Investor Pemula, Saham

IHSG dan Daftar Index Saham Gabungan Populer di Indonesia

indeks harga saham populer

Ajaib.co.id – IHSG adalah salah satu indeks harga saham populer di Indonesia. Meskipun sempat mengalami penurunan pada tanggal 26 Agustus 2019, indeks saham yang satu ini masih menjadi tujuan utama dari para investor lama ataupun baru.

Memahami indeks saham seperti IHSG sangat penting, selain tentunya mempelajari bagaimana investasi saham bekerja, risiko dari tiap lembar saham yang kamu beli atau jual, serta analisis yang bisa kamu lakukan ketika berinvestasi saham.

Nah, artikel ini akan fokus kepada hal yang pertama, yaitu indeks harga saham populer yang bisa kamu gunakan untuk keperluan investasi saham, selain tentunya saham IHSG yang sudah sangat populer.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Saham IHSG adalah salah satu bagian dari IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Indeks saham yang satu ini merupakan indeks saham paling populer di Indonesia. Perhitungan pada indeks ini menyertakan perusahaan yang tergabung di dalamnya.

Investor di Indonesia biasanya akan menggunakan IHSG sebagai parameter untuk membaca perkembangan harga dan menjadikan acuan pada portofolio. Di mana, IHSG ini mengumpulkan seluruh harga saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga, investor akan membaca dan memonitor pergerakan harga saham di pasar melalui IHSG sebagai acuan. Biasanya parameter IHSG akan dijadikan sebagai media untuk tren di bursa saham.

Dalam IHSG sendiri, kamu bisa melihat kinerja portofolio suatu emiten saham. Di mana, ketika harga saham di IHSG bergerak lebih tinggi dari kenaikan harga saham portofolio, maka investor bisa mengambil kesimpulan bahwa portofolio tersebut sedang memburuk. Sedangkan, ketika IHSG bergerak rendah dari kenaikan harga saham, maka portfolio perusahaan tersebut sedang meningkat.

Indeks Sektoral

Indeks saham kedua selain IHSG adalah indeks sektoral. Indeks sektoral ini, seperti namanya, terdiri dari beberapa sektor, ada sektor pertanian, pertambangan, industri dasar, barang konsumsi, properti, aneka industri, infrastruktur, keuangan, perdagangan dan jasa, serta manufaktur.

Jika kamu ingin berinvestasi di sektor pertanian, maka kamu harus menggunakan seluruh data perusahaan yang telah tercatat hanya dalam sektor pertanian saja. Hal yang sama berlaku pada sektor lainnya.

Indeks LQ45

Di antara indeks saham yang ada di Indonesia, indeks saham LQ45 adalah yang paling populer. Saham yang ada di indeks LQ45 memiliki likuiditas atau pencarian yang baik, serta kapitalisasi pasar atau keuntungan yang relatif besar. Seperti namanya, indeks LQ45 terdiri dari 45 perusahaan besar yang akan rutin diulas dan diganti setiap periode 6 bulan sekali.

Jenis indeks saham ini sebagai satu-satunya alternatif IHSG, yang dibuat untuk melengkapi IHSG. Index saham gabungan ini bisa digunakan sebagai media objektif dan tepercaya oleh para manajer investasi, analis keuangan, dan investor, dalam memonitor pergerakan harga saham di bursa saham.

Untuk masuk ke dalam daftar saham LQ45, ada beberapa sayarat yang harus dilengkapi emiten saham seperti:

a. Punya kapitalisasi pasar yang termasuk dalam 60 saham dengan kapitalisasi pasar tertinggi di BEI dalam waktu minimal 1 tahun.

b. Masuk dalam daftar 60 saham paling likuid di BEI.

c. Emiten harus memiliki kinerja serta prospek bagus ke depannya

Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang terdaftar di basket LQ45 adalah perusahaan yang sudah masuk listing (IPO/Initial Public Offering) atau menawarkan sahamnya ke publik minimal 3 bulan terakhir.

Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks harga saham populer ini erat kaitannya dengan investasi syariah. Pada indeks yang satu ini, ada 30 saham yang semuanya masuk ke dalam kategori investasi syariah.

Indeks Kompas100

Selain indeks saham IHSG dan lainnya, ada juga indeks saham Kompas100, yang serupa dengan indeks LQ45, yaitu diulas dan rutin diperbaharui stiap 6 bulan. Namun, di indeks ini, ada 100 perusahaan tercatat.

Selain saham IHSG dan beberapa indeks yang telah disebutkan di atas, masih banyak indeks saham yang tersedia di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah indeks Bisnis 27, indeks Pefindo25, indeks Papan Utama, indeks Papan Pengembangan hingga indeks Individual.

Mempelajari indeks saham secara khusus maupun investasi saham secara umum memang bukan pekerjaan yang mudah, mengingat banyak informasi yang bisa menyesatkan. Agar investasi saham kamu ataupun investasi lainnya lancar, jangan ragu untuk membaca blog milik Ajaib. Informasi yang tertera bisa melancarkan investasi kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait