Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis

Berbisnis selalu menjadi topik yang menarik bagi mereka yang ingin sukses. Walaupun demikian, banyak pebisnis yang terpaksa harus mengaku kalah di tengah jalan. Sehingga harus merelakan bisnis yang telah dirintisnya bangkrut.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sebuah usaha menjadi bangkrut. Salah satunya persiapan yang kurang matang, Padahal, jika hendak serius berbisnis, maka keseriusan itu harus sudah terlihat sejak dalam persiapan.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai sebuah bisnis.

Potensi Apa yang Kamu Miliki

Salah satu faktor paling penting sebelum memulai adalah mengenali potensi apa yang ada dalam diri kamu. Sehingga, kamu bisa bergairah dan lebih mudah dalam memulai usahamu. Misalnya:

  1. Kamu suka mengajar, kamu bisa mulai dengan les bimbel privat
  2. Kamu pandai bermain gitar, kamu bisa buka les gitar
  3. Gemar berwisata, kamu bisa menjadi tour guide
  4. Senang berkendara dengan mobil, membuka jasa rental atau kursus mengemudi
  5. Hobi memasak, maka kamu bisa membuka katering atau kursus memasak
  6. Menyukai anak-anak? Kamu bisa membuka daycare atau jasa babysitter

Seperti kamu lihat, membuka usaha sesuai dengan potensimu bisa menghemat modal awal karena kamu belum perlu mencari pegawai. Selain itu, menjalani hal yang kamu sukai akan membuatmu pantang menyerah.

Modal

Modal selalu menjadi alasan utama seseorang menunda untuk memulai bisnis. Padahal, modal awal dari berbisnis adalah kemauan dan kepercayaan diri bahwa usaha tersebut akan sukses. Selanjutnya, kamu akan menemukan banyak cara dalam mendapatkan modal. Sebut saja dengan menjual atau melelang barang-barang pribadi kamu. Atau mungkin kamu bisa mengajukan proposal

Kamu juga bisa mengikuti kompetisi yang banyak diadakan untuk memodali ide usaha. Selain itu, ada modal usaha yang dikucurkan oleh pemerintah untuk UMKM. Kamu bisa mencari tahu kepada dinas setempat tentang cara mendapatkan modal dari pemerintah.

Lakukan Analisis SWOT

SWOT atau strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) adalah sebuah metode perencanaan strategi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah peluang bisnis. Metode ini dibuat oleh Albert Humphrey yang berprofesi sebagai seorang pemimpin proyek riset.

Pertama-tama, kenali terlebih dahulu apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman untuk bisnis kamu. Lalu, pikirkan juga keuntungan dari menjalankan usaha ini ke depannya.

Dalam melakukan analisa SWOT, kamu juga harus sudah memahami kondisi pasar dan juga strategi pemasaran yang akan kamu gunakan. Lalu, ajukan pertanyaan ini, untuk mengevaluasi apakah strategi tersebut memiliki peluang yang bisa mendatangkan keuntungan yang sepadan.

  1. Bagaimana kekuatan mampu mendatangkan keuntungan dari peluang yang ada?
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang dapat menghalangi mendapatkan keuntungan dari peluang?
  3. Bagaimana kekuatan mampu menghadapi ancaman yang menghalangi?
  4. Bagaimana cara untuk mengatasi kelemahan sehingga dapat mencegah ancaman menjadi nyata?

Setelah menjawab keempat pertanyaan tersebut, maka lakukan evaluasi.

  • Apakah kelebihan dan peluang bisa mengatasi kelemahan dan ancaman, hingga mendatangkan keuntungan?

Jika jawabannya ya, bisnis ini memiliki potensi yang bagus untuk kamu jalankan. Tapi jika tidak, maka sebaiknya kamu mencari peluang usaha yang lain.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , , , ,
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com