Cara Melakukan Komunikasi Bisnis yang Efektif

komunikasi bisnis
komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis yang efektif adalah proses mendengarkan dan berbicara dua arah, dan ini sangat penting dalam semua fase kehidupan bisnis sehari-hari di perusahaan. Rasa hormat adalah salah satu komponen terpenting dalam komunikasi bisnis. Selalu berusaha memahami orang lain.

Tanyakan kepada beberapa karyawan apakah mereka komunikator yang baik, dan kebanyakan akan menjawab ya. Namun pada kenyataannya, kita semua perlu meningkatkan keterampilan komunikasi.

Berikut ini cara untuk melakukan komunikasi bisnis yang baik:

Hilangkan Asumsi

Banyak hubungan bisnis memiliki aturan yang tak terucapkan dengan asumsi pada intinya. Ini mungkin bekerja untuk sementara waktu, tetapi lebih baik bagi semua pihak untuk secara terbuka mengomunikasikan kebutuhan dan harapan.

Asumsi sering menyebabkan kesalahpahaman, yang dapat meningkat menjadi situasi yang sulit. Lalu, bicarakan masa kini dan masa depan, tetapi jangan berasumsi bahwa apa yang terjadi sebelumnya adalah apa yang akan selalu terjadi.

Komunikasi bisnis yang efektif dapat membawa perubahan positif, bahkan jika semuanya buruk. Kamu harus melihat ke depan dan percaya bahwa perubahan dapat terjadi. Jangan pernah berasumsi bahwa sejarah akan terulang kembali.

Komunikasi tidak akan berfungsi ketika salah satu pihak terganggu. Temukan tempat yang tenang dan, jika komunikasi secara publik adalah hal yang sulit, pastikan kamu memiliki privasi.

Miliki struktur reguler seperti pertemuan mingguan atau bulanan untuk mendukung komunikasi, dan luangkan waktu untuk berbicara ketika ada masalah untuk dipecahkan.

Belajar Mendengarkan

Kamu tidak pernah ingin memulai dengan memaksakan solusi. Jika ada masalah, cukup jelaskan dan bagaimana itu memengaruhi bisnis kamu. Kemudian, tanyakan secara terbuka, “Apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan situasi ini?”

Berhenti dan dengarkan. Pembunuh komunikasi bisnis terbesar adalah kegagalan untuk mendengarkan. Bersikaplah terbuka cukup untuk mendengar umpan balik pihak lain, menyerapnya dan mengembangkan solusi yang menggabungkan apa yang kamu inginkan dan apa yang mereka inginkan.

Untuk mendengarkan dan kemudian memaksakan solusi pilihanmu adalah tidak mendengarkan. Jangan memikirkan bagaimana menjawab sementara lawan bicara kamu berbicara, dan jangan menyela sampai kamu tahu orang itu telah selesai. Mendengarkan mengirimkan pesan terbaik: Kami berupaya menemukan solusi yang dapat diterima bersama.

Mengajukan pertanyaan

Ini membantu kamu mendapatkan umpan balik, menunjukkan bahwa kamu mendengarkan, mengonfirmasi pemahaman, dan menghormati. Pertanyaan adalah alat yang luar biasa dan harus sering digunakan. Jika kamu tidak yakin tentang detail, minta konfirmasi. Jika kamu ingin mendengar umpan balik dari orang lain, tanyakan saja.

Ketika kamu menggabungkan mendengarkan dengan mengajukan pertanyaan yang relevan, kamu telah membuka komunikasi bisnis dua arah yang kuat.

Sabar

Komunikasi sangat penting – dan sangat sulit. Itu tidak menghilangkan perbedaan, tetapi memungkinkan bagi mereka untuk saling bertentangan. Pada akhirnya, komunikasi bisnis yang baik bukan tentang menang; ini tentang memperkuat hubungan. Perubahan tidak terjadi dalam semalam.

Proses komunikasi yang efektif adalah cara terbaik untuk terlibat dengan orang-orang dengan cara yang mencapai tujuan bisnis kamu. Tidak ada keraguan bahwa mengikuti langkah ini akan meningkatkan kualitas hubungan bisnis kamu.

Apa yang dilakukan perusahaan kamu ketika ada masalah dengan komunikasi? Apakah kamu sudah yakin akan komunikasi bisnismu sudah lancar? Yuk belajar!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait