Saham

5 Alasan Saham adalah Investasi yang Populer

Ketika menyebut soal dunia investasi, orang awam pasti langsung berpikir soal pasar saham. Harus diakui jika saham adalah salah satu jenis investasi yang populer, melebihi investasi emas batangan, investasi properti atau instrumen lainnya.

Padahal sebenarnya saham tidak melulu adalah produk terbaik untuk menanamkan uang namun memang paling dikenal luas. Terlebih lagi dunia saham tidak mudah dimasuki oleh masyarakat yang tidak memiliki basic ilmu investasi maupun keuangan yang mumpuni. Pasalnya, fluktuasinya terlalu cepat dan sulit untuk diikuti oleh investor pemula.

Sedangkan model investasi reksa dana dengan manajer investasinya dan peer to peer lending (P2P Lending) sendiri baru naik daun beberapa tahun belakangan. Meskipun sebenarnya lebih ramah bagi investor pemula namun banyak yang ragu memulai investasinya karena faktor familiaritas ini.

Adapun, investasi saham semakin dikenal oleh masyarakat karena banyaknya media yang mengulasnya. Mulai dari pemberitaan sampai film Hollywood kerap menyebutkannya dari sekedar penyebutan singkat sampai ada film yang khusus mengangkat kisah soal pasar saham. Kamu mungkin pernah tahu beberapa di antaranya termasuk The Wolf of Wall Street, yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio. Seringnya saham diulas lewat berbagai bentuk dalam jangka waktu yang panjang sukses membuatnya menjadi investasi yang populer.

Sedangkan di kalangan investor atau orang yang bergelut dalam dunia investasi, saham memang populer menjadi instrumen unggulan. Hal ini karena keuntungan yang dijanjikan sangat lah besar dengan pergerakan pasarnya. Selain itu, pemain saham bisa mendapatkan keuntungan ganda yakni lewat pembagian dividen perusahaan maupun trading saham ketika harga naik atau turun.

Ironisnya, masyarakat umum sendiri belum banyak yang benar-benar paham akan keunggulan berinvestasi di saham. Mereka sekedar paham bahwa banyak jutawan kelas dunia lahir dari pasar saham namun tidak tahu bagaimana mekanismenya. Akibatnya banyak yang terjebak dengan tipu daya investasi bodong yang menjanjikan keuntungan tanpa dasar dengan berinvestasi saham.

Akhirnya popularitas investasi saham malah dijadikan modal para pelaku tindak kejahatan penipu karena diimbangi minimnya literasi keuangan masyarakat akan jenis investasi ini. Saham sendiri memang adalah pasar yang menjanjikan namun hanya jika kamu paham aturan mainnya dan bagaimana memanfaatkannya. Jika tidak, saham bagaikan pedang bermata dua yang bisa begitu saja membuatmu kehilangan seluruh uang dengan sekejap mata.

Mengapa Saham Adalah Investasi yang Populer di Kalangan Investor?

Beberapa dekade yang lalu, orang lebih banyak memilih berinvestasi pada logam mulia atau deposito yang memberikan bunga signifikan ketika jatuh tempo. Namun bagi orang yang lebih suka pendekatan yang aktif, keuntungan yang didapat dari jenis investasi di atas tidaklah cukup.

Orang-orang yang lebih suka pergerakan yang cepat dengan penuh risiko namun juga peluang besar kemudian beralih ke pasar saham. Tak dipungkiri, saham masih menjadi primadona ketika berbicara tentang investasi. Meskipun banyak anggapan bahwa instrumen ini penuh dengan risiko, namun godaan keuntungan yang sustainable atau berkelanjutan membuat pilihansatu ini masih sangat populer.

Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya aplikasi atau laman web yang membahas jenis pilihan tabungan masa depanyang satu ini, termasuk blog milik Ajaib yang sedang kamu baca. Nah, biar tidak semakin penasaran, berikut beberapa alasan kenapa saham menjadi salah satu instrumen investasi populer yang menjadi pilihan para investor.

1.  Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Seperti yang telah disinggung di atas, sahamadalah jenis instrumen penuh risiko, tapi jika kamu tidak mencari skema kaya dengan cepat dan malah tertarik untuk menjadi investor secara berkala, maka kamu akan memetik buahnya dan melihat uang kamu terus naik dan berlipat. Kesabaran di dunia saham adalah kunci utama.

2.  Investasi Yang Solid Akan Menghasilkan

Kamu tidak perlu mendedikasikan waktu seharian penuh untuk saham dan pasar modal. Sisihkan waktu untuk mulai belajar tentang dunia saham, bisa dimulai dengan istilah yang umum digunakan di investasi yang satu ini. Seiring berjalannya waktu, keterampilan dan kepekaan kamu terhadap akan semakin berkembang, sehingga kamu akan menjadi investor yang lebih bijak dan efisien serta mendapatkan imbal hasil yang memuaskan.

3.  Bisa Menjadi Tumpuan Untuk Portofolio Yang Beragam

Setelah kamu memahami, maka seiring berjalannya waktu kamu bisa mulai melihat dan juga mempelajari jenis instrumen lain seperti reksa dana dan obligasi. Jika kamu ingin memiliki kesan profesional dan ingin dilihat sebagai seseorang yang memahami investasi, diversifikasi atau menyebarkannya kepada beberapa bentuk investasi akan semakin meningkatkan nilai portofolio kamu.

4.  Jaminan Masa Pensiun

Meskipun terkesan masih jauh, masa pensiun akan datang kepada kamu tanpa kamu sadari. Semakin awal kamu melakukan investasi saham, maka semaki besar kemungkinan kamu untuk memiliki masa depan dengan bahagia. Investasi saham datang dengan hasil terbaik dalam jangka panjang. Masa sekitar 10 atau 15 tahun paling tidak baru akan memberikan hasil terbaik bagi investor pemula sepertimu, cocok untuk mempersiapkan simpanan masa pensiun bukan?

5.  Pemasukan Pasif

Berkaitan dengan rencana jangka panjang dan masa pensiun, saham bisa menjadi pemasukan kamu ketika nanti pada akhirnya kamu tidak lagi berada pada usia produktif. Kamu bisa mulai dari sekarang untuk terjun ke dunia penanaman modal dan finansial dengan mulai menggali informasi di internet, datang ke konferensi dengan topik investasi hingga belajar dari berbagai artikel. Dengan begitu, kamu bisa memahami alasan kenapa saham adalah instrumen investasi yang sangat populer dan sangat menjanjikan.

Memahami alasan kenapa saham merupakan investasi yang populer bisa mengubah sudut pandang kamu tentang bagaimana mengatur keuangan dengan upaya yang relatif mudah. Investasi yang memiliki risiko relatif besar bisa menjadi gerbang awal bagi kamu untuk mempelajari jenis investasi lain seperti reksa dana, obligasi hingga properti.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait