pengeluaranmu semaksimal mungkin dengan menghilangkan berbagai pos belanja yang tidak perlu. Idenya adalah supaya kamu ingin menjadi sefleksibel mungkin secara finansial. Saat kamu memiliki pembayaran cicilan mobil atau sewa apartemen, kebebasan finansialmu menjadi terbatas.

Kamu harus terus bekerja meskipun pekerjaan itu mungkin tidak cocok untukmu. Akan ada banyak waktu untuk dibebani dengan tanggung jawab, tetapi ketika kamu masih muda, kamu tentunya menginginkan fleksibilitas. Jaga pengeluaranmu secara efektif dan kamu akan memiliki banyak mobil dan rumah yang lebih bagus di masa depan.

Ada banyak saran keuangan yang berbeda di luar sana, dan terlalu banyak saran dapat membuatmu pusing. Agar berhasil meningkatkan situasi keuanganmu, ikuti dan terapkan tip yang sesuai dengan gaya hidupmu saat ini. Enam saran di atas adalah tips paling sederhana dan mudah yang bisa kamu aplikasikan untuk keuangan yang lebih baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait