Apa itu Saham? Cari Tau Mengenai Saham dan Jenis-Jenisnya di sini!

Apa itu Saham? Cari Tau Mengenai Saham dan Jenis-Jenisnya di sini!
Apa itu Saham? Cari Tau Mengenai Saham dan Jenis-Jenisnya di sini!

Berinvestasi memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, masih banyak orang yang belum mengerti saham dan jenis-jenisnya. Singkatnya, saham bisa memberikan keuntungan yang melimpah dan juga kerugian yang besar.

Apa itu Saham?

Sebelum berinvestasi saham, kamu harus mengetahui pengertian saham terlebih dahulu. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Artinya, saham merupakan alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan/badan usaha. Jika memiliki saham, maka kamu akan menjadi pemilik perusahaan tersebut. Itulah alasan mengapa saham disebut sebagai surat berharga.

Alasan Kamu Harus Investasi Saham

Lalu, mengapa kamu harus terjun ke dunia investasi saham? Berikut ini adalah beberapa alasan kamu harus menjadi investor pemula:

  • Modal yang relatif kecil. Dengan uang sebesar Rp100.000, kamu sudah bisa bermain saham.
  • Bisa dilakukan di mana saja.
  • Waktu yang lebih fleksibel. Sebab, ada perdagangan tak terbatas di Bursa Efek Indonesia (BEI).
  • Risikonya minim selama modal yang kamu sertakan juga kecil.
  • Keuntungan yang tidak terbatas.

Tentunya, berinvestasi saham membutuhkan pengetahuan dan banyak belajar. Dengan begitu, kamu bisa mempertajam analisismu agar tidak salah perhitungan.

Kategori Saham yang Harus Kamu Tau

Sebagai permulaan, berikut ini adalah dua kategori saham yang harus kamu ketahui :

a. Saham Biasa

Saham biasa merupakan surat berharga yang berguna sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pemilik saham berhak menerima sebagian pendapatan (dividen) dari perusahaan, serta bersedia menanggung risiko kerugian yang akan diderita perusahaan.

Pemilik saham perusahaan juga memiliki hak ambil bagian terhadap pengelolaan perusahaan. Besaran porsi hak pengelolaannya tergantung pada jumlah saham yang dimiliki.

Ketika perusahaan memperoleh keuntungan, maka mereka yang memiliki persentase saham yang besar akan menerima keuntungan yang besar. Sebaliknya, mereka juga harus siap mengalami kerugian jika perusahaan gagal meraih pendapatan.

b. Saham Preferen

Saham preferen adalah surat berharga yang membuktikan, bahwa pemiliknya memiliki hak lebih dari pemegang saham biasa. Pemegang saham tersebut berhak didahulukan saat pembagian keuntungan perusahaan (dividen).

Secara umum, karakteristik saham prefen sama dengan saham biasa yang dapat mewakili kepemilikan ekuitas (modal) dan diterbitkan tanpa tanggal jatuh tempo yang tertulis di atas lembaran saham tersebut, serta membayar dividen (keuntungan).

Pemegang saham juga bisa melakukan klaim atas laba dan aktiva (kekayaan) sebelumnya, dividennya tetap selama masa berlaku dari saham, dan memiliki hak tebus serta dapat ditukarkan dengan saham biasa. Hal itulah yang membuat saham ini diminati oleh investor.

Cara Pembagian Keuntungan Saham

Penjelasan sederhananya adalah pemegang saham merupakan pemilik perusahaan. Jika perusahaan memperoleh keuntungan, maka keuntungannya akan jatuh kepada pemiliknya. Laba bersih yang diraih perusahaan saat kinerjanya bagus, akan disisihkan kepada pemilik saham. Berikut ini adalah jenis pembagian dari keuntungan saham.

a. Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan dari selisih harga jual dan beli saham. Capital gain sendiri diperoleh dari cara membeli saham dengan harga rendah, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya.

b. Dividen

Dividen merupakan laba bersih perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham (investor) sesuai masing-masing persentase saham yang dimiliki. Hal ini merupakan salah satu upaya dari perusahaan untuk menyejahterakan pemegang sahamnya.

Sebelum memberikan dividen, biasanya akan diadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Rapat ini dihadiri oleh seluruh pihak yang memiliki saham di suatu perusahaan. Tujuannya adalah untuk memutuskan mengenai besarnya rasio (angka) pembagian dividen yang akan dibagikan oleh perusahaan. So, sudah paham apa itu investasi beserta kategori dan cara pembagiannya? Sangat menguntungkan bukan? Yuk mulai investasi sekarang dan pilih jenis saham yang cocok buat keadaanmu sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait