Saham

Mengenal HAKA, Istilah dalam Trading Saham yang Perlu Kamu Tahu

istilah haka dalam saham

Ajaib.co.id – Sebagai seorang investor ataupun trader yang sudah mencoba untuk membeli sebuah saham, seharusnya sudah tidak asing dengan istilah HAKA. Arti HAKA merupakan istilah dalam trading yang berasal dari kata hajar kanan.

HAKA (Hajar Kanan) ini merupakan strategi untuk membeli (bid) saham dengan memasang pada harga terbaik yang biasanya terdapat di posisi teratas kolom offer/ask (antrian jual) dengan harapan mendapatkan saham tersebut dengan cepat.

Perlu diketahui bahwa dalam tampilan orderbook suatu saham, terdapat 2 kolom yakni bid dan offer/ask. Dimana bid sendiri merupakan sebuah antrian suatu saham pada sisi harga pembelian, sedangkan untuk offer/ask merupakan sebuah antrian suatu saham pada sisi harga penjualan.

pergerakan harga saham yang terjadi pada perdagangan memiliki fluktuasi yang tinggi dan cepat berubah, maka jika seorang investor ataupun trader melakukan HAKA suatu saham, dengan demikian investor ataupun trader tersebut secara langsung bisa mendapatkan saham yang diinginkan nya.

Baca juga artikel tentang 25 Bahasa Gaul Dalam Investasi Saham

Tips Menerapkan HAKA pada Saham

Investasi pada instrument saham memiliki tingkat risiko yang tinggi, maka ada baiknya sebelum melakukan pembelian suatu saham hendaknya melakukan Analisa terhadap saham tersebut terlebih dulu.

Bagi kamu yang merupakan seorang trader atau investor yang ingin menerapkan strategi HAKA pada trading saham, sebaiknya menerapkan beberapa tips untuk mempertimbangkan nya. Tips tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Jika memang sudah yakin untuk menerapkan strategi HAKA dalam trading saham, maka kamu harus memiliki keyakinan yang kuat akan saham tersebut benar naik setelahnya atau yakin kalau saham tersebut tidak akan turun dalam waktu singkat.

Ketika suatu saham yang kamu yakini akan naik ditambah dengan kondisi fundamental ataupun berita mengenai saham tersebut yang berpotensi menggerakan harga saham itu untuk naik, maka bisa dipertimbangkan melakukan HAKA saham.

2. Jika memang kamu melihat penurunan terus menerus harga suatu saham hingga dapat dikatakan harga saham itu sudah murah dibandingkan nilai perusahaan sesungguhnya, dan secara teknikal pun tertahan pada level supportnya dengan konfirmasi pada indikator saham memberi sinyal pembalikan arah tren. Maka kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan HAKA pada saham tersebut.

3. Jika memang pasar secara keseluruhan berada dalam fase uptrend / bullish, dan saham – saham secara mayoritas mulai bergerak naik maka masih bisa dipertimbangkan untuk kamu melakukan HAKA suatu saham yang kamu anggap potensial.

Terlepas dari tips- tips tersebut menerapkan strategi HAKA tersebut, jika psikologi kamu sebagai seorang pelaku pasar belum cukup tenang dan belum terlalu yakin kepada saham tersebut, maka ada baiknya kamu menunggu atau menahan diri untuk tidak melakukan pembelian (wait and see) terlebih dulu. Atau melakukan pembelian saham secara bertahap dengan cara antri di harga yang lebih murah.

Baca juga: Begini Cara Membuat Trading Plan Saham

Artikel Terkait