Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Bisnis Online Sesuai dengan Karakter Produk

Pilih Cara Bisnis Online yang Cocok dengan Karakter Produk

Hampir sepuluh tahun belakangan bisnis secara online menjadi lahan yang menjanjikan untuk meraup uang sebanyak-banyaknya. Jualan online menjadi suatu kemudahan bagi banyak orang sekaligus sumber rezeki bagi sebagian lainnya. Namun dengan persaingan yang semakin tinggi dan jumlah pedagang online yang semakin banyak, kamu butuh cara bisnis online yang jitu untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak semua orang sebenarnya bisa menjual barang secara online. Meskipun terkesan gampang tapi sebenarnya ada banyak pekerjaan yang dijalani sekaligus. Kamu harus sanggup untuk menginfokan soal produk pada orang-orang yang tertarik, melakukan pengiriman barang termasuk pula memutuskan jasa logistik terbaik yang digunakan untuk shipping.

Belum lagi jika kamu harus menghadapi calon pembeli yang belum familiar dengan sistem belanja online. Kamu harus meluangkan lebih banyak waktu untuk membantu dan melayani mereka. Terbukti banyak seller online sekalipun yang masih mengeluhkan soal betapa banyaknya calon pembeli yang kerap mengajukan komplain padahal disebabkan kesalahan mereka sendiri.

Misalnya saja pembeli tidak membaca detail produk ataupun harga yang harus dibayar dengan cermat sehingga akhirnya mengeluhkannya. Bagi sejumlah seller yang bergabung dengan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia atau Shopee, komentar buruk atau rating bisa mematikan bisnis mereka.

Karena itu, kamu benar-benar harus sanggup menjalani cara bisnis online secara keseluruhan jika ingin menjadi pedagang online. Hal dasar yang juga wajib kamu lakukan dalam menjalani bisnis online adalah fast response dalam merespon pembeli. Orang berasumsi kamu akan selalu siap menjawab pertanyaan dan merepon pembelian mereka sehingga kamu tak boleh bersikap lambat jika tak ingin kehilangan pelanggan.

Selain itu, kamu juga harus pandai untuk mencari supplier agar bisa menawarkan harga termurah sekaligus berkualitas. Dengan kemudian teknologi era sekarang, orang akan mudah saling membandingkan harga antara toko online sehingga yang termurah namun berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik lah yang akan menang.

Aspek lainnya adalah kejelianmu menggunakan sosial medai untuk memasarkan produk. Ada banyak cara mulai dari membuat website khusus, promosi di media sosial sampai mengandalkan endorse untuk menggaet pembeli. Kamu harus pintar memilih mana cara yang paling cocok untuk produk yang kamu jual.

Meski demikian, ada 4 tips cara bisnis online yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnismu. Aplikasikan sejumlah langkah ini dan dijamin kamu siap kebanjiran orderan dari pembeli.

4 Langkah Cara Bisnis Online Masa Kini

Di era digital 4.0 ini, banyak kiat entrepreneurship yang wajib dicermati oleh pebisnis milenial. Kecanggihan dalam memproduksi produk dan jasa berkualitas saja tidak cukup untuk mengembangkan bisnis. Ada ribuan seller online yang siap bersaing denganmu untuk mendapatkan pembeli.

Mempelajari teknis, menganalisa insight, dan mengamati berbagai perkembangan cara bisnis online yang ada di market, akan membantu strategi pemasaran yang tepat. Kamu harus mencari tahu sebanyak mungkin cara membuat materi promosi yang tepat sasaran.

Berikut adalah 4 langkah promosi bisnis online milikmu yang jika diterapkan bisa menambah penghasilan yang kamu miliki.

1.     Berbasis Website

Bisnis produk dan jasa yang pemasarannya dimulai dengan peluncuran website yang didedikasikan khusus hanya untuk menjual produk atau jasa milik perusahaan/brand tersebut, berarti memilih cara bisnis online berplatform e-commerce. Situs tersebut akan menyediakan informasi lengkap tentang produk atau jasa yang dipasarkan, mekanisme belanja, pengecekan, pembayaran, pengiriman, after sales, konten know-how inspiratif yang relevan, ruang diskusi dan testimoni visitor/customer.

Untuk menambah kepercayaan, website umumnya juga menampilkan sejarah perusahaan-misi-visi-founder dan team member.Website memiliki karakter alami in-depth knowledge, yang bekerja melalui kekuatan ide besar terintegrasi. Cara komunikasi pemasaran yang ideal ini bisa efektif hanya jika pengelolaannya komprehensif. Jika website “mati suri”, dampaknya malah akan berbalik menyerang kredibilitas produk atau jasa tersebut.

Keberadaan website dalam bisnismu akan menambah kepercayaan pelanggan dan terlihat bahwa bisnis tersebut dijalankan dengan serius. Bisnis online yang memiliki website sendiri biasanya memiliki skala menengah hingga besar sehingga lebih trusted dibandingkan sekedar seller yang dijumpai di media sosial semata.

Ada sejumlah bisnis online yang memiliki website khusus dan terbukti berhasil memiliki nama besar dalam dunia e-commerce. Contohnya adalah Sociolla yang kini menjadi took kosmetik lokal terbesar di Indonesia yang juga memiliki situs tersendiri.

2.    Berbasis Media Sosial

Bisnis produk dan jasa yang sudah memiliki website, umumnya menggunakan media sosial untuk mengamplifikasinya. Dengan membagikan link alamat website ke akun Instagram, Facebook, twitter dan LINE akan meluaskan jangkauan pemasaran ke berbagai komunitas secara cepat.

Namun di beberapa jenis bisnis, pembuatan website tidak lagi dirasa menjadi keharusan, karena pengelolaannya terasa menyita waktu dan pikiran. Banyak pengelola bisnis online yang lebih fokus mengurus akun sosial medianya karena dirasa lebih efektif untuk perputaran jualannya.

Produk dan jasa yang pemasarannya dimulai dengan dengan membuat toko online di marketplace terkemuka, Facebook business dan Instagram business, berarti memilih cara bisnis berplatform Online Shop, dan merasa bahwa media sosial binis sudah memberi ruang yang cukup bagi informasi dan aktivitas produk atau jasa, plus dukungan fitur yang fuss-free. Cara bisnis online seperti ini lebih memprioritaskan amplifikasi (luas jangkauan) pemasaran daripada in-depth product dan service knowledge.

Kini sosial media besar seperti Facebook maupun Instagram bahkan sudah menyediakan fitur khusus untuk mengakomodir pemiliki bisnis online untuk promosi produknya. Terbukti dari adanya iklan yang bisa dimanfaatkan dengan membayar sejumlah biaya. Iklan sosial media kini juga bisa ditargetkan lebih spesifik misalnya drai segi demografi dan usia pengguna.

3.    Kategori Produk Dan Jasa

Lalu, cara bisnis online mana yang lebih baik? Jawabannya ada pada karakter alamiah produk atau jasa yang dipasarkan itu sendiri. Jika produk yang akan dipasarkan misalnya adalah: Turbin Blade – salah satu komponen vital mesin jet yang punya titik leleh di atas 1500º C, maka cara bisnis online yang cocok adalah yang berplatform e-commerce dengan menggunakan website sebagai pusat pemasaran online, yang diamplifikasi dengan direct mailing, email dan professional marketing ke komunitas potential customer yang relevan.

Hal ini dikarenakan karakter produknya fungsional, niche (sangat khusus) dan teknikal. Kredibilitas, ekspertise (kepakaran) dan trustworthy image (citra dapat dipercaya) menjadi taruhan utama pemasaran bisnis.

Di sisi lain, jika produk yang akan dipasarkan misalnya adalah baju renang anak-anak dengan desain kreatif dan lucu-lucu, maka cara bisnis online yang cocok adalah yang berplatform Online Shop dengan membuat toko online di markeplace terkemuka, Instagram business dan Facebook business, untuk menjadikannya window display yang dimaksimalkan dengan foto-foto produk yang dirancang semenarik mungkin, untuk menjadi alat amplifikasi efektif. Hal ini dikarenakan karakter produk emosional, masal dan rekreatif.

Pastikan kamu memahami benar produk yang kamu jual lengkap dengan karakter pengguna yang sekaligus target pembelimu. Jangan salah jalur promosi maupun cara memasarkannya agar bisnismu cepat berkembang begitu pula dengan omzet penjualannya. Kamu bisa mencari tahu pula lebih lanjut soal tipikal kategori produk dan jasanya ini dengan melakukan pengamatan ke sejumlah online shop besar yang terbukti sudah sukses.

4.    “Make A Time” vs “Anytime”

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa produk atau jasa yang bersifat fungsional, niche dan teknikal membutuhkan cara bisnis online yang bisa “Make A Time” atau menyediakan ruang dan waktu yang leluasa untuk proses pengenalan, pemahaman, penganalisaan, pengecekan dan negosiasi yang panjang untuk membelinya.

Sedangkan, produk dan jasa yang bersifat emosional, masal dan rekreatif membutuhkan cara bisnis online yang bisa “Anytime” yaitu dengan memperkenalkan dan menjual produk dan jasa pada siapa saja kapan saja.

Langkah terakhir adalah menentukan sebenarnya bagaimana karakter produk yang akan kamu jual. Karakter ini akan menentukan caramu menjalankan bisnis online mulai dari teknis pelaksanaannya maupun cara berpromosi. Ada sejumlah bisnis yang sebenarnya terlihat menjanjikan namun gagal hanya karena pemiliknya tidak bisa memilih cara bisnis online yang tepat.

Nah, sudah yakin atas pilihan cara bisnis online untuk bisnismu? Jangan lupa untuk terus belajar bisnis online dan cara mempromosikan produk dengan benar.

Pertumbuhan Bisnis Online di Indonesia

Bisnis online, khususnya di Indonesia, dihidupi oleh gaya generasi milenial yang serba praktis. Hanya dengan mengakses lewat gadget, kamu bisa mendapatkan barang yang diinginkan dan barang tersebut langsung dikirim ke alamatmu. Ketatnya persaiangan antar took online juga disebabkan karena milenial yang sangat telaten dan getol membandingkan harga dan promo yang berlaku sehingga pedagang harus rajin memutar otak untuk promosi produknya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jika industri e-commerce Indonesia dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17 persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Sejak tahun 2014, tercatat jika penjualan online di Indonesia sudah mencapai US$1,1 miliar.

Selama kurun waktu 4 tahun terakhir, e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan hingga 500 persen. Valuasi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan sebesar Rp319 triliun, terbesar di Asia Tenggara. Jumlah ini bahkan berkisar 49% dari total keselutuhan transaksi ekonomi digital yang terjadi di Asia Tenggara.

Sayangnya, produk lokal Indonesia termasuk pula UMKM masih jarang tersedia di platform online maupun e-commerce. Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya pasar lokal Indonesia sangatlah besar dan menjanjikan. Apalagi kini masyarakat Indonesia semakin gemar berbelanja produk lokal sehingga seharusnya produk lokal harus gencar dipromosikan.

Meski demikian, agaknya tren positif juga mulai berkembang karena kini pemerintah juga mulai mengajak para pelaku UMKM untuk berjualan online. Mulai dari penyuluhan cara bisnis online sampai menyediakan regulasi khusus untuk mengakomodir hal ini.

Salah satunya seperti yang tercantum dalam Perpres No. 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce). Peta ini bertujuan mendorong percepatan dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik (e-Commerce), usaha pemula (startup), pengembangan usaha dan percepatan logistik. Aturan ini dibuat untuk mendukung dan mengatur para pedangan online lokal agar jeli memanfaatkan kemajuan e-commerce sehingga bisa merasakan keuntungan darinya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait