Contoh Surat Bisnis dan Surat Perjanjian Kerja Sama

Surat Bisnis Surat Perjanjian Kerja Sama
Surat Bisnis Surat Perjanjian Kerja Sama

Dalam berbisnis, kita tidak akan terlepas dari pihak-pihak lain. Selain pelanggan, kita juga berhubungan dengan sesama pebisnis, investor, maupun pemerintah. Bila sampai pada ranah formal, macam-macam surat bisnis mutlak diperlukan, misalnya untuk kerja sama bisnis.

Surat-surat resmi meliputi surat pesanan, surat penawaran, surat permintaan penawaran, surat tagihan, surat tanda bukti, surat pemberitahuan, dan sebagainya. Selain itu, wesel, bilyet giro, cek, dan kuitansi juga termasuk surat bisnis.

Kerangka Surat Perjanjian Bisnis

Untuk pebisnis, biasanya surat yang paling sering dibuat adalah surat perjanjian kerja sama. Berikut kerangka surat perjanjian kerja sama yang biasa dibuat, disarikan dari Tuts+.

#1 Informasi pengirim

Awali dengan informasi pengirim yang dapat berupa kop surat. Kop surat biasa berisi nama perusahaan, alamat lengkap, dan nomor telepon.

#2 Tanggal

Tanggal yang mengawali surat adalah tanggal pembuatan surat.

#3 Informasi penerima

Tuliskan nama penerima, jabatan, dan alamat lengkap.

#4 Penghormatan

Untuk mengawali surat, berikan salam pembuka yang sekaligus memberikan penghormatan, misalnya ‘dengan hormat’.

#5 Teks tubuh

Biasanya terdiri dari satu hingga tiga paragraf yang terstruktur dan runtut. Paragraf pertama merupakan pengantar, dilanjutkan dengan maksud isi surat secara jelas.

#6 Penutupan dan salam penutup

Penutupan berisi satu hingga dua kalimat yang memohon penerima untuk menerima tawaran atau melakukan sesuatu yang diminta, berikut ucapan terima kasih atas perhatian dan waktu yang diluangkan untuk membaca surat. Terakhir, berikan salam penutup yang pendek, misalnya ‘hormat saya’, ‘salam’, dan sebagainya.

Contoh Surat Bisnis

Di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa contoh surat bisnis yang bisa jadi referensi buat kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh surat bisnis atau surat perjanjian kerja sama yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnismu.

#1 Surat Penawaran Kerja Sama

Untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin, kamu bisa menjalin kerja sama dengan perusaahaan lain yang berkembang dengan baik dan memiliki track record yang baik. Di bawah ini adalah contoh surat penawaran yang bisa kamu gunakan.

SINAR CERAH PHOTOGRAPHY

Jl. Matahari No. 76 Yogyakarta

Website: www.scphoto.com  Email: scphoto@gmail.com

Telp. (0274)123456 Fax. 654321

Yogyakarta, 2 September 2019

Nomor : 111/SC/IX/2019

Lamp.  : 1 (satu eksemplar) Proposal

Hal       : Penawaran Kerja Sama

Yth.

Bpk. Nasrullah

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami mengajukan penawaran kerja sama di bidang jasa fotografi dalam rangka kegiatan gathering perusahaan yang akan Bapak laksanakan. Dengan menggunakan paket jasa foto dan video dari kami, Bapak akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain:

1.     Tidak perlu mencari fotografer dan videografer sendiri.

2.     Pelaksanaan acara dapat terdokumentasi dengan baik.

3.     Konsep foto dan video dapat dirancang sesuai keinginan.

Dengan paket yang kami tawarkan, semoga bisa memberikan kemudahan agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, efektif, efisien, dan profesional.

Besar harapan kami, semoga Bapak dapat bekerja sama dengan kami sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Satya Panca

#2 Surat Bisnis Jawaban Pengaduan

Kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis, khususnya bisnis retail adalah kesalahan dalam pengiriman barang ataupun barang yang dikirim mengalami kerusaan. Ketika hal ini terjadi, pelanggan akan mengadukan hal tersebut kepada kamu. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu segera membalas surat tersebut dengan surat jawaban pengaduan.

PT Merdeka Maju

Jln. Buntu No. 202, JAKARTA

Jakarta, 12 Januari 2020

Nomor : 315/PE/VI/2020

Hal : Pengiriman Kerusakan Barang

Lamp : 1 (satu) Lembar Faktur

Kepada

Yth. Pemilik Toko Sejahtera Bersama

Jln. Medan Merdeka No. 10a

Surabaya

Dengan hormat,

Terkait surat saudara tertanggal 10 Januari 2020 dengan Nomor: 315/PE/VI/2020 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat yang Anda kirim, kami akan segera melakukan pengecekan dan ternyata karyawan kami telah melakukan kesalahan dalam pengepakan sehingga barang pesanan Anda banyak mengalami kerusakan. Atas kesalahan tersebut, kami mohon maaf sebesar-besarnya dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Anda selanjutnya.

Kami akan segera mengirimkan barang pengganti, yaitu AC Sharp dengan Tipe 211 sebagai pengganti barang pesanan yang mengalami kerusakan, kami harap Anda senang menerimanya. Faktur asli pesanan Anda telah kami kirimkan.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Budi Rahardi

#3 Surat Penawaran Barang

Surat ini merupakan salah satu contoh surat resmi yang digunakan satu perusahaan dengan tujuan menawarkan barang ataupun produk kepada perusahaan lain. Surat ini ditujukan untuk menarik konsumen dalam membeli produk atau barang yang ditawarkan.

PT Sejahtera Abadi

Jl. Sudirman No. 23, Jakarta Pusat

Jakarta, 12 Januari 2020

Nomer : 12/01/XII/2020

Hal : Penawaran Barang

Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada Manager PT Surya Merdeka

Jl. Patimura No. 3, Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, perusahaan Anda saat ini sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut, perusahaan Anda harus didukungdengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai masa kini.

Dengan surat ini kami bermaksud untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini, kami melampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Anda dan perusahaan. Kami meyakini jika perusahaan Anda menggunakan produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka karyawan Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Anda juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Anda yaitu pemberian diskon sebesar 15% jika Anda melakukan pembelian produk kami sebelum tanggal 31 Januari 2020. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran ini dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 50% dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Anda. Kami yakin jika Saudara memesan produk dari perusahaan kami dan Anda akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerja sama Anda, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Rudi Sanjaya

#4 Surat Bisnis Perkenalan Barang

Surat perkenalan produk ini digunakan untuk memperkenalkan produk atau barang baru kepada pihak lain atau perusahaan lain dengan tujuan agar barang baru tersebut lebih cepat dikenal oleh pihak lain dan menarik minat beli dari mereka.

PT Kenangan Darma

Produsen Cat Tembok

JL. Mentari No. 25, Jakarta Barat

Jakarta, 1 April 2018

No.     : 20/PWK/05/2018

Hal     : Perkenalan Produk

Kepada Yth.

Pimpinan CV. Sentosa Bewarna

Jl. Pramuka No. 15 Jakarta Timur,

Dengan hormat,

PT Kenangan Darma Indah adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi berbagai cat tembok yang telah melayani lebih dari 1000 toko di berbagai kota di Pulau Jawa atau di luar pulau Jawa. Dalam kesempatan ini, kami mencoba membantu Anda untuk menyediakan pasokan berbagai jenis cat untuk usaha yang Anda pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan.

Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan cat untuk perusahaan Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Santo Jaya

#5 Surat Bisnis Penolakan Pesanan

Jika kamu menerima pesanan barang dari perusahaan lain, maka sudah seharusnya kamu menanggapi pesanan tersebut dan segera mengirimkan barang yang dipesan. Namun jika terdapat kendala seperti kehabisan stok barang yang dipesan, maka kamu bisa mengirimkan surat penolakan pesanan. Di bawah ini adalah contoh suratnya.

PT SUMBER Rezeki

Jl. Mas Mansyur No. 40, Jakarta Pusat

Nomor : 050/SA/lV/2018

Yth, Manager PT Nusantara Merdeka

Jl. Hayam Wuruk No. 04, Bandung

Perihal : Penolakan pesanan

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat pesanan Saudara pada tanggal 3 Januri 2020 dengan No. 054/NI/lV/2020, yang berisi pesanan 10 komputer merek Toshiba dengan pembayaran secara cash on delivery.

Perlu diketahui, bahwa persediaan barang untuk komputer merek Toshiba diperusahaan kami saat ini sedang tidak tersedia, kemungkinan barang tersebut akan tersedia kembali pada tanggal 20 Januari 2020, maka dengan sangat menyesal pesanan Anda tidak dapat kami penuhi atau dengan kata lain, kami tolak.

Kami yakin Anda dapat memahami alasan tersebut.Atas penolakan ini kami mohon maaf dan untuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Budi Jaya

Itulah beberapa contoh surat bisnis yang benar. Untuk menjaga dan menjalin kerjasama, penggunaan surat bisnis ini diperlukan untuk urusan bisnis. Untuk membuatnya dengan baik dan benar, cobalah gunakan bahasa yang formal, dan hindari kesalahan ketik maupun ejaan, ya.

Dengan memahami cara membuat surat bisnis yang baik, kamu bisa dengan mudah menjalankan kegiatan bisnis dan memperluas networking bisnis. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kemajuan bisnis kamu, menarik bukan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait