Catat, Ini 3 Tanda Kesalahan Pengusaha Saat Menjalani Bisnis

tanda kesalahan pengusaha
tanda kesalahan pengusaha
Stressed young businessman overworking

Sebelum fatal, ada lho tanda kesalahan pengusaha saat menjalani bisnis. Redaksi Ajaib akan membagikan tanda kesalahan Pengusaha saat melakukan bisnis agar kamu bisa mengantisipasinya.

Pengusaha terkadang melakukan hal-hal bodoh. Itulah bagian dari alasan seorang wirausahawan adalah wirausahawan. Dia tidak takut melakukan kesalahan, mengambil risiko dan mungkin terlihat seperti orang bodoh.

Tapi kadang-kadang kecenderungan yang sama menjadi bumerang. Ketika mereka menghadapi masalah yang dijelaskan di bawah, ini merupakan sinyal bahwa mereka perlu menghentikan apa yang mereka lakukan, mengevaluasi arah mereka dan mengambil tindakan berdasarkan apa yang mereka lihat.

Tanda Kesalahan Pengusaha

Selalu Meragukan Langkah yang Diambil

Kita semua memiliki saat-saat di mana kita meragukan kewarasan kita dan mempertanyakan keberadaan kita. Kamu mungkin telah melakukannya – saat di mana kamu menggelengkan kepala, tertawa, dan bertanya-tanya tingkat kegilaan apa yang mendorong kamu ke posisi ini.

Namun, jika pikiran ini gigih, tidak dapat dijawab, dan mungkin diwarnai dengan kepahitan, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu bekerja di bisnis yang salah.

Seorang pengusaha harus bekerja dan melakukan kegiatan bisnisnya dengan rasa bangga yang sesuai dengan panggilan hatinya. Tidak apa-apa. Jika peran kamu saat ini sebagai wirausahawan tidak sesuai dengan passion kamu, maka kamu mungkin perlu melakukan sesuatu yang berbeda.

Lebih baik menghargai diri sendiri dan pekerjaan kamu, lebih baik kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu anggap berguna dan sia-sia.

Tidak Pernah Bertemu Kerabat atau Teman

Banyak wirausahawan dicirikan sebagai pekerjaan dan pengabdian satu dan tetap di jalannya. Sayangnya, hal itu dapat mengatasi masalah kehidupan lainnya – yaitu keluarga dan teman.

Jika kamu tidak menghabiskan waktu bersama orang-orang – atau hewan peliharaan – dalam hidup kamu, maka kamu mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pekerjaan kamu.

Obsesi seperti itu bisa menjadi tidak sehat bukan hanya untuk konsekuensi hubungan yang sederhana, tetapi juga untuk yang profesional. Mengambil cuti untuk sementara waktu adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga produktivitas kamu tetap tinggi.

Mungkin bisnis kamu memiliki waktu yang layak. Berdiri dari meja kamu. Keluar. Tutup pintu di belakang kamu. Pergilah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang jarang kamu temui selama ini.

Mudah Marah

Semua orang akan marah sekarang dan nanti. Tidak apa-apa. Ada alasan yang masuk akal untuk marah dan mengeluarkan emosi.

Tetapi ledakan kemarahan yang terus-menerus, tidak rasional, dan tanpa hambatan dapat menandakan beberapa masalah yang lebih dalam. Ledakan kemarahan terkait dengan kondisi depresi kronis. Terlalu banyak kemarahan, terlalu sering marah  menyebabkan masalah fisik dan mental yang berbahaya.

Seringkali, cara terbaik untuk mengembalikan kemarahan kamu adalah dengan istirahat  dari pekerjaan untuk sementara waktu. Delegasikan beberapa tugas untuk mengurangi tekanan. 

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait