8 Trik Mengendalikan Pengeluaran dan Menabung Lebih Banyak

Uang koin yang ditabung akan memberikan keuntungan

Sejak kecil kita diberi tahu untuk menumbuhkan kebiasaan menabung. Tak ada yang tidak mengerti bahwa menabung penting untuk memastikan kondisi finansialmu aman. Lebih banyak tabunganmu akan lebih baik, demikian bunyi semua saran keuangan. Sayangnya masih banyak yang sulit menabung lebih banyak di tengah banyaknya pengeluan untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada banyak teori soal menabung yang bisa kamu dapatkan dari berbagi sumber. Salah satunya mulai dari menyisihkan uang tunai sekian rupiah per hari, menghindari pemakaian kartu kredit atau menabung uang gaji segera begitu diterima. Namun semua itu percuma kalau kamu tak bisa mengendalikan dirimu untuk membeli barang setiap kali diskon tiba atau harbolnas yang selalu ada setiap bulan.

Kamu hanya akan terjebak kesalahan yang sama untuk menghabiskan uang pada hal yang tidak bermanfaat. Apalagi kalau kamu memang punya kebiasaan berbelanja secara impulsif yang sulit dikontrol. Hasilnya adalah uang yang terbuang sia-sia dan berbagai barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Karen itu, kamu harus segera mencari cara untuk menghilangkan kebiasaan boros yang dimiliki. Untuk mengetahui cara terbaik mengendalikan pengeluaranmu mungkin butuh waktu yang tidak instan. Namun kamu harus terus melakukannya agar bisa menabung lebih banyak demi masa depan yang lebih baik.

Panduan Agar Kamu Bisa Berhemat dan Menabung Lebih Banyak

Menabung, kamu pasti sering sekali mendengar dan tentunya memahami manfaat dari hal ini. Kamu juga mungkin sering merencanakan untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulan dan berpikir bahwa itu adalah hal sederhana untuk dilakukan. Nyatanya, banyak yang merasa kesulitan untuk menabung karena jumlah pengeluaran yang tidak bisa kamu kendalikan membuat akhir bulan terasa sangat menyiksa. 

Berikut adalah 8 langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan keuanganmu.

1.  Buka Rekening Tabungan Baru

Sering kali, kamu menggunakan rekening gajimu untuk semua pengeluaran dan mungkin hal ini yang membuatmu kesulitan menabung. Membuka rekening tabungan baru bisa menjadi solusi untuk kamu. Pindahkan sebagian gajimu ke rekening ini di awal bulan dan kunci kartu debit rekening tersebut.

Sekarang juga tersedia banyak pilihan tabungan yang tidak menyediakan kartu debit. Mungkin ini bisa menjadi cara menahan pengeluaranmu karena uangmu tidak gampang diakses. Rekening ini dapat membantumu memiliki dana dan saat saldo dalam rekening ini bertambah, kamu dapat menggunakan uang itu untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang semakin banyak.

2.  Simpan atau Investasikan Surplus

Jika kamu mendapat kenaikan gaji, mungkin sering kali kamu tergoda untuk memberi hadiah pada diri sendiri. Sebelum kamu menghamburkan uang bonus tersebut, periksa apakah kamu memiliki cukup uang di bank untuk membantumu dalam situasi darurat.

Jika tidak, simpan bonus kenaikan itu dan jadikan dana agar bisa menabung lebih banyak dari biasanya. Juga, pertimbangkan untuk berinvestasi ke dalam instrumen keuangan seperti reksa dana yang akan membantumu mengurus kebutuhan di masa depan, terlebih ketika kamu sedang tidak memiliki pemasukan tetap. 

3.  Pertemanan Hemat

Kamu mungkin sangat nyaman ketika memiliki teman berbelanja atau teman sekadar makan-makan di mall ketika tanggal muda. Teman-temanmu mungkin selalu ada untuk bersenang-senang di tempat karaoke atau staycation bersama setiap akhir pekan. Namun, seimbangkan kehidupan sosialmu dengan memiliki teman yang bisa menjadi partner menabung bersama.

Teman yang bisa diajak diskusi perihal strategi perencanaan keuangan terbaik untuk masa depan. Baik itu anggota keluarga, sahabat lama atau kolega kantor, sebaiknya mulai kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bisa membantumu menata kondisi keuangan dengan lebih baik.

Akan menjadi suatu kelebihan apabila orang terdekatmu itu bisa mengingatkan setiap kali kamu melakukan pengeluaran yang tidak perlu. Bisa pula kemudian kebiasaan manajemen keuangan yang lebih dari temanmu itu kemudian menular dalam jangka panjang.

4.  Pilih Investasi Jangka Panjang

Menyimpan uang kamu dengan instrumen keuangan jangka panjang seperti reksa dana saham akan membantumu menanamkan kebiasaan pencipta kekayaan yang disiplin. Dengan berinvestasi jangka panjang, kamu akan mendapat manfaat dari compounding.

Compounding adalah kondisi ketika keuntungan dari investasimu dapat diinvestasikan kembali dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Selanjutnya, tentukan di mana kamu akan menginvestasikan kembali keuntungan dari investasimu. Semakin cepat kamu berinvestasi maka akan semakin besar manfaat compounding yang kamu dapatkan.

5.  Trik Cicilan

Mungkin sekarang gajimu secara rutin terpotong dengan kredit KPR, mobil atau pinjaman lainnya. Akan ada masanya pinjaman tersebut berakhir dan kamu punya uang tunai lebih banyak daripada biasanya. Namun jangan gampang terlena dengan ini.

Setelah kamu melunasi cicilan untuk mobil, rumah dan lainnya, sisihkan jumlah yang sama dengan uang cicilanmu untuk ditabung. Jangan gunakan uang berlebih untuk berbelanja. Hal ini akan membantu kamu tetap hemat sambil meningkatkan tabungan.

6.  Penalti Jangka Pendek adalah Imbal Hasil Jangka Panjang

Memanjakan diri dalam kemewahan kadang-kadang bisa bermanfaat dan jujur ​​saja, kamu layak mendapatkannya. Sebagai penalti kecil, masukkan jumlah yang setara ke dalam tabungan atau investasi kamu supaya bisa menjadi cara untuk meningkatkan tabungan.

7.  Memanfaatkan Penghematan Pajak Semaksimal Mungkin

Mungkin bagi kamu, harus membayar pajak merupakan beban yang cukup memberatkan. Hampir semua hal terkena pajak, mulai dari gaji, kendaraan, properti, restoran makan, serta pendapatan lainnya. Gunakan strategi yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan pajak untuk menghemat beban pajak akhir tahun kamu. Kamu bisa mencari berbagai tips menghemat beban pajak tersebut dan mendapatkan dana untuk menabung lebih banyak.

8.  Mulai Lebih Awal

Meskipun mungkin pensiun tampak sangat jauh, perencanaan untuk pensiun harus menjadi prioritas saat ini. Mulailah menghitung dan menetapkan tujuan yang jelas tentang berapa banyak yang akan kamu butuhkan di masa pensiun dan lakukan investasi dalam reksa dana yang sesuai untuk mengamankan masa depanmu. Semakin awal kamu memulai, semakin kecil jumlah yang harus kamu investasikan setiap bulan, dan semakin lama waktu untuk melipatgandakan uangmu.

 

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai berinvestasi, daripada hari ini. Kamu dapat memulai tabungan pensiun dengan jumlah kecil dan dapat secara bertahap meningkatkannya ke jumlah yang kamu inginkan. Ingat, semakin lama kamu berinvestasi, semakin tinggi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait