Investasi, Investor Pemula

Tips Sukses Berinvestasi ala Miliarder Berikut Ini

Tips Sukses Berinvestasi ala Miliarder Berikut Ini

Sabar merupakan kata kunci dalam menjalani kehidupan. Sabar juga menjadi sebuah kesuksesan untuk menjadi kaya raya dalam melakukan investasi jangka panjang. Buktinya, salah satu orang terkaya di dunia yang sukses berinvestasi seperti Waffer Buffet bisa mempunyai banyak uang di rekeningnya karena rajin berinvestasi. Warren Buffet merupakan salah satu investor terkenal yang paling piawai di dunia. Gak heran dia dapat gelar sebagai Oracle of Omaha atau Peramal dari Omaha.

Cukup banyak gebrakan yang diciptakan oleh Warren Buffet, yaitu gimana cara dia bisa mengubah uang ratusan ribu rupiah jadi miliaran. Salah satunya adalah kisah Warren Buffet membeli saham Coca-cola di tahun 1989. Saat itu harga per lembar saham Coca-cola cuma sekitar 40 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp500 ribuan (kurs saat ini). Kini, harga per lembarnya mencapai 5 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp66,5 miliar. Selain Warren Buffet, tiga orang ini menjadi miliarder karena sabar dalam berinvestasi.

Wang Jianlin

Wang Jianlin, seperti dalam data Forbes, merupakan orang terkaya di China pada tahun 2017. Dia merupakan pendiri perusahaan properti dan entertainment Dalian Wanda Group. Hartanya mencapai 31,3 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp416,3 triliun.

Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara China. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di China.

Wang menjadi salah satu yang berteriak kencang pasca kebijakan Presiden AS Donald Trump yang tidak bersahabat dengan pengusaha asing. Wang memperingatkan Trump untuk tidak salah menangani investasi dari China yang berada di Amerika Serikat. Apalagi, investasi Wanda di AS saat ini mempekerjakan 20.000 pegawai. Bila Trump tidak ramah terhadap investor China, 20.000 orang di Amerika bisa menjadi pengangguran

Carl Icahn

Carl Icahn dikenal sebagai salah satu investor yang sukses berinvestasi dengan berani ambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Caranya, dia menanam saham di perusahaan yang kurang terkenal. Plus, beberapa perusahaan tersebut dia ambil alih. Carl Icahn bahkan bisa mendapatkan keuntungan mencapai 31 persen per tahun dari perusahaan-perusahaan tersebut. Dia udah memulai karier sebagai investor sejak tahun 1961.

Dia adalah tokoh bisnis terkemuka Amerika Serikat yang berangkat dari seorang trader di pasar saham. Carl Icahn merupakan pendiri dan pemilik saham mayoritas perusahaan investasi besar Icahn Enterprises.

Pada akhir 1970-an, Icahn mulai melakukan pembelian dalam jumlah besar pada saham-saham tertentu. Dengan negosiasi yang cukup alot dan penuh hambatan, pada tahun 1985 perusahaannya berhasil mengambil alih TWA (Trans World Airlines). Menyusul kemudian beberapa perusahaan besar seperti RJR Nabisco, Texaco, Phillips Petroleum, Western Union, Gulf & Western, Viacom, Revlon, Fairmont Hotels, Blockbuster, Kerr-McGee, Time Warner, Motorola, dan Herbalife.

Tin Grittani

Tin Grittani mungkin belum bisa disandingkan dengan orang-orang terkaya di dunia yang udah ada. Namun, ketekunannya buat memantau pasar saham menjadikannya salah satu miliarder. Modal awalnya sebesar 1.500 dolar Amerika Serikat atau sekitar hampir Rp20 juta. Dia membeli saham dengan harga yang kecil-kecil aja. Selama tiga tahun menekuni investasi jangka panjang ini, dia bisa punya aset sampai dengan 1 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp13 miliar.

Bagaimana dia melakukannya? Bukan dengan membeli dan menjual saham perusahaan besar dan terkenal seperti Apple (AAPL, Fortune 500) atau Ford (F, Fortune 500). Sebaliknya, Grittani bertrading saham Penny – perusahaan yang sangat kecil yang biasanya memiliki harga di bawah 1 dolar Amerika Serikat.

Saya sudah bertrading setiap hari selama hampir tiga tahun, dan itu sudah lambat, prosesnya dari hari ke hari,” kata Grittani. Dia menghabiskan sepanjang hari untuk bertrading di depan layar komputernya, untuk membeli dan menjual saham pada waktu yang tepat. Dia kadang-kadang masuk dan keluar dari saham dalam beberapa menit, dan terpanjang yang pernah menahan posisi sahamnya adalah beberapa hari.

Itulah beberapa orang yang sukses berinvestasi. Jika kamu adalah investor pemula dan memutuskan untuk berinvestasi. Cobalah untuk mencari informasi mengenai jenis investasi, apakah investasi reksa dana, saham, tabungan berencana, atau investasi lainnya. Kemudian pilih manajer investasi atau perusahaan saham yang menjanjikan hasil investasi stabil. Jangan pernah percaya dengan perusahaan yang menjanjikan return besar. Untuk mengetahuinya, kamu bisa belajar langsung di website Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.
Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin. (2012). Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Salemba Empa


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait