Contoh Alamat Email Bisnis dan Manfaatnya

Contoh Alamat Email Bisnis

Email bisnis berbeda dengan email personal yang sering digunakan oleh banyak orang saat ini. Contoh alamat email personal biasanya menggunakan nama@gmail.com atau nama@yahoo.com. Sedangkan email bisnis biasanya menggunakan nama@namaperusahaan.com. 

Kurang tepat rasanya jika kamu berbalas pesan bisnis menggunakan alamat email personal. Mengapa? Tentu saja akan terlihat tidak profesional di mata konsumen.

Jika kamu masih menggunakan email personal untuk berbalas pesan bisnis seperti contoh alamat email di atas, maka artikel ini cocok untuk kamu. Melalui artikel ini kamu akan memahami manfaat dari email bisnis untuk kemajuan bisnismu.

Manfaat Menggunakan Email Bisnis

Menggunakan email bisnis untuk berbalas pesan dalam urusan bisnis memiliki beberapa manfaat. Antara lain:

1.     Citra Lebih Baik

Email bisnis dapat memberikan citra lebih baik untuk bisnis yang sedang kamu bangun. Kamu juga dapat membuat beberapa email sekaligus sesuai dengan kepentingan bisnismu. Contoh alamat email bisnis yang sering digunakan oleh perusahaan seperti, marketing@namaperusahaan.com, info@namaperusahaan.com dan masih banyak lagi.

2.     Alat Branding Gratis

Ketika kamu berkirim pesan email, sebaiknya tetap membawa nama perusahaan kamu sendiri dan bukan Gmail ataupun Yahoo. Hal ini berguna untuk meningkatkan branding perusahaan kamu. Setidaknya mereka mengingat nama perusahaan yang sedang kamu bangun.

3.     Jaminan Kredibilitas

Ada banyak bisnis yang mulai bermunculan saat ini. Oleh karena itu, sebagian besar pelanggan merasa tidak nyaman mengirimkan informasi melalui email pribadi. Email bisnis akan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman dengan menyatakan bahwa bisnismu memiliki kredibilitas.

Nah, itulah tiga manfaat yang bisa kamu peroleh ketika menggunakan alamat email bisnis. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Membuat Alamat Email Bisnis

Membuat email bisnis cukup mudah dan murah. Setidaknya ada dua platform yang bisa kamu gunakan.

1.     G Suite

G Suite adalah layanan email profesional dari Google yang memungkinkan untuk kamu membuat email dengan domain sendiri. Namun kamu tetap menggunakan platform Gmail untuk mengoperasikannya.

Meskipun berbayar, kamu bisa menggunakannya percobaan terlebih dahulu secara gratis di G Suite. Masa uji coba hanya 14 hari saja. Setelah itu kamu perlu melakukan pembayaran untuk berlangganan tiap bulan sebesar USD3 per pengguna.

2.     Zoho

Zoho merupakan layanan email profesional yang menyediakan free plan bagi kamu yang ingin membuat email bisnis. Layanan email gratis ini hanya dapat digunakan oleh lima username dalam satu domain, dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB saja.

Untuk menambah kapasitas kamu dapat memilih dua jenis layanan email yang disediakan oleh Zoho. Biaya berlangganan tiap bulan mulai USD3 untuk standar dan USD6 untuk profesional. Meskipun berbayar Zoho adalah salah satu platform layanan email profesional yang paling banyak diminati.

Menggunakan email personal atau bisnis adalah sebuah pilihan. Bagi kamu yang memiliki bisnis harus bisa mempertimbangkan dan mengukur kemampuan bisnismu untuk menggunakan email bisnis. Jika kamu baru saja memulai bisnis tidak ada salahnya menggunakan email personal untuk menghemat biaya.

Namun saat bisnismu sudah banyak pelanggan, memiliki email bisnis adalah suatu keharusan. Sebagai contoh alamat email yang bisa kamu gunakan, seperti info@namaperusahaan.com ataupun marketing@namaperusahaan.com. Hal ini tentu saja akan memberikan rasa nyaman kepada pelanggan saat berbalas pesan melalui email.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait