Tips Jual Beli Rumah Sederhana, Perhatikan Lokasi

Rumah Sederhana

Properti merupakan instrumen yang paling diminati karena menawarkan imbalan dengan hasil tinggi. Rumah sederhana merupakan salah satu properti yang menjanjikan dalam proses jual beli.

Bagi kamu yang mau memulai bisnis jual beli rumah sederhana harus teliti. Nah, untuk membantu kamu yang ingin berbisnis ini, berikut tips yang harus diperhatikan.

1. Akses atau Lokasi

Apa sih rumus utama investasi rumah sederhana? Kebanyakan orang akan menyebut lokasi strategis. Lantas, lokasi yang strategis itu seperti apa? Apakah di tengah kota yang harganya sudah sangat mahal atau dekat dengan akses transportasi? Inilah yang membedakan investasi properti di kota besar seperti Jakarta dan luar Jakarta.

Bagi kamu yang mau berinvestasi di luar Jakarta, misalnya, lokasi yang dekat dengan kota masih berlaku. Tapi untuk di kota besar seperti Jakarta yang sangat macet, waktu tempuh lebih penting ketimbang jarak tempuh. Sudah pasti akses transportasi jadi faktor dominan.

2. Pahami kondisi pasar

Maksudnya di sini adalah, kamu harus mempunyai pemahaman yang baik mengenai harga dan biaya untuk jual beli rumah. Biaya yang perlu dipertimbangkan adalah biaya renovasi. Hal ini dikarenakan terkadang rumah tertentu perlu dilakukan renovasi sebelum dijual kembali.

Untuk itu, pihak penjual harus paham mengenai hal ini. Biaya renovasi ini bisa ditambahkan ke harga jual yang akan meningkatkan harga jual. Namun, kamu juga harus memperhatikan harga pasaran dari rumah sejenis.

Jika kamu menjual rumah dengan harga yang jauh di atas dari harga pasaran maka rumah tersebut sulit untuk laku terjual. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan biaya dengan cermat.

3. Pahami Aturan atau Hukum dalam Bisnis Penjualan Rumah Sederhana

Selain kamu harus paham mengenai aturan dan hukum yang berlaku, usaha jual beli properti juga harus memperhatikan pajak. Hal ini dikarenakan usaha jual beli properti ini berhubungan dengan hukum dan juga pajak yang berlaku.

Jika kamu tidak mengerti, tidak ada salahnya Anda bertanya kepada orang yang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang ini. Kalau kamu menjalankan bisnis jual beli rumah secara ilegal atau tidak sesuai dengan hukum dan perpajakan maka usaha kamu dianggap melanggar hukum.

Usaha seperti ini tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti semua aturan hukum dan perpajakan yang berlaku.

4. Kemas Promosi Penjualan Rumah Sederhana dengan Menarik

Sebaiknya kamu menunjukkan bahwa rumah yang ditawarkan itu cocok untuk dijadikan sebagai investasi. Ada banyak faktor yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bahwa rumah tersebut cocok sebagai media investasi.

Salah satu caranya adalah menunjukkan bahwa lokasi rumah strategis. Selain itu, jelaskan bahwa rumah yang kamu tawarkan mempunyai potensi yang menjanjikan sebagai investasi sehingga harganya akan meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Kamu harus pandai dalam mempromosikan bahwa rumah selain berfungsi sebagai tempat tinggal, bisa juga dijadikan sebagai media investasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait