4 Cara Menikmati Hidup Sambil Investasi Saham SRSN

saham-srsn
saham srsn

Bagi sebagian orang, investasi terkadang tidak masuk prioritas hidup. Prioritas mereka adalah menikmati hidup. Dengan uang, mereka bisa membeli atau melakukan sesuatu saat itu juga. Tanpa pikir panjang. Padahal mereka bisa menikmati hidup sambil berinvestasi saham SRSN.

PT Indo Acidatama Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam bahan kimia sejak 1973. Sudah beberapa tahun ini, perusahaan melebarkan sayap bisnisnya ke bidang agro perikanan dan peternakan.pada 11 Januari 1993, perusahaan melakukan penawaran saham pertama (Initial Public Offering atau IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten SRSN.

Jika dilihat dari harganya, saham SRSN sangat terjangkau sekali. Harga saham pada Rabu (18/09) ditutup sebesar Rp69 saja. Tetapi hati-hati terhadap saham gocap alias saham dengan nilai terendah. Untuk trading atau rencana jangka pendek, saham SRSN dan kelompok saham gocap lainnya cocok untu dibeli. Tetapi, investor harus memantau aksi emiten, kinerja positif, dan hati-hati terhadap isu.

Alternatif lain, pertama, pilih saham yang berada di indeks LQ45 dengan harga terjangkau. Kedua, beli saham second liner yang mempunyai kinerja bagus dan produknya kamu konsumsi. Tidak sulit untuk menemukan saham seperti itu.

Berinvestasi bukan berarti tidak bisa menikmati hidup. Karena alokasi dana investasi, apalagi investasi saham cukup besar. Besar atau kecil itu relatif. Tergantung rencana dan tujuan yang ingin dicapai. Kamu bisa menikmati hidup, membeli barang yang disukai, atau melakukan kegiatan yang semua itu membutuhkan uang. Meskipun kamu perlu dana cadangan buat masa depan sekaligus melipatgandakan uang. Siapa yang tidak mau uang “beranak”?

Mengetahui Kondisi Keuangan

Kemana larinya gaji yang kamu peroleh setiap bulan? Belanja, keperluan hiburan, makan, atau yang lainnya? Supaya tahu pengeluaranmu, coba cek semua transaksi dalam bulan kemarin dan sekarang. Dengan begitu, kamu akan sadar selama ini overspending atau tidak.

Atur Pengeluaran

Setelah mengetahui kondisi keuangan, lalu atur semua pengeluaran. Paling tidak kamu harus menyediakan dana untuk makan, transportasi, biaya sehari-hari (di luar makan dan transportasi), dana tak terduga, dan tabungan. Kalau kantormu menyediakan makan siang, manfaatkan. Karena dana makan bisa kamu alihkan ke dana tak terduga.

Asertif

Pengaruh teman bisa membuat rencanamu gagal. Jadi kalau kamu diajak teman membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan, asertif atau tegas berkata tidak.

Tabungan

Sisihkan 10 persen dari gaji untuk menabung. Entah menabung berupa tabungan berjangka, reksa dana, atau tabungan emas. Intinya tabungan yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu (seperti tabungan konvensional). Usahakan kamu melakukannya setiap bulan. Tabungan tersebut seperti menabung di bank tetapi memiliki nilai investasi. Yaitu dari bunga atau return yang ditawarkan lebih tinggi dari bunga bank. Alhasil nilai akhir uangmu bisa berlipat-lipat dalam waktu tertentu.

Melakukan empat hal di atas memang tidak mudah. Perlu disiplin dan perjuangan. Namun jika dilihat hasilnya, kamu bisa hidup nyaman dan menikmati keuntungan investasi. Namun ingat, kamu harus mempelajari pasar dan aksi emiten, terlebih jika ingin membeli saham SRSN.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait