Asah Profesionalitas & Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Bisnis Ideal

Asah Profesionalitas & Jiwa Etrepreneurship di Lingkungan Bisnis Ideal
Asah Profesionalitas & Jiwa Etrepreneurship di Lingkungan Bisnis Ideal

Lingkungan bisnis adalah kombinasi dari faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi situasi operasional perusahaan. Lingkungan bisnis dapat mencakup faktor-faktor seperti klien dan supplier, kompetisi-kompetisi dan pemilik perusahaan, penyempurnaan teknologi, aktivitas-aktivitas para pengatur dan peraturan-peraturannya, segmen pasar, sosial, dan tren-tren ekonomi. Pada artikel kali ini, Ajaib ingin memberikan beberapa fakta terkait lingkungan bisnis yang harus kamu ketahui.

Tipe-Tipe Lingkungan Bisnis

1.  Lingkungan bisnis internal

Lingkungan bisnis internal meliputi aset fisik, manusia, finansial dan sumber daya pemasaran, dukungan teknologi, manajemen, dan sebagainya. Di saat sumber daya finansial menggambarkan kemampuan perusahaan, sumber daya fisik menggambarkan aset fisik, sumber daya teknologi menggambarkan tingkat intelektualitas, maka sumber daya manusia menggambarkan kemampuan manajerial perusahaan.

Lingkungan bisnis office-like modern tidak mampu meningkatkan produktivitas, sehingga perusahaan pun merugi. Karenanya, kini berbagai organisasi telah mengadopsi cara bekerja yang lebih fleksibel seperti penampilan informal, penyediaan fasilitas kebugaran di kantor, bahkan hingga ke fasilitas bekerja dari rumah. Lingkungan internal kini menjadi lebih ramah karyawan daripada ramah kerja, karena organisasi/perusahaan telah menyadari bahwa potensi utama ada pada manusianya.

2.  Lingkungan bisnis eksternal

Lingkungan eksternal adalah kumpulan dari berbagai organisasi dan kekuatan-kekuatan lain yang beroperasi di luar kontrol perusahaan. Lebih jauhnya ini terbagi ke dalam Lingkungan External Mikro (mencakup pasokan input, pelanggan, perantara pemasaran, kompetisi, dan publik) dan Lingkungan External Makro (mencakup lingkungan ekonomi, sosial dan budaya, politik dan hukum, lingkungan ilmu pengetahuan & teknologi, lingkugan demografi dan lingkungan alam). 

Pengaruh Lingkungan Bisnis yang Ideal Pada Keandalan Profesionalitas

Pengaruh lingkungan bisnis ideal meningkatkan kualitas kerja tim, produktivitas, efisiensi, daya ingat dan standar moral pekerja. Riset yang dilakukan oleh Deloitte menunjukkan bahwa 94% eksekutif dan 88% karyawan percaya bahwa budaya perusahaan yang terkonsep jelas akan berperan penting bagi kesuksesan perusahaan. 76% karyawan juga percaya bahwa strategi bisnis yang jelas membantu menciptakan budaya perusahaan yang positif.

Memanfaatkan Lingkungan Bisnis Ideal untuk Semangat Entrepreneurship

Pada dasarnya manusia adalah mahluk peniru yang baik. Sepanjang hidupnya ia akan selalu meniru hal-hal yang dianggapnya aspirasional dan mempelajari faktor-faktor penentunya. Belajar bukan cuma tugasnya anak magang. Jadilah pelajar yang baik selama kita bekerja sebagai profesional andal di sebuah perusahaan. Banyak sekali aspek lapangan dalam kinerja bisnis yang tidak tercantum di buku teori maupun diajarkan dalam kelas mata kuliah. Banyak sekali kombinasi-kombinasi tantangan situasional dalam kinerja bisnis yang ditemukan di lapangan, yang belum sempat ditemukan solusinya oleh para pakar bisnis terkenal.

Kalau pun pernah tertulis dalam beberapa best-seller, atau terucap oleh motivator-motivator legendaris dunia bisnis, tantangan dan solusi bisnis itu kemungkinan sudah tidak relevan lagi dengan situasi sekarang, karena evolusi dunia bisnis saat ini tampaknya sudah sedemikian cepat hingga hitungan per nano-detik!

Oleh karena itu, selagi bekerja sebagai profesional andal di perusahaan yang berlingkungan bisnis ideal, jangan cuek, bukalah mata sebesar-besarnya, pasang kuping selebar-lebarnya, “endus”lah setajam-tajamnya tiap potensi problem maupun peluang bisnis. Lalu, simak proses manajemennya dengan sefokus-fokusnya, dan, ini yang paling penting rekam semua sebaik-baiknya dalam ingatan dan perasaan, karena semua itu nantinya akan jadi kamus kiat kinerja handal profesional, yang akan membantu memberi masukan bagi tujuan, ide-ide, strategi, keputusan-keputusan dan kebijakan-kebijakan berbisnis di perusahaan milik kita sendiri, ketika kita sudah siap menjadi entrepreneur sejati!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait