Mengetahui Lebih Dekat Saham SRIL dan Perusahaan Sekuritas

saham sril
saham sril

Tak kenal, maka tak akan mendapatkan cuan. Itulah dunia pasar modal. Kalau tidak mengenalnya, kamu bisa melewatkan potensi saham SRIL. PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) adalah perusahaan tekstil yang meliputi usaha pemintalan, penenunan, pencelupan, pencetakan, penyempurnaan tekstil, hingga pakaian jadi.

Perusahaan yang didirikan 22 Mei 1978 ini juga membuat seragam tentara Jerman dan negara NATO lain. Pada 17 Juni 2013 perusahaan mencatatkan penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari segi pendapatan, emiten tekstil mencatatkan hasil yang sangat baik. Tak heran, kalau harga saham SRIL dapat melonjak naik.

Laba bersih emiten teksil ini pada 2018 adalah sebesar USD84,5 juta, naik 24,4 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan laba bersih semester I-2019 sebesar USD63,24 juta, naik 12,28 persen dibanding semester I-2018. Laba akan terus meningkat seiring rencana emiten yang mendorong kapasitas produksi secara maksimal, ekspor, hingga peluang mengakuisisi atau membangun pabrik baru.

Melihat kinerja emiten yang positif, saham SRIL cukup diminati investor. Karena saham memiliki potensi cukup besar dan aktif memberikan dividen. Saham SRIL juga masuk dalam daftar IDX30 untuk periode Agustus 2019 – Januari 2020. IDX30 adalah daftar 30 saham dengan likuiditas paling tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental perusahaan baik.

Saham SRIL dan Pentingnya Sekuritas

Kamu sudah punya saham SRIL? Buat kamu yang tertarik membeli saham di Bursa Efek Indonesia, pastikan kamu telah memiliki rekening efek di perusahaan sekuritas. Karena perusahaan tersebut yang akan menjadi tangan kananmu dalam bertransaksi saham. Perusahaan sekuritas mana yang harus dipilih? Untuk lebih jelasnya, mari kita membahas perusahaan sekuritas.

Menurut laman Sikapi Uangmu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.

Kegiatan Perantara Pedagang Efek meliputi: jual beli Efek (surat berharga) untuk kepentingan sendiri atau pihak lain dan jual-beli Efek seperti saham dan obligasi dapat dilakukan di BEI atau melalui transaksi di luar bursa (transaksi Over-the-Counter/OTC).

Sementara itu, kegiatan Penjamin Emisi Efek adalah membantu calon emiten (perusahaan terbuka) dalam melaksanakan penawaran umum saham (Initial Public Offering atau IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak terjual.

Jika kamu ingin membuka rekening efek, pastikan perusahaan sekuritas tersebut terdaftar dalam OJK. Saat ini, terdapat 105 perusahaan sekuritas yang bisa kamu pilih. Mengingat tugas perusahaan sebagai perantara jual-beli, pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Jangan lupa perbarui informasi mengenai sekuritas teraktif dan kabar terkini melalui lama BEI. Dan mempelajari analisis fundamental dan teknikal saham, termasuk saham SRIL, agar kamu dapat keuntungan maksimal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait