Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur yang Harus Kamu Tahu!
entrepreneur adalah orang yang pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dan mengambil peluang kapanpun ada kesempatan.

Mayoritas orang Indonesia masih beranggapan kalau pengusaha dan entrepreneur itu sama. Memang sih, pengusaha dan  entrepreneur terlihat sama. Namun, ada yang membedakannya. Seperti yang dikatakan Dwi Larso, Ph.d, seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. 

Sedangkan seorang entrepreneur adalah orang yang memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis. Jika kamu memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan.

Entrepreneur diartikan sebagai seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru, dan aturan baru. Entrepreneur yaitu seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Sedangkan menurut seorang ahli, Schumpter (1942) mendefinisikan entreprenueur sebagai seorang inovetor yang kreatif, sebagai inovator yang kreatif mereka dilihat sebagai seorang yang menyimpang dari segi sosial, menyimpang karena memilih yang berbeda dari orang kebanyakan, ketika memilih untuk mendirikan bisnisnya sendiri mereka ingin berkarya menghasilkan yang terbaik.

Sementara menurut Lognecker (2000), entrepreneur adalah seorang yang memulai atau mengoperasikan sebuah bisnis, sedangkan menurut Zimmerrer dan Scarborough (2002) entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidak pastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumberdaya yang diperlukan untuk mendirikannya. Perbedaan antara pengusaha dan entrepreneur bisa kamu bedakan melalui beberapa hal ini.

Tujuan

Biasanya, seorang pengusaha menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih stabil dan menjadi sukses. Sementara entrepreneur lebih peduli pada perubahan di sekitarnya. Seorang entrepreneur juga mengejar passion untuk mencapai tujuan akhir yang memberikannya kesenangan dan kepuasan.

Waktu

Pengusaha tidak suka membuang waktu, mereka akan selalu mengecek jam untuk memastikan tidak ada pekerjaan atau kegiatan yang tertunda dan harus diselesaikan di luar jam kantor. Entrepreneur bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat produknya lebih sempurna. Karena menurut seorang entrepreneur, produk adalah sebuah karya besar yang harus ia kembangkan untuk memuaskan pelanggannya.

Risiko

Pengusaha akan selalu melakukan perhitungan dalam menjalankan bisnis, karena mereka akan mengambil risiko yang telah dihitung dan dikelola. Kalaupun bisa, mungkin mereka tidak menginginkan uangnya hilang sedikitpun atau mengalami kebangkrutan. 

Berbeda dengan entrepreneur, mereka dapat mengambil risiko yang tidak masuk akal sekalipun. Demi mengejar passion, mereka tidak peduli terhadap waktu dan uang yang mereka habiskan. Meski begitu, mereka melakukannya dengan senang dan penuh semangat, sehingga banyak dari entrepreneur yang mengambil risiko besar justru mendapatkan hasil yang luar biasa.

Jadi, apakah kamu menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha? Untuk menjadi pengusaha maupun entrepreneur kamu harus pantang menyerah dan berani mengambil resiko. Namun, ketika kamu memiliki ide bisnisnya yang luar biasa dan berani untuk membuat inovasi dengan mencari solusinya, kamu adalah seorang entrepreneur sejati.

Bacaan menarik lainnya:

Lupiyodadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait