Fakta Indeks Saham LQ45, Kenapa Disarankan untuk Investor Pemula?

Fakta Indeks Saham LQ45, Kenapa Disarankan untuk Investor Pemula?
Fakta Indeks Saham LQ45, Kenapa Disarankan untuk Investor Pemula?

Kalau kamu membaca beberapa artikel tentang saham, seringkali disebutkan indeks saham LQ45. Apa sih itu LQ45? Apa saja kriterianya sehingga saham tersebut bisa digolongkan ke dalam indeks LQ45? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Indeks Saham LQ45

Saham ini merupakan salah satu indeks saham yang ada di Bursa Efek Indonesia, di mana didalamnya terhitung ada 45 saham yang terdaftar dan diseleksi berdasarkan beberapa kriteria. Indeks LQ45 akan menghitung indeks rata-rata dari 45 saham yang memenuhi kapitalisasi pasar terbesar dan nilai likuiditasnya yang tinggi. Indeks LQ45 ini tidak selalu tetap, bisa berubah-ubah tergantung dari performanya setiap enam bulan sekali. BEI juga ikut memonitor dan memberikan evaluasi terkait dari kinerja saham-saham yang ada dalam indeks LQ45.

Tujuan Saham LQ45

Saham indeks LQ45 dibentuk untuk melengkapi IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Selain itu tujuannya memberikan sarana yang obyektif dan tepercaya bagi analisis keuangan, investor, manajer investasi, serta pengamat pasar modal. Indeks ini juga akan memantau pergerakan harga saham-saham yang aktif di lantai bursa perdagangan.

Kriteria Dalam Pemilihan Saham LQ45

Indeks saham LQ45 mulai diluncurkan pada Februari 1997 dengan mengukur nilai likuiditasnya dari nilai transaksinya di pasar secara reguler. Kemudian untuk menyesuaikan dengan perkembangan pasar saham dan lebih memperkuat kriteria likuiditas, di bulan Januari 2005 jumlah hari untuk perdagangan dan frekuensi kegiatan transaksi dimasukkan sebagai ukuran likuiditas. Maka dari itu, didapat kriteria untuk mengukur saham tersebut bisa masuk ke dalam indeks LQ45 adalah sebagai berikut:

  • Sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sekurangnya 3 bulan.
  • Termasuk dalam 60 saham sesuai nilai transaksi di pasar saham reguler.
  • Dari 60 saham yang tercatat, 30 saham yang memiliki nilai transaksi terbesar otomatis masuk dalam perhitungan saham indeks LQ45.

Untuk mendapatkan total 45 saham, selanjutnya dipilih 15 saham berikutnya dengan berdasarkan kriteria hari transaksi pada pasar reguler, frekuensi transaksi, serta kapitalisasi pasarnya. Adapun metode yang digunakan dalam memilih 15 saham tersebut yakni:

  • Dari 30 sisanya, akan dipilih 25 saham dihitung sesuai hari perusahaan melakukan transaksi pada pasar reguler.
  • Lalu dari 25 saham, dipilih 20 berdasarkan dari frekuensi kegiatan transaksi di pasar reguler.
  • Dari 20 saham kemudian dipilih 15 saham dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasarnya, yang nantinya akan didapat 45 saham dalam perhitungan indeks LQ45.

Selain likuiditas dan kapitalisasi pasarnya, kriterianya juga dapat dilihat dari kondisi kesehatan keuangannya dan prospek perkembangan perusahaan.

Evaluasi dan Penggantian Saham

BEI akan secara rutin memonitor pertumbuhan kinerja dari komponen tiap saham yang masuk dalam perhitungan indeks LQ45. Selama tiga bulan sekali akan ada evaluasi berdasarkan pergerakan urutan dari saham-saham di dalamnya. Sementara pergantian saham ini akan terjadi setiap enam bulan, yaitu di bulan Februari dan Agustus.

Selama periode Februari 2019-Juli 2019 setidaknya sudah ada 4 (empat) saham yang masuk dalam penghitungan indeks LQ45. Mereka adalah Charoen Popkhand Indonesia Tbk (CPIN), Pakuwon Jati Tbk (PWON), Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM). Adapun keempat saham yang terdepak dari indeks LQ45 adalah BPD Jabar Banten Tbk (BJBR), Sentul City Tbk (BKSL), Lippo Karawaci Tbk (LPKR), serta Sawit Sumbernas Sarana Tbk (SSMS).

Jadi, buat kamu para investor pemula yang ingin memulai investasi saham, kamu bisa mulai dengan beli saham dengan indeks LQ45. Jika dirasa keuntunganmu sudah cukup, kamu bisa mulai dengan berinvestasi saham blue chip. Semuanya bisa kamu lakukan di Ajaib, jadi tunggu apalagi? Download aplikasinya dan mulai investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait