Dunia Kerja

Fitur dan Manfaat Helpdesk dalam Dunia Bisnis

Helpdesk

Dalam dunia bisnis, hampir semua perusahaan memiliki situs web. Di sana terdapat informasi mengenai visi dan misi perusahaan, sejarah, jajaran direksi, alamat, dan terkadang ditemui bagian yang siap membantu kebutuhan klien atau pelanggan. Fitur itu adalah helpdesk.

Helpdesk merupakan organisasi formal yang menyediakan dukungan untuk pengguna produk, layanan, atau teknologi perusahaan. Tujuannya adalah meningkatkan pelayanan dan jembatan dalam menyelesaikan masalah antara pihak internal dan eksternal.

Fitur Helpdesk

Fitur helpdesk (dalam situs web) telah digunakan perusahaan dari berbagai macam industri. Baik perusahaan yang dimiliki pemerintah maupun swasta. Fitur ini berperan untuk membantu perusahaan dalam mencatat semua hal yang disampaikan oleh para klien (kritik atau keluhan) ke perusahaan agar mereka mendapatkan solusinya, menangani kebutuhan klien, dan merekapitulasi laporan tertentu.

Pada umumnya, helpdesk yang ada di situs web menggunakan format online chat atau email. Klien yang memiliki masalah akan menggunakan fitur tersebut (untuk keluhan atau menanyakan sesuatu) dan pelayanan pelanggan (customer service atau CS) perusahaan akan menjawab atau menangani solusinya. Tetapi kalau semua CS sibuk karena klien yang harus ditangani banyak, nantinya keluhanmu akan dijawab melalui email.

Manfaat Helpdesk

Seperti yang telah disinggung di atas, helpdesk bermanfaat buat pihak internal maupun eksternal. Dalam dunia bisnis, klien dan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat helpdesk:

●   Untuk kepuasan pelanggan

Manfaat pertama helpdesk adalah untuk kepuasan pelanggan atau klien. Jika pelanggan bermasalah dengan produk yang dibeli lalu ia mengeluhkannya ke perusahaan, ia akan senang dan puas jika keluhannya direspon dengan cepat.

Apalagi jika perusahaan memberikan solusi atas keluhan tersebut. Jika tidak, pelanggan bisa kecewa dan bukan tak mungkin mereview negatif ke teman-teman dan media sosial. Alhasil citra produk atau perusahaan pun buruk.

●   Untuk meningkatkan kualitas

Helpdesk juga dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Karena dengan keluhan pelanggan, perusahaan dapat mengevaluasi produk atau jasanya, menyelesaikan masalah, mendata masalah yang sering muncul dan mengelompokkannya, serta memeriksa semua keluhan berdasarkan topiknya. Semua yang telah dilakukan ini akan dilanjutkan ke divisi terkait. Sehingga semua divisi dapat meningkatkan kinerja untuk produk berkualitas.

●   Membantu kinerja karyawan

Hal di atas sudah sedikit dijelaskan bahwa helpdesk dapat meningkatkan kualitas kinerja. Karena keluhan dari pelanggan akan diteruskan ke divisi-divisi terkait. Lalu masing-masing divisi akan langsung menanggapi dan memberikan solusi atas keluhan tersebut. Alhasil kinerja karyawan lain akan semakin baik, efektif dalam bekerja, dan operasional perusahaan pun lebih efisien.

●   Dapat menambah laba

Jika ada keluhan mengenai produk rusak, perusahaan harus menggantinya. Hal ini bisa membuat biaya operasional membengkak. Tetapi jika kasus tersebut dapat dijadikan evaluasi dan meningkatkan kualitas produk maupun kinerja, perusahaan justru dapat menambah laba. Karena pelanggan puas dengan produk dan pelayanannya.

Jika tempat kamu bekerja menggunakan fitur helpdesk, manfaatkan dengan baik. Tetapi jika belum, kamu bisa menginisiasi tim untuk membuat helpdesk. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait