Melirik Saham MASA, Perusahaan Ban yang Bermitra dengan PSG

Melirik Saham MASA, Perusahaan Ban yang Bermitra dengan PSG
Melirik Saham MASA, Perusahaan Ban yang Bermitra dengan PSG

Sepak terjang perusahaan asal Indonesia, kini banyak dari mereka yang memperlebar jangkauan brand dan promosi mereka hingga mancanegara. Salah satu yang menjadi daya tarik industri saat ini dalam kegiatan promosi suatu perusahaan adalah melalui industri olahraga.

Tidak dipungkiri lagi, industri olahraga terbesar di dunia saat ini adalah sepak bola, sepak bola menjadi sebuah olahraga terfavorit di dunia dan ditonton hingga jutaan orang. Inilah alasan mengapa klub sepak bola menjadi magnet atau daya tarik tersendiri untuk mendatangkan investor. Salah satu perusahaan di Indonesia yang juga telah menjalin kemitraan dengan klub raksasa sepak bola asal Prancis, yaitu PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Sejarah & Profil PT Multistrada Arah Sarana Tbk

PT Multistrada Arah Sarana Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi ban untuk kendaraan roda dua (Corsa) dan roda empat (Achilles). Perusahaan ban ini sudah berdiri sejak 1988 di Indonesia. Selain bermitra dengan klub raksasa Prancis, PSG, PT Multistrada Arah Sarana Tbk menjadi sponsor untuk klub liga 1, Bali United. Sebagai produsen ban untuk kendaraan di Indonesia dan luar negeri, produk-produk ban yang dibuat oleh perusahaan sudah dipasarkan ke negara-negara timur tengah, Eropa, Asia, Australia, dan Amerika. 

Kepemilikan Saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk

PT Multistrada Arah Sarana Tbk berkode entimen MASA di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini, saat ini, saham MASA sudah diakusisi oleh perusahaan ban asal Prancis, Michelin. Michelin mengkuisisi MASA sebesar 80% dan termasuk 20% saham PT Penta Artha Impresi,yang merupakan anak perusahaan dari PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA). Akuisisi yang dilakukan oleh Michelin, bernilai Rp6,23 triliun.

Hal ini akan membuat adanya perombakan bagi direksi dan komisaris di PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Saham MASA pertama kali ditawarkan perdana ke publik pada tahun 2005 silam, kala itu saham yang dilepas ke publik sebesar 30,03% dan berjumlah 1.000.000.000 saham. Harga saham MASA perdana bernilai Rp170 per saham dan dana yang terkumpul dari IPO ini mencapai Rp 170.000.000.000.

Kisaran Harga Saham MASA Saat Ini

Saham MASA kini berkisar Rp565 –Rp600 per saham, selain itu saham yang beredar berjumlah 9.182.946.945 saham. Saat ini kapitalisasi pasar saham ada di harga Rp 5,19 triliun, pasca terjadi akuisisi MASA oleh Michelin.

Kinerja Saham MASA

Walaupun secara keseluruhan penjualan PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) di sepanjang tahun 2018, hanya tumbuh 7,97% yoy menjadi $301,85 juta. Faktor inilah membuat MASA mengalami kerugian akibat pertumbuhan yang relatif lambat, bukan hanya itu saja kerugian ini juga disebabkan oleh pertumbuhan beban pokok penjualan sebesar 11,57%. Yoy menjadi $273,42 juta yang didominasi oleh pembiayaan bahan baku, upah, dan pabrikasi.

Selain itu, total aset yang dimiliki oleh MASA juga mengalami penurunan dari $655.53 juta menjadi $643,36 juta. Lantaran, memang harus diakui kinerja perusahaan pada tahun 2018 tidak begitu berjalan mulus, namun datangnya investor baru, Michelin, diharapkan mampu membangkitkan kinerja dan menguatkan saham MASA di 2019 ini. Dengan pengalaman yang mendunia salah satunya sebagai penyedia ban resmi untuk kompetisi balap MotoGP.

Itulah fakta-fakta menarik terkait saham MASA yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi pada saham di 2019 ini. Apakah kamu tertarik untuk menanamkan modal kamu di saham MASA yang merupakan salah satu perusahaan produsen ban terbaik di Indonesia?

Jika kamu tertarik dan ingin mulai berinvestasi di saham MASA, kamu bisa mulai mendaftar di aplikasi AJAIB. Di aplikasi ini, kamu bisa belajar saham sekaligus memulai investasi dengan mudah, kapan dan di mana saja. Karena hanya di Ajaib lah kamu bisa menemukan istilah investasi yang mudah untuk dipelajari dan dipahami meski oleh orang awam atau investor pemula. Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Darmaji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. (2011). Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
UU No. 8 Tahun 1995. LN No. 64 Tahun 1995. TLN No. 3608


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait