8 Trik Mengendalikan Pengeluaran dan Menabung Lebih Banyak

Anda pasti sering sekali mendengar dan tentunya memahami manfaat dari menabung dan mengelola uang yang baik. Anda mungkin sering merencanakan untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulan, berpikir itu adalah hal sederhana untuk dilakukan. Nyatanya, banyak dari Anda yang merasa sulit untuk menabung karena jumlah pengeluaran yang tidak bisa Anda kendalikan membuat Anda berjuang setiap akhir bulan.
 
 
 
Berikut adalah 8 langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda.
 
# Buka rekening tabungan baru
Sering kali, Anda menggunakan rekening gaji Anda untuk semua pengeluaran Anda dan mungkin sulit bagi Anda untuk menabung. Membuka rekening tabungan baru bisa menjadi solusi untuk Anda. Pindahkan sebagian gaji Anda ke rekening ini di awal bulan dan kunci kartu debit rekening tersebut. Rekening ini dapat membantu Anda membangun dana darurat jika Anda tidak memilikinya, dan saat saldo dalam rekening ini bertambah, Anda dapat menggunakan uang itu untuk berinvestasi dan menumbuhkan kekayaan Anda.
 
# Simpan atau investasikan surplus
Jika Anda menerima kenaikan gaji, mungkin Anda tergoda untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Sebelum Anda menghamburkan uang Anda, periksa apakah Anda memiliki cukup uang di bank untuk membantu Anda dalam situasi darurat. Jika tidak, simpan bonus kenaikan itu. Juga, pertimbangkan untuk berinvestasi surplus ke dalam instrumen keuangan seperti reksa dana yang akan membantu Anda mengurus kebutuhan Anda di masa depan ketika Anda tidak memiliki gaji yang masuk.
 
# Miliki teman hemat
Anda mungkin memiliki teman-teman yang Anda senangi untuk berbelanja bersama, Anda juga mungkin memiliki teman-teman yang Anda sukai untuk melakukan pesta makanan, sekarang saatnya untuk mendapatkan teman yang bisa Anda ajak diskusi untuk tujuan menabung. Baik orang itu anggota keluarga, teman atau kolega, mereka bisa memantau kebiasaan belanja Anda dan sebaliknya. Ini akan membuat Anda dan teman Anda bertanggung jawab pada tujuan simpanan satu sama lain.
 
# Pilih investasi jangka panjang
Menyimpan uang Anda dengan instrumen keuangan jangka panjang seperti reksa dana saham akan membantu Anda menanamkan kebiasaan pencipta kekayaan yang disiplin di mana Anda mendapat manfaat dari compounding. Selanjutnya, tentukan di mana Anda akan menginvestasikan kembali hasil pengembalian dari investasi Anda.
 
# Trik Cicilan
Setelah Anda melunasi cicilan untuk mobil, rumah dan lainnya, sisihkan jumlah yang sama dengan uang cicilan Anda untuk akun tabungan Anda. Jangan gunakan uang berlebih Anda untuk berbelanja. Hal ini akan membantu Anda tetap hemat sambil meningkatkan tabungan Anda.
 
# Penalti jangka pendek adalah imbal hasil jangka panjang
Memanjakan diri dalam kemewahan kadang-kadang bisa bermanfaat dan jujur ​​saja, Anda layak mendapatkannya. Sebagai penalti kecil, masukkan jumlah yang setara ke dalam tabungan atau investasi Anda bisa menjadi cara untuk meningkatkan tabungan Anda.
 
# Memanfaatkan penghematan pajak Anda semaksimal mungkin
Mungkin bagi Anda harus membayar pajak merupakan beban yang cukup memberatkan. Hampir semua hal terkena pajak, mulai dari gaji, kendaraan, properti, restoran makan, serta pendapatan lainnya. Gunakan strategi yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan pajak untuk menghemat beban pajak akhir tahun Anda.
 
# Mulai lebih awal
Meskipun mungkin pensiun tampak sangat jauh, perencanaan untuk pensiun harus menjadi prioritas saat ini. Mulailah menghitung dan menetapkan tujuan yang jelas tentang berapa banyak yang akan Anda butuhkan di masa pensiun dan lakukan investasi dalam reksa dana yang sesuai untuk mengamankan masa depan Anda. Semakin awal Anda memulai, semakin kecil jumlah yang harus Anda investasikan setiap bulan, dan semakin lama waktu untuk melipatgandakan uang Anda.
 
Tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai berinvestasi, daripada hari ini. Anda dapat memulai tabungan pensiun Anda dengan jumlah kecil dan Anda dapat secara bertahap meningkatkannya ke jumlah yang Anda inginkan. Dan ingat, semakin lama Anda tetap berinvestasi, semakin tinggi pengembalian Anda.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Artikel Terkait