Komunikasi Bisnis Adalah Pertukaran Informasi Bisnis, Hanya Itu?

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua orang, kelompok kecil, atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk memengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi. Demikianlah menurut Djoko Purwanto dalam buku Komunikasi Bisnis.

Selain memengaruhi perilaku dalam suatu organisasi, komunikasi bisnis tentunya diarahkan untuk mencapai tujuan bisnis atau komersial. Di dalamnya, ada berbagai macam unsur, bentuk, dan fungsi.

Unsur dan tujuan

Setiap komunikasi bisnis memiliki unsur-unsur di dalamnya, yaitu:

  • Tujuan. Komunikasi memiliki tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran. Komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih.
  • Berisi informasi, gagasan, opini, atau instruksi. Isi dalam komunikasi dapat beragam sesuai situasi dan kondisi.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal. Komunikasi dapat dilakukan dengan tatap muka atau menggunakan media.
  • Memakai simbol atau sinyal. Ini adalah metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga pesan dapat dipahami.
  • Pencapaian target atau tujuan. Target atau tujuan telah ditetapkan sebelumnya dalam organisasi.

Komunikasi bisnis sendiri bertujuan untuk memberikan informasi (informing), melakukan persuasi (persuading), dan melakukan kolaborasi (collaborating). Seperti halnya komunikasi pada umumnya, komunikasi ini pun berbentuk verbal (lisan) dan nonverbal.

Efektivitas dan kendala

Komunikasi bisnis yang berhasil adalah komunikasi yang efektif. Efektivitas komunikasi bisnis dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini:

1.      Persepsi

Pemberi pesan harus dapat memprediksi lewat berbagai persepsi, apakah pesan dapat tersampaikan dengan baik.

2.      Keberhasilan teknologi informasi

Komunikasi akan sukses jika didukung dengan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diandalkan, termasuk untuk data internal perusahaan, rekrutmen, promosi produk, dan publikasi perusahaan.

3.      Ketepatan

Komunikasi harus disampaikan dengan tepat mengingat penerima pesan memiliki kerangka berpikir yang berbeda-beda.

4.      Kredibilitas

Pemberi pesan harus menunjukkan bahwa pihaknya dapat dipercaya sehingga dapat memperoleh kepercayaan dari pihak lain.

5.      Pengendalian

Penerima pesan sangat mungkin memberikan tanggapan. Di sinilah pemberi pesan harus dapat mengendalikan tanggapan yang datang.

6.      Kecocokan

Kepercayaan dan hubungan baik antarpihak wajib dijaga. Di sinilah komunikasi akan berjalan dengan efektif.

Komunikasi bisnis pun dapat mengalami kendala, misalnya struktur komunikasi yang buruk. Struktur komunikasi yang baik, misal dalam pidato atau surat akan terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup. Kendala selanjutnya adalah penyampaian yang lemah sehingga tampak tidak meyakinkan dan tidak kredibel.

Penggunaan media yang salah juga bisa jadi kendala, sama halnya seperti salah audiens. Penggunaan media komunikasi sudah seharusnya disesuaikan dengan audiens. Perhatikan juga, jangan sampai ada lingkungan yang mengganggu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait