3 Bekal Penting Sebelum Beli Saham SMCB

beli-saham-smcb
beli saham smcb

Ingin berinvestasi pada instrumen saham? Amankah untuk beli saham SMCB? Temukan jawabannya di bawah ini.

Saham SMCB memiliki sejarah panjang di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada 10 Agustus 1977, PT Semen Cibinong (dulu bernama PT Holcim Indonesia Tbk, lalu berubah menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.) terdaftar sebagai salah satu emiten di BEI. Pada saat itu pula ditandai pengaktifan kembali BEI, setelah vakum 1956-1977.

Dalam perjalanan di bursa, saham SMCB mengalami pergerakan naik turun. Penyebabnya antara lain kelebihan pasokan, pendapatan yang menurun, dan pembangunan properti masih lesu. Berencana investasi pada saham SMCB? Tunggu dulu.

Sebelum berinvestasi di pasar saham, kamu harus punya bekal. Supaya kamu tidak gambling dalam menanamkan modal dan menghindari kehilangan cuan! Setidaknya ada tiga bekal sebelum berinvestasi di lantai bursa atau dalam hal ini beli saham SMCB.

Lihat Kondisi Keuangan

Bagaimana kondisi keuanganmu? Kamu punya penghasilan tetap? Adakah cicilan yang harus dibayar? Durasi cicilan berapa bulan? Berapa persen jumlah cicilan dibandingkan pemasukan? Semua kondisi tersebut harus kamu perhitungan. Jangan sampai investasi mengganggu kewajiban kredit. Mulailah investasi sebesar 5 persen – 10 persen dari pendapatan. Mungkin nilainya tidak besar. Tetapi kalau kamu lakukan rutin setiap bulan, nilai yang akan kamu dapatkan akan besar pula. Kalau sudah bebas dari kredit, kamu bisa mengalokasikan 20 persen pendapatan untuk investasi.

Ilmu Pasar Modal

Bekal yang tak kalah penting adalah ilmu. Faktor berinvestasi bisa berawal dari ajakan teman, melihat atau membaca artikel keuangan, atau saran orang tua. Namun terkadang, mereka hanya mengatakan tentang tujuan investasi. Yaitu melipatgandakan harta atau memiliki keuangan yang aman pada masa depan.

Padahal jika ingin untung besar, investor harus mempelajari ilmu investasi. Kalau kamu ingin investasi saham, memperdalam ilmu dunia pasar modal, termasuk menguasai analisis teknikal dan fundamental, mampu menggunakan software trading saham, dan mengikuti workshop pasar modal. Membekali diri dengan ilmu akan membuat kamu semakin memahami ke emiten mana modalmu akan diinvestasikan dan tidak terjebak membeli saham dengan kenaikan harga yang tidak wajar.

Tujuan Beli Saham SMCB

Apa tujuan kamu berinvestasi? Investasi untuk dana pensiun, pendidikan anak, menambah modal usaha, membeli rumah, beli saham SMCB, atau ada tujuan lain? Dengan menentukan tujuan investasi, kamu akan terbantu dalam menentukan saham apa saja yang akan dibeli, berapa lama berinvestasi di pasar modal, waktu yang tepat untuk mencairkan dan jangan lupa menyadari risiko.

Semakin cepat kamu memulai investasi, semakin besar keuntungan yang bakal kamu dapatkan. Jangan ragu mengawali investasi dengan modal minim. Jadi beli saham SMCB atau saham lain?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait