6 Cara Mudah Menambah Tabungan

Ajaib: Ilustrasi 6 Cara Mudah Menambah Tabungan

Semakin kita dewasa, semakin sulit bagi kita untuk menyisihkan uang yang kita miliki untuk tabungan. Padahal, sejak kecil kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Pasalnya, biaya hidup yang semakin tinggi kadang membuat pendapatan kita pas-pasan untuk hidup sehari-hari.

Lebih lagi dengan adanya godaan untuk membeli smartphone terbaru, berlibur ke Bali atau sekedar minum kopi di kafe yang sedang populer. Seringkali uang kita yang jumlahnya terbatas itu semakin berkurang, digunakan untuk membeli hal-hal yang kita inginkan.

Pada dasarnya, tabungan adalah simpanan uang. Prinsip dasar menabung adalah habiskan uang lebih sedikit dari pendapatan dan simpanlah selisihnya. Prinsip ini bisa berubah tergantung seberapa banyak yang kamu hasilkan, tanggung jawab keuangan dan gaya hidup kamu. Jika kamu perlu mengirim uang untuk anggota keluarga, atau jika kamu menyewa apartemen mewah, kemampuan kamu untuk menabung mungkin akan berkurang.

Yuk kita simak tips praktis untuk meningkatkan tabungan kamu. Mulai dari membatasi anggaran, hingga meningkatkan pendapatan!

# Tentukan Tabungan yang Tidak Merugikan Kamu

Ketimbang menyimpan uang di balik bantal atau dalam celengan ayam, kami menyarankan kamu untuk membuka rekening tabungan di bank. Selain didukung dengan berbagai kemudahan seperti layanan perbankan elektronik 24 jam (untuk ATM, SMS Banking, Internet Banking, Call Center, dan lain-lain), tabungan di bank juga cenderung lebih aman dan dapat memberikan pengembalian ekstra ketimbang menyimpan uang tunai biasa.

Saat ini, pembukaan rekening bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, ada bank yang menyediakan layanan membuka tabungan secara online.

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan bahwa bank yang kamu pilih:

-. Sudah menjadi peserta dalam Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

-. Memiliki suku bunga tabungan yang bersaing. Meskipun besarnya bunga bank tidak bisa setinggi jika kamu memilih untuk berinvestasi, tabungan dengan bunga kompetitif dapat menjadi andalanmu dengan segala fleksibilitasnya. Selain bisa bertransaksi aman dan nyaman, mendapatkan bunga menjadi salah satu keuntungan tersendiri dalam membuka tabungan di bank.

-. Memiliki saldo minimum tabungan yang tidak memberatkan kamu. Misalnya, ada beberapa tabungan yang mengenakan biaya administrasi bulanan hingga Rp25.000 jika saldo minimumnya di bawah Rp10.000.000. Hal ini tentu dapat merugikan kamu. Oleh karena itu, pastikan saldo tabungan di bank yang kamu pilih, sesuai dengan kemampuan kamu.

-. Memberikan kemudahan untuk menyetor uang tabunganmu, misalnya melalui ATM setor-tarik. Karena penarikannya hanya dapat dilakukan di ATM/kantor cabang terdekat, menabung di bank akan membuat pengeluaranmu terjaga ketimbang

# Buat Anggaran Kamu, Termasuk untuk Tabungan

Langkah pertama yang harus kamu buat adalah mengevaluasi anggaran kamu. Jika kamu belum membuatnya, buatlah sekarang. kamu bisa menggunakan program seperti Microsoft Excel (atau Google Sheets jika kamu tidak memilikinya) untuk menghitung pendapatan dan mencatatkan pengeluaran. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone kamu.

Buatlah daftar bagaimana kamu menghabiskan uang kamu, mulai dari biaya sewa tempat tinggal kamu, makan sehari-hari, transportasi untuk pergi bekerja/belajar, bahkan hal sederhana termasuk uang rokok dan parkir. Setelah kamu punya cukup informasi, kamu sudah siap untuk menentukan apa yang harus kamu coret dari anggaran kamu.

Kamu juga bisa membatasi pengeluaran dari tiap-tiap anggaran. Misalnya, jika kamu terbiasa mengeluarkan Rp30.000 sekali makan, dengan makan 3x sehari, kamu sudah menghabiskan Rp90.000 untuk makanan. Artinya, dalam sebulan, kamu menghabiskan Rp2.700.000 untuk makan saja! Nah, setelah kamu menentukan titik pengeluaran terbesar, kamu bisa memikirkan cara untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Pada contoh sebelumnya, yakni makanan, kita memiliki rencana untuk makan di tempat yang lebih terjangkau maupun mulai memasak sendiri.

Nah, setelah kamu menentukan titik pengeluaran terbesar, kamu bisa memikirkan cara untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Pada contoh sebelumnya, yakni makanan, kita memiliki rencana untuk makan di tempat yang lebih terjangkau maupun mulai memasak sendiri.

Jika kamu sudah mulai terbiasa membuat anggaran, kamu juga bisa menggunakan fasilitas m-banking untuk mengukur dan memperkirakan pengeluaranmu dan memastikan kamu tidak menghabiskan lebih dari yang sudah kamu anggarkan.

# Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Langkah kedua adalah menentukan mana yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang hanya sebatas keinginan.

Biaya seperti tempat tinggal, makanan, transportasi dan utilitas adalah biaya dasar yang memang dibutuhkan. Sementara biaya seperti menonton bioskop, membeli baju baru, makan di restoran atau kafe atau travelling adalah hal-hal yang bersifat keinginan.

Jika kamu menggunakan Excel, tandai apa saja yang jadi kebutuhan dan keinginan. Pisahkanlah dengan jelas apa yang kamu butuhkan untuk hidup sehari-hari dan mana yang kamu habiskan hanya untuk menyenangkan diri kamu sendiri.

Jika kamu membutuhkan uang lebih banyak dari pendapatan kamu, hapuslah daftar keinginan kamu sebanyak mungkin. Ini menang membutuhkan tekad dan komitmen, namun cara yang pasti untuk meningkatkan uang kamu secara langsung. Berhati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil pun dapat menenggelamkan kapal besar.

# Ubah Gaya Hidup Kamu

Jika kamu ingin menerapkan perubahan gaya hidup yang bisa mengurangi uang bulanan kamu secara permanen, kamu perlu memeriksa setiap baris di dalam anggaran kamu dengan cermat.

Ada banyak biaya yang dapat dengan mudah dikeluarkan. Misalnya, jika kamu berbelanja lebih cerdas, kamu dapat menghabiskan lebih sedikit untuk makanan dengan membeli merek-merek yang harganya lebih murah. Membeli dalam jumlah besar, mengurangi pembelian daging dan makanan kemasan juga merupakan cara lain untuk memotong biaya belanja kamu.

Biaya lain yang bisa kamu potong adalah biaya tagihan utilitas. Contohnya adalah dengan menggunakan lampu bohlam dan peralatan yang hemat energi. Biaya sewa/kontrakan/kos juga bisa kamu kurangi dengan mencari tempat tinggal yang lebih murah. Jika kamu tinggal di rumah sendiri, pertimbangkanlah untuk menyewakan kamar kosong kamu untuk uang tambahan.

Dari daftar keinginan kamu, cobalah untuk menerapkan versi lebih murah dari hal-hal favorit kamu. Misalnya, jika kamu adalah seorang pecinta film, kamu dapat berhemat dengan cara patungan dan meminjam akun online streaming dari teman kamu. Tentu lebih murah ketimbang kamu berlangganan sendiri.

Jika makan di luar adalah kelemahan kamu, seperti contoh yang dikemukakan pada poin pertama, cobalah untuk menciptakan resep favorit kamu di rumah atau beralih ke restoran yang lebih murah.

Berkreasilah dengan anggaran dan gaya hidup kamu. kamulah yang paling mengenal diri kamu jadi kurangilah pengeluaran kamu sebanyak mungkin.

# Naikkan Pendapatan Kamu

Jika kamu sudah tidak bisa lagi memangkas pengeluaran kamu atau kamu tidak mampu mencoret beberapa keinginan kamu, kamu bisa menambahkan alur kas masuk dengan meningkatkan pendapatan kamu.

  • Mintalah Kenaikan Gaji

Cara paling mudah untuk meningkatkan pemasukan kamu adalah meminta kenaikan gaji. Jika kamu adalah karyawan kantoran, kumpulkanlah data dan argumen mengapa kamu layak mendapat kompensasi yang lebih baik. Lihatlah setengah tahun terakhir apa saja yang sudah kamu capai.

Apakah kamu mendapatkan klien besar? Berhasil menaikkan jumlah pengunjung di website perusahaan kamu selama tiga bulan berturut-turut? Menjual paling banyak di departemen kamu jika kamu adalah sales? Semua hal di atas bisa kamu gunakan untuk meminta kenaikan gaji. Kumpulkan informasi tersebut dan simpan dalam file untuk berargumen dengan atasan kamu.

Selain itu, mulailah melakukan riset pasar tentang posisi kamu. kamu harus tahu berapa banyak gaji orang yang berada di posisi yang sama dengan kamu dapatkan di kota kamu dan seluruh negeri. Gabungkan ini dengan pencapaian pribadi kamu untuk meminta kenaikan gaji dalam review tahunan kamu.

Jika kamu merasa kamu adalah karyawan/ti dengan performa luar biasa tapi diremehkan oleh perusahaan, jangan ragu untuk mencari tempat lain yang dapat menghargai kamu, sesuai dengan kontribusi yang dapat kamu berikan pada perusahaan.

  • Tingkatkan Tarif Freelance Kamu

Jika kamu adalah seorang pekerja lepas atau pekerja kontrak, kamu juga harus mengevaluasi dan menaikkan tarif kamu, seiring dengan jam terbangmu. Sebagai pekerja lepas, penting untuk tetap mengikuti laju inflasi dan tarif pajak yang semakin tinggi.

Kamu bisa fokus dengan hal-hal yang kamu bisa berikan pada klien kamu. Jika kamu memiliki pengikut media sosial yang besar dan kamu tahu bahwa nama kamu di situs web klien sangat krusial, gunakan itu untuk menjelaskan mengapa tarif kamu meningkat.

Jika kamu menawarkan layanan dan manfaat baru, kualitas yang lebih baik atau lebih banyak waktu kamu untuk klien, semua hal di atas adalah alasan untuk menaikkan tarif kamu.

Jika mereka ingin mempertahankan kamu, mereka akan membayar tarif kamu yang meningkat. Jika tidak, kamu dapat menemukan klien baru dengan tarif lebih tinggi.

  • Ambil Pekerjaan Tambahan

Selain meminta kenaikan gaji selalu ada opsi untuk mengambil pekerjaan tambahan. Mendapatkan lebih banyak uang dengan menambah pekerjaan kamu memang banyak memakan waktu, tetapi dapat membuat perbedaan besar pada anggaran kamu.

Ambillah pekerjaan yang sejalan dengan tujuan karir kamu. Jika kamu bekerja di bidang teknologi, keterampilan kamu tidak akan bertambah jika kamu mengambil pekerjaan tambahan sebagai seorang koki di restoran. Akan lebih sesuai jika kamu mengambil pekerjaan desain freelance, coding atau proyek yang berbau IT. kamu pun dapat memasukkan pekerjaan freelance tersebut di resume kamu sebagai nilai tambah.

Jika kamu seorang guru, bukalah kursus atau bekerja dengan perusahaan yang menyelenggarakan acara pendidikan. kamu juga dapat menggunakan hobi kamu untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya untuk kamu yang suka membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjual hasil kreasi kamu di internet.

Bahkan, ketika kamu hendak pindah ke kantor baru, kamu juga bisa bertanya pada kantor lamamu apakah ada pekerjaan tertentu yang bisa kamu tangani secara jarak jauh atau remote. Hal ini layak dicoba sebab orang-orang pada kantor lamamu tentu sudah mengetahui kapasitas dan kualitas kerja kamu.

Jangan lupa untuk mencari pekerjaan yang menarik bagi kamu serta mampu melonjakkan kamu lebih jauh dalam karier kamu.

# Cobalah Berinvestasi

Jika kamu sudah menentukan anggaran dan lain-lain, kamu akan menemukan bahwa ada saldo tabungan menganggur, yakni saldo yang masih belum kamu tentukan mau dipakai untuk apa. Itulah saatnya kamu mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi.

Investasi penting untuk masa depanmu. Baik untuk meringankan dampak inflasi, meningkatkan jumlah kekayaanmu, persiapan pensiun, maupun untuk menunjang kehidupan keluargamu di masa depan. Menabung di bank saja hanya memberikan pengembalian sekitar 0,5%, bahkan ada tabungan yang tidak memberikan pengembalian sama sekali.

Karena itu, selain menabung di bank, penting bagi kamu untuk berinvestasi juga.

Cobalah memulai perjalanan investasimu dengan memilih instrumen investasi yang ramah bagi pemula, yang risikonya cenderung kecil dibandingkan dengan instrumen lainnya, misalnya emas, tabungan berjangka, maupun reksa dana pendapatan tetap.

Melalui langkah-langkah yang ada pada artikel ini, kamu mungkin akan terkejut setelah mengetahui berapa banyak uang ekstra yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan tabungan kamu. Selamat mencoba, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait