Bisnis & Kerja Sampingan

Tips Menjalani Komunikasi Bisnis dengan Efektif

Tips Menjalani Komunikasi Bisnis dengan Efektif

Komunikasi bisnis yang efektif adalah proses komunikasi dua arah yaitu mendengar dan didengar. Ini sangat penting untuk segala fase kehiduapn bisnis harian di dalam perusahaan atau bisnis yang kamu miliki. Tanyakan 100 orang karyawan apakah mereka bagus dalam berkomunikasi, dan semuanya akan menjawab iya. Padahal realitanya, semua dari kita butuh untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, termasuk komunikasi bisnis.

Rasa hormat adalah salah satu komponen penting dari komunikasi bisnis. Selalu coba pahami apa yang diinginkan oleh orang lain. Berikut beberapa cara untuk mencapainya.

Eliminasi asumsi

Cara mencapai komunikasi bisnis yang pertama adalah dengan mengeliminasi asumsi. Banyak hubungan bisnis memiliki peraturan tak tertulis berbasis asumsi. Ini mungkin akan bekerja sementara waktu, tapi tentunya akan lebih baik jika semua pihak membuka jalur komunikasi dan mengutarakan kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Asumsi hanya menghadirkan kesalahpahaman yang akan berkembang menjadi sistuasi yang bermasalah. Selain itu, bicarakan juga tentang masa kini dan masa depan, tapi jangan pernah berasumsi bahwa apa yang pernah terjadi akan terjadi lagi. Komuniasi bisnis yang efektif akan membuat perubahan yang positif, walaupun sesuatu sebelumnya telah terlalu buruk. Kamu perlu melihat ke depan dan percaya bahwa perubahan bisa terjadi dan jangan pernah berasumsi bahwa sejarah akan terulang kembali.

Cari tempat dan waktu yang tepat untuk berdiskusi

Komunikasi bisnis tidak akan berhasil jika satu pihak merasa terganggu. Cari tempat yang nyaman dan sepi, dan apabila komunikasi tetap sulit, pastikan bahwa ada ruang privasi di sana. Buatlah struktur reguler seperti pertemuan mingguan atau bulanan untuk mendukung komunikasi bisnis, serta sisihkan waktu untuk berdiskusi terutama ketika ada masalah yang perlu dipecahkan.

Mendengar Sebelum didengar

Komunikasi bisnis tidak akan pernah bisa dimulai dengan memberikan solusi. Jika ada masalah, jelaskan secara sederhana dan bagaimana masalah tersebut berdampak kepada bisnis. Serta tanyakan kepada karyawan secara terbuka, apa yang harus kita lakukan untuk menyelasikan ini. Diam dan dengarkan.

Kesalahan komunikasi bisnis paling banyak adalah kegagalan dalam mendengarkan. Lebih terbuka tentang apa yang akan disampaikan oleh pihak lain, serap informasi tersebut dan kembangkan sebuah solusi yang mengombinasikan apa yang kamu inginkan dan apa yang mereka inginkan. Jangan pikirkan tentang jawaban ketika karyawan kamu berbicara, dan jangan menyelak pembicaran sampai kamu tahu bahwa lawan bicara kamu telah selesai berbicara. Mendengarkan mengirimkan pesan terbaik: bahwa kita mencari jalan tengah dari masalah yang ada.

Tiga tips komunikasi bisnis di atas memang terkesan sederhana, namun masih banyak juga bisnis yang gagal melakukannya. Padahal, seperti yang telah disinggung di awal artikel, komunikasi bisnis yang baik akan melengkapi produk yang unik dan pemasaran yang efektif.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait