Kalimat Efektif dan Pentingnya untuk Promosi Bisnis

kalimat-efektif
kalimat-efektif

Iklan apa pun membutuhkan kalimat-kalimat terbaik untuk menarik pelanggan. Bahkan meski hanya iklan baris di koran sekalipun. Semua kalimat untuk iklan atau promosi pada dasarnya memiliki salah satu karakter wajib, yakni berupa kalimat efektif.

Lalu, apa arti kalimat efektif? Apa ciri-ciri kalimat efektif yang digunakan untuk tujuan iklan atau promosi. Simak terus, ya.

Apa Arti Kalimat Efektif?

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun menurut kaidah yang berlaku, meliputi unsur kalimat, ejaan, serta pemilihan diksi. Kalimat efektif mampu menyampaikan pesan dengan baik sekaligus enak dibaca.

Untuk dapat dibilang efektif, suatu kalimat harus memenuhi syarat-syarat berikut:

Sesuai Ejaan

Kalimat tersebut harus mematuhi kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penulisan tata bahasa hingga penggunaan tanda baca harus tepat.

Sistematis

Kalimat harus memiliki susunan jelas, yakni memiliki subjek dan predikat. Untuk kalimat panjang, susunan objek dan keterangan pelengkap juga harus jelas.

Tidak Bertele-tele

Sebisa mungkin kalimat tidak menghambur-hamburkan banyak kata yang tidak perlu. Kalimat terbaik adalah kalimat ringkas tetapi mampu menyampaikan gagasan dengan baik.

Tidak Ambigu

Kalimat yang dibuat tidak akan menimbulkan multitafsir atau sampai salah tafsir. Bila sesuai dengan kaidah kebahasaan, pembaca tidak akan kesulitan memahami suatu kalimat.

Ciri-ciri Kalimat Efektif

Sampai di sini, mungkin kamu ingin tahu seperti apa sih kalimat efektif itu? Dengan mengetahui ciri-cirinya, kamu akan mudah menemukannya ketika membaca artikel atau surat kabar. Ciri-ciri ini juga akan kamu temukan dalam materi promosi bisnis yang baik. Apa saja contoh kalimat efektif dan tidak efektif? Lihat paparan berikut ini.

Struktur Sepadan

Selain kelengkapan unsur subjek dan predikat, jangan menaruh kata depan di awal kalimat. Hati-hati juga dalam menggunakan subjek, jangan berganda. Contoh:

Tidak Efektif:

Agung malas belajar sehingga Agung kesulitan mengerjakan soal ujian.

Efektif:

Agung malas belajar sehingga kesulitan mengerjakan soal ujian.

Hemat Kata

Hati-hati menggunakan kata jamak dan kata bersinonim yang rentan bertele-tele. Bila bermakna sama, gunakan salah satunya saja. Contoh:

Tidak Efektif:

Para petinggi-petinggi negara harus terbebas dari korupsi.

Efektif:

Para petinggi negara harus terbebas dari korupsi.

Bentuk Sejajar

Penggunaan imbuhan dalam satu kalimat harus paralel dan konsisten. Contoh:

Tidak Efektif:

Kunci pencegahan demam berdarah adalah menutup, menguras, dan penguburan objek-objek pendukung siklus hidup nyamuk.

Efektif:

Kunci pencegahan demam berdarah adalah menutup, menguras, dan mengubur objek-objek pendukung siklus hidup nyamuk.

Makna Tegas

Kadang posisi subjek dan predikat bisa saling bertukar. Namun jangan lupa tetap menjaga ketegasan makna, misal dengan menambah partikel –lah atau –pun. Contoh:

Tidak Efektif:

Kamu cucilah mobilmu agar mengilap!

Efektif:

Cucilah mobilmu agar mengilap!

Logis

Kalimat harus mudah dimengerti oleh pembaca dan masuk akal. Jangan sampai suatu kalimat terkesan ambigu. Contoh:

Tidak Efektif:

Kepada Bapak Bupati, waktu dan tempat kami persilakan.

Efektif:

Bapak Bupati dipersilakan menyampaikan sambutan.

Kurang lebih, demikianlah pengertian, syarat, dan ciri-ciri kalimat efektif. Jangan sampai bisnismu dianggap tidak kredibel gara-gara materi promosi yang berantakan, baik itu kamu mempromosikan produknya secara offline ataupun melalui media sosial. Semoga penjelasan di atas membantumu untuk menciptakan kalimat-kalimat promosi yang memikat, ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait