Sebelum Investasi, Simak Dulu 5 Fakta Pasar Saham Ini

fakta-pasar-saham

Perdagangan saham online adalah evolusi terbaru dari pasar saham yang kamu kenal sekarang. Pasar saham telah mengalami banyak perubahan selama puluhan tahun keberadaannya, tetapi akarnya kembali ke abad ke-14 di Venesia. Untuk lebih mengenal pasar saham, Ini dia beberapa fakta pasar saham yang harus kamu ketahui.

Pasar Saham Tertua

Meskipun perdagangan terlama berada di Venesia, pasar di India dan daerah lain di dunia memiliki orang-orang yang jual beli dan memperdagangkan pinjaman dan masalah utang di jalanan. Lalu nama atau judul pasar perdagangan saham pertama berada di Amsterdam. Pada 1602, bursa saham Amsterdam dimulai oleh Dutch East India Company. Sekarang dikenal sebagai Euronext Amsterdam.

The Big Board

Ini adalah julukan New York Stock Exchange. NYSE adalah bursa saham terbesar di dunia, dan yang terbesar di Amerika Serikat. Pasar dibuka untuk pertama kalinya pada 1792. Harga saham anggota bursa di NYSE mencapai AS$14,242 triliun dalam kapitalisasi pasar global.

Ticker Tapes

Sebelum kamu dapat berdagang saham secara online atau melihat saham dan sekuritas mana yang diperdagangkan secara real time di TV, komputer atau ponsel kamu, broker menggunakan kaset ticker saham yang mencetak informasi harga saham yang dikirim melalui jalur telegraf . Bunyi detak saat kertas dicetak adalah bagaimana julukan ini muncul.

Efek Oktober

Efek Oktober: Entah ini kebetulan atau tidak, investor dan broker menjadi gelisah di bulan Oktober karena kejatuhan pasar saham terburuk terjadi setiap di bulan Oktober.

Pada 29 Oktober 1929, kehancuran pasar saham pertama terjadi. Saham anjlok 25 persen selama beberapa hari, membuat banyak investor panik. Itu dimulai dengan kehancuran Bursa Efek London bulan sebelumnya, dan berlanjut dengan pasar yang bergejolak dan penjualan saham yang tinggi. Ini menyebabkan Depresi Hebat tahun 1930-an, yang berlangsung satu dekade.

Pada hari Senin, 19 Oktober 1987, pasar dunia mulai turun dan pada akhir bulan, pasar telah turun poin persentase besar – hampir 46 persen di Hong Kong, lebih dari 26 persen di Inggris dan hampir 23 persen di Amerika Serikat. Selain itu, pasar turun pada tahun 2002 dan 2008 juga.

Pada bulan oktober, biasanya mata para investor lebih jeli untuk melihat detail yang terjadi pada bursa saham. Pasalnya, tidak ada satupun investor yang mau menanam saham hanya untuk rugi.

Film Pasar Saham

Pasar atau dunia persahaman adalah panggung yang baik untuk drama, sehingga tidak mengherankan bahwa Hollywood telah menghasilkan banyak film tentang pertukaran yang terjadi di dunia saham. Namun masih sedikit film yang menceritakan kisah keberuntungan dan kegagalan yang sebenarnya. Beberapa film di antaranya ada The Big Short, Too Big to Fail dan The Wolf of Wall Street.

Nah itu dia beberapa fakta pasar saham, ternyata dunia saham sudah ada sejak lebih dari dua ratus tahun yang lalu ya. Dengan adanya fakta pasar saham ini, kamu bisa lebih mengerti tentang pergolakan saham seperti yang terjadi pada efek Oktober.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait