Jenis-Jenis Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jenis Jenis Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari
Jenis Jenis Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ada beragam jenis-jenis komunikasi di kehidupan kita, dan itu semua memiliki tujuan dan keperluan yang berbeda. Dengan karakteristiknya masing-masing, jenis komunikasi yang satu belum tentu sesuai dalam situasi tertentu. Untuk memahami jenis dan bentuk komunikasi lebih jauh, kita perlu tahu dulu pengertian komunikasi.

Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi, pikiran, gagasan, atau perasaan dari seseorang kepada orang lain. Inti utama komunikasi salah satunya adalah pemindahan pesan dan harus memiliki unsur pemberi pesan (komunikator), pesan, dan penerima pesan (komunikan). Jenis-jenis komunikasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang berikut ini:

Cara penyampaian

a. Komunikasi lisan, termasuk komunikasi verbal yang disampaikan dengan kata-kata yang diucapkan. Contohnya, pidato, presentasi, diskusi, dan dialog tatap muka.

b. Komunikasi tertulis, yang dilakukan melalui tulisan atau komunikasi non verbal, seperti dalam surat-menyurat melalui pos, telegram, faksimile, email, dan sebagainya.

Kelangsungan

a. Komunikasi langsung, yaitu proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Contohnya, berbicara dengan orang lain tanpa media perantara.

b. Komunikasi tidak langsung, yang dilakukan dengan bantuan alat komunikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi.

Perilaku

a. Komunikasi formal, biasanya terjadi dalam suatu organisasi atau lembaga formal, bersifat resmi melalui garis perintah atau bersifat instruktif. Komunikasi dilakukan berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi dengan status masing-masing yang bertugas menyampaikan pesan.

b. Komunikasi informal, adalah komunikasi antar orang yang terjadi dalam organisasi, tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Misalnya, obrolan antarteman, desas-desus, dan lain-lain.

c. Komunikasi nonformal, yakni sifat komunikasi antara formal dan informal, yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas dalam organisasi.

Maksud

Komunikasi ini dilakukan dengan maksud tertentu dari penyampai informasi, misalnya pidato, ceramah, wawancara, atau pemberian tugas.

Ruang lingkup

a. Komunikasi internal, yaitu komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kantor atau organisasi. Misalnya antar karyawan, karyawan dengan atasan, atau sesama atasan.

b. Komunikasi eksternal, yakni kegiatan komunikasi yang diarahkan pada publik di luar organisasi pemerintah, misalnya masyarakat umum, partai politik, dan asosiasi.

Aliran informasi

a. Komunikasi satu arah, terjadi jika seseorang mengirimkan pesan tanpa ditanggapi oleh penerima pesan.

b. Komunikasi dua arah, di mana pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

c. Komunikasi ke atas, yang terjadi dari bawahan kepada atasan.

d. Komunikasi ke bawah, yang terjadi dari atasan kepada bawahan.

e. Komunikasi ke samping, yang terjadi di antara orang-orang dengan kedudukan sejajar.

Jumlah pelaku

a. Komunikasi perseorangan, yang terjadi secara individual antarpribadi tentang permalasahan pribadi.

b. Komunikasi kelompok, yang berlangsung dalam suatu kelompok tentang masalah yang menyangkut kepentingan kelompok.

Itulah tadi jenis jenis komunikasi secara umum menurut berbagai penggolongan. Dengan memahami jenis-jenisnya, diharapkan kamu bisa melakukan komunikasi dengan baik dan pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Pentingnya Komunikasi di Dunia Kerja

Setelah kamu memahami jenis-jenis komunikasi dan pentingnya bagi kehidupan, ternyata komunikasi juga bisa bermanfaat bagi kehidupan di dunia kerja. Di bawah ini adalah manfaat komunikasi di dunia kerja.

#1 Meningkatkan team building

Komunikasi secara tidak langsung juga bisa membantu kamu membangun tim secara efektif dan didasari oleh bagaimana anggota tim berkomunikasi dan bekerja sama. Dengan startegi yang efektif untuk meningkatkan komunikasi, kamu bisa membantu tim menjadi lebih efektif, hingga akan berdampak pada kepuasan karyawan dan perusahaan.

#2 Meningkatkan produktivitas

Dengan komunikasi yang efektif, kamu juga bisa melakukan koordinasi dengan lebih baik, sehingga karyawan akan semakin produktif dalam bekerja. Hal ini tentu akan membantu kamu dan perusahaan lebih produktif.

#3 Menghargai perbedaan dan toleransi

Dengan banyaknya bahasa dan budaya, komunikasi dibutuhkan dalam dunia kerja agar karyawan semakin memahami satu sama lain. Komunikasi yang efektif bisa membuat karyawan lebih menghargai perbedaan yang ada, sehingga suasana kerja bisa menjadi lebih nyaman.

#4 Mempermudah penerapan aturan

Komunikasi dalam dunia kerja berperan sebagai penerapan peraturan dalam perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki aturan masing- masing yang berfungsi mencapai tujuan bersama. Ini bisa mempermudah kamu dalam bekerja dan bisa digunakan oleh atasan untuk menyampaikan peraturan kepada karyawannya.

#5 Memahami karakter

Komunikasi dalam dunia kerja juga digunakan untuk memahami karakter seseorang. Hal ini bisa membantu kamu lebih mudah berkomunikasi secara efektif dan menghindari kesalahpahaman di tempat kerja.

#6 Menyelesaikan suatu konflik 

Jika kamu mengalami konflik, maka hal yang biasa dilakukan adalah mengadakan rapat untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, komunikasi juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.

#7 Mempermudah mengambil keputusan

Keputusan dalam perusahaan diputuskan oleh seorang pemimpin. Keputusan diambil setelah dikomunikasikan terlebih dahulu melalui rapat yang dihadiri oleh manajemen perusahaan dan karyawannya. Komunikasi dalam dunia kerja yang efektif dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan berupa tanggapan dari peserta rapat atas keputusan yang akan diambil.

#8 Meningkatkan motivasi

Motivasi adalah hal yang penting dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Motivasi ini berkaitan dengan komunikasi, yang juga menjadi unsur penting untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja.

Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Dan komunikasi yang buruk juga dapat berdampak pada motivasi kerja seseorang, serta menimbulkan konflik dalam perusahaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait