Contoh Surat Bisnis dan Surat Perjanjian Kerja Sama

Surat Bisnis Surat Perjanjian Kerja Sama
Surat Bisnis Surat Perjanjian Kerja Sama

Dalam berbisnis, kita tidak akan terlepas dari pihak-pihak lain. Selain pelanggan, kita juga berhubungan dengan sesama pebisnis, investor, maupun pemerintah. Bila sampai pada ranah formal, macam-macam surat bisnis mutlak diperlukan, misalnya untuk kerja sama bisnis.

Surat-surat resmi meliputi surat pesanan, surat penawaran, surat permintaan penawaran, surat tagihan, surat tanda bukti, surat pemberitahuan, dan sebagainya. Selain itu, wesel, bilyet giro, cek, dan kuitansi juga termasuk surat bisnis.

Untuk pebisnis, biasanya surat yang paling sering dibuat adalah surat perjanjian kerja sama. Berikut kerangka surat perjanjian kerja sama yang biasa dibuat, disarikan dari Tuts+.

Informasi pengirim

Awali dengan informasi pengirim yang dapat berupa kop surat. Kop surat biasa berisi nama perusahaan, alamat lengkap, dan nomor telepon.

Tanggal

Tanggal yang mengawali surat adalah tanggal pembuatan surat.

Informasi penerima

Tuliskan nama penerima, jabatan, dan alamat lengkap.

Penghormatan

Untuk mengawali surat, berikan salam pembuka yang sekaligus memberikan penghormatan, misalnya ‘dengan hormat’.

Teks tubuh

Biasanya terdiri dari satu hingga tiga paragraf yang terstruktur dan runtut. Paragraf pertama merupakan pengantar, dilanjutkan dengan maksud isi surat secara jelas.

Penutupan dan salam penutup

Penutupan berisi satu hingga dua kalimat yang memohon penerima untuk menerima tawaran atau melakukan sesuatu yang diminta, berikut ucapan terima kasih atas perhatian dan waktu yang diluangkan untuk membaca surat. Terakhir, berikan salam penutup yang pendek, misalnya ‘hormat saya’, ‘salam’, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat bisnis atau surat perjanjian kerja sama yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnismu.

SINAR CERAH PHOTOGRAPHY

Jl. Matahari No. 76 Yogyakarta

Website: www.scphoto.com  Email: scphoto@gmail.com

Telp. (0274)123456 Fax. 654321

Yogyakarta, 2 September 2019

Nomor : 111/SC/IX/2019

Lamp.  : 1 (satu eksemplar) Proposal

Hal       : Penawaran Kerja Sama

Yth.

Bpk. Nasrullah

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami mengajukan penawaran kerja sama di bidang jasa fotografi dalam rangka kegiatan gathering perusahaan yang akan Bapak laksanakan. Dengan menggunakan paket jasa foto dan video dari kami, Bapak akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain:

1.     Tidak perlu mencari fotografer dan videografer sendiri.

2.     Pelaksanaan acara dapat terdokumentasi dengan baik.

3.     Konsep foto dan video dapat dirancang sesuai keinginan.

Dengan paket yang kami tawarkan, semoga bisa memberikan kemudahan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, efektif, efisien, dan profesional.

Besar harapan kami, semoga Bapak dapat bekerja sama dengan kami sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Satya Panca

Dalam setiap surat resmi yang dibuat untuk urusan bisnis, gunakan bahasa yang formal, dan hindari kesalahan ketik maupun ejaan, ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait