3 Manfaat Menabung Yang Wajib Kamu Tahu!

Ajaib: Apa Pentingnya Menabung?
Manfaat Menabung Yang Wajib Kamu Tahu!

Manfaat menabung diajarkan sedari kita masih kecil oleh semua orang termasuk orang tua dan guru. Sayangnya ketika kita beranjak dewasa kita merasakan sulitnya menerapkan saran ini. Berapa banyak dari kamu yang punya penghasilan yang cukup namun selalu kehabisan uang untuk menabung secara rutin. Apalagi jika penghasilanmu dirasa masih pas-pasan untuk ditabung maka sudah dipastikan lebih sulit lagi menyisihkan uang.

Jika kamu tidak berpenghasilan besar dan hampir tidak dapat membayar tagihan rutinmu setiap bulan, gagasan untuk menghemat uang mungkin tampak konyol. Ketika kamu hanya memiliki Rp20 ribu yang tersisa sebagai uang saku di akhir bulan, kamu mungkin menjadi tidak semangat untuk menabung. Namun, setiap orang harus memulai dan jika kamu mengusahakannya, situasi keuanganmu akan cenderung membaik seiring waktu.

Manfaat Menabung Untuk Kesehatan Keuanganmu

Kamu mungkin sudah kenyang dengan nasihat untuk menabung namun tetap saja sulit melakukannya. Seharusnya tidak sulit untuk menyisihkan sedikit dari dana yang dimiliki ke dalam rekening khusus tabungan. Paling tidak, memiliki tabungan akan memberimu keleluasan dari segi keuangan dan cadangan dana jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Menabung uang sepadan dengan usaha yang dilakukan. Kebiasaan menabung memberimu banyak hal positif termasuk mengajari mengatur keuangan dengan lebih baik. Kamu bisa mengatur mana yang untuk kebutuhan utama dan mana yang tidak. Kamu belajar menyisihkan uang sedari awal untuk kemudian sisanya digunakan semaksimal mungkin untuk membeli barang kebutuhan rutin lainnya.

Kamu juga wajib meningkatkan jumlah tabungan apabila mendapatkan kenaikan penghasilan. Misalnya penghasilanmu Rp10 juta dan biasanya menabung sebesar Rp2juta. Ketika kamu mendapatkan kenaikan sebesar Rp12 juta, ada baiknya kenaikan tersebut kamu alokasikan untuk tabungan daripada uang saku semata.

Pasalnya selama ini kamu sudah cukup hidup dengan Rp8 juta saja sehingga tidak ada kebutuhan untuk meningkatkan kebutuhan dari biasanya. Selain itu, pendapatan yang didapat dari kerja sampingan atau bonus tahunan juga sebaiknya dialokasikan untuk tabungan daripada sekedar bersenang-senang.

Jika sudah terbiasa menabung dalam jumlah tertentu, cobalah untuk terus meningkatkan jumlahnya dari waktu ke waktu. Bisa dengan menahan diri dengan tidak membeli barang secara impulsif apalagi jika kebutuhan tersebut tidaklah utama. Misalnya tidak perlu membeli gadget terbaru jika memang yang lama masih bisa digunakan atau masih kondisi baik.

Selain itu, semakin banyak kamu menabung semakin mudah untuk mengakumulasikan tabungan tambahan. Berikut adalah 3 manfaat menabung paling utama yang mungkin tidak kamu sadari sampai saat ini.

1. Menabung Memberimu Ketenangan Pikiran

Jika uangmu benar-benar ketat, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana akan membayar sewa tempat tinggal bulan depan. Jika kamu berpikir lebih jauh, kamu mungkin khawatir berapa bulan bisa membayar tagihan jika nantinya kehilangan pekerjaan. Di kemudian hari, terus memikirkan masalah uang akan membuatmu sulit tidur di malam hari dan mudah merasa stres.

Pikiranmu mungkin terpusat tentang bagaimana membayar biaya kuliah untuk anak-anak di masa depan atau apakah kamu sudah memiliki cukup uang untuk hari tua nanti. Ketika kamu menumpuk tabungan, kekhawatiran keuanganmu akan berkurang, selama kamu hidup.

Kamu akan lebih tenang jika sudah memiliki uang sewa bulan depan pada minggu pertama bulan ini, jika tahu bahwa kamu dapat bertahan tanpa bekerja selama tiga hingga enam bulan, atau jika kamu memiliki rekening tabungan untuk pendidikan anak-anak dan pensiun seperti yang inginkan.

Dengan tabungan, kamu akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Berkurangnya stres karena memiliki uang di bank membebaskan energimu untuk pikiran dan aktivitas yang lebih menyenangkan. Paling tidak, pemahaman jika kamu memiliki persediaan uang yang cukup jika sesuatu hal terjadi membuatmu lebih tenang menjalani hidup.

2. Menabung Memberimu Pilihan yang Lebih Luas

Semakin banyak uang yang kamu tabung, semakin kamu bisa mengendalikan nasibmu sendiri. Jika pekerjaanmu membuat kesehatanmu menurun, kamu dapat berhenti, bahkan jika belum memiliki pekerjaan baru. Kamu tidak akan terpaksa mengorbankan kesehatanmu demi pekerjaan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa meluangkan waktu untuk memulihkan kesehatanmu sebelum mencari pekerjaan baru.

Jika bosan tinggal di lingkungan yang tidak aman, kamu dapat pindah ke area yang lebih aman karena akan memiliki cukup uang untuk deposit di apartemen yang lebih baik atau uang muka di rumah yang lebih baik. Dengan demikian, tabunganmu juga bisa membantumu berhemat dengan memiliki rumah sendiri daripada terus-terusan menyewa.

Jika sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan dengan biaya tinggi yang tidak ditanggung asuransimu, kamu akan memiliki cara untuk membayarnya meskipun tidak dapat bekerja saat mendapatkan perawatan. Dan mengetahui bahwa kamu memiliki opsi karena uang yang telah ditabung dapat membuatmu lebih tenang.

Uang memang tidak menyelesaikan setiap masalah. Jika kamu diberhentikan dari pekerjaan saat ini, mungkin perlu waktu untuk mencari pekerjaan baru. Beberapa penyakit tidak akan hilang tidak peduli berapa banyak prosedur yang telah kamu lakukan, dan bencana selalu dapat terjadi tidak peduli seberapa besar usahamu menghindarinya. Tetapi dengan lebih banyak uang di bank untuk menangani masalah-masalah seperti ini, kamu memberi dirimu peluang lebih baik untuk hidup yang lebih nyaman.

3. Menabung Menjadikan Uang Bekerja Untukmu

Sebagian besar dari kamu bekerja ratusan jam setiap tahun untuk mendapatkan sebagian besar uangmu. Tetapi ketika kamu memiliki tabungan dan menyimpan uangmu di tempat yang tepat, uangmu mulai bekerja untuk dirimu.

Seiring waktu, kamu harus bekerja lebih sedikit dan lebih sedikit karena uangmu bekerja semakin banyak, dan pada akhirnya, mungkin dapat berhenti bekerja sama sekali. Dalam hal ini, pensiun dini bukan mustahil jika kamu rutin menabung uangmu dengan baik.

Jika kamu memiliki pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah, kamu akan memiliki banyak tabungan yang hanya tergeletak di rekening tanpa digunakan. Kamu bisa menggunakan uang yang tidak digunakan ini, setelah disisihkan uang untuk dana darurat tentunya, untuk berinvestasi di saham, obligasi, reksa dana, real estate, atau emas.

Jika kamu menabung dan berinvestasi secara teratur, kamu dapat menghidupi kehidupanmu hanya dari pendapatan yang dihasilkan dari investasi di mana uang yang disimpan yang bekerja untukmu. Semakin awal kamu memulai, semakin banyak waktu sejumlah kecil uang harus tumbuh besar melalui keajaiban compounding. Bunga majemuk atau compounding dapat membantu investasi awalmu tumbuh secara eksponensial. Untuk investor muda, compounding adalah alat investasi terbesar yang mungkin kamu miliki.

Sebagai contoh, seseorang berusia 25 tahun yang ingin mengakumulasi Rp1 milyar pada usia 60 perlu menginvestasikan Rp880 ribu setiap bulan dengan asumsi pengembalian konstan sebesar 5%. Seorang anak berusia 35 tahun yang ingin mengakumulasi Rp1 milyar pada usia 60 akan perlu menginvestasikan Rp1 juta 679 ribu setiap bulan menggunakan asumsi yang sama.

Seorang anak berusia 45 tahun perlu menginvestasikan Rp3 juta 741 ribu setiap bulan untuk mengakumulasi Rp1 milyar yang sama pada usia 60. Itu hampir 4 kali lipat jumlah yang dibutuhkan oleh anak berusia 25 tahun. Memulai lebih awal sangat membantu saat menabung untuk pensiun, ketika menyisihkan sedikit lebih awal dalam karirmu dapat menuai manfaat besar.

Menyimpan uang sangatlah penting. Menabung memberimu ketenangan pikiran, memperluas pilihan untuk keputusan yang memiliki efek besar pada kualitas hidupmu dan akhirnya memberimu pilihan untuk pensiun. Kebanyakan orang kaya berada di sana melalui kombinasi kerja keras mereka sendiri dan keputusan investasi dan tabungan yang cerdas. Kamu bisa menjadi salah satu dari orang-orang itu juga.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait