Bisnis & Kerja Sampingan, Investasi, Investor Pemula

Contoh Proposal Business Plan untuk Gaet Investor

contoh-proposal-business-plan

Merintis usaha memang membutuhkan energi yang besar. Pertama jelas menyusun ide dan konsep bisnis menarik yang potensial sebagai kunci kesuksesannya. Kemudian, mencari pendanaan yang bisa kamu lakukan dengan pinjaman bank atau menggaet investor. Kalau opsi investor adalah yang kamu pilih maka kamu butuh contoh proposal business plan yang efektif untuk meraih hati calon pemodalmu.

Semua bisnis tentu saja membutuhkan permodalan yang memadai untuk dijalankan. Pertama tentu saja untuk membayar tenaga kerja, membeli bahan baku yang diperlukan dan membiayai proses produksi yang berjalan. Setelah itu, masih ada lagi kebutuhan dana untuk promosi dan packaging yang jelas butuh dana tak sedikit.

Besarnya dana yang dibutuhkan ini yang kerap membuat calon pengusaha mudah gentar. Meskipun beberapa bersedia mengeluarkan modal bisnis dari kantong pribadi namun kadang besarannya tidak cukup. Maka dari itu kamu terpaksa untuk mencari modal dari pihak ketiga.

Cara yang paling umum ditempuh adalah mencari kredit modal usaha dari lembaaga perbankan atau koperasi. Namun biasanya opsi ini kerap tersendat karena syarat pengajuannya yang rumit. Apalagi jika usahamu belum berjalan dan masih dalam tahap membuat bisnis plan.

Umumnya, bank mengajukan syarat usaha yang sudah berjalan selama beberapa waktu untuk membuktikan kredibilitasnya. Hal ini juga dimaksudkan sebagai jaminan bahwa si pengusaha bisa mengembalikan pinjamannya dari omzet usahanya.

Karena itulah, opsi mencari investor mungkin adalah jalan terbaik yang bisa kamu tempuh. Terlebih lagi, belakangan ini banyak orang yang berminat terjun dalam dunia bisnis namun takut melakukannya sendiri. Karena itu mereka lebih memilih menjadi pemodal dalam usaha yang dinilai potensial.

Beberapa juga menganggap jika menjadi investor adalah langkah investasi yang tepat dan relatif mudah dilakukan. Apalagi jika kamu bisa menawarkan proposal bisnis plan yang baik sehingga memberikan gambaran prospek keuntungan yang meyakinkan di masa depan.

Kamu bisa mulai mencari investor dari kenalan terdekat misalnya saja teman, kolega atau kerabat yang berminat. Jika butuh pendanaan yang lebih besar maka bisa menyasar ke sejumlah nama yang sudah dikenal tertarik memberikan suntikan dana pada usaha yang kamu rintis.

Meski demikian, siapapun investor yang kamu tuju maka kamu harus menyusun proposal bisnis yang layak dan meyakinkan. Apakah kamu pernah menggalan dana untuk mengadakan acara di kampus atau sekolahmu dulu? JIka iya maka prinsipnya serupa. Kamu berupaya meyakinkan pihak lain untuk memberikan dananya untuk sesuatu yang kamu kerjakan.

Namun karena tujuannya adalah bisnis yang menghasilkan profit maka kali ini kamu perlu lebih matang menyusun proposal pengajuan dananya. Contoh proposal business plan yang baik dalam yang memuat visi dan misi serta konsep bisnis yang orisinil. Kamu bisa mencari contoh proposal bisnis plan yang sudah sukses untuk menyusun versimu sendiri.

Step by Step Contoh Proposal Business Plan Untuk Meyakinkan Investor Mengucurkan Dananya

Ketiadaan modal jangan sampai mengurung impianmu untuk mulai berbisnis. Banyak jalan menuju Roma, banyak solusi pula untuk mewujudkan ide bisnismu. Salah satu cara mencari sumber permodalan adalah dengan menggaet investor. Untuk pemula, lebih baik cari referensi contoh prosal business plan yang baik afar tujuanmu terwujud.

Membuat proposal bisnis adalah suatu hal yang susah susah gampang. Sekilas mudah dilakukan namun jika kamu sampai salah sedikit saja maka kesempatanmu bisa menghilang begitu saja. Karena itulah persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum menyusun proposal yang akan kamu sampaikan pada calon investor.

Ada banyak contoh proposal business plan yang bisa kamu temukan di internet. Contoh proposal bisnis tersebut bisa kamu terapkan untuk berbagai jenis usaha, tentunya dengan sejumlah penyesuaian. Usaha kecil yang dijalankan oleh pemula pun butuh perencanaan matang, lho. Mau bisnis makanan, peternakan, atau kerajinan, semua butuh perencanaan.

Ide bisnis milikmu itulah yang harus dengan tepat dituangkan dalam proposal yang kamu susun. Pastikan idemu seluruhnya tergambarkan dengan efektif dan juga efisien. Tujuannya agar investor mendapatkan poinnya secara langsung tanpa bosan ketika membaca proposal milikmu. Apakah terdengar sulit?

Sebenarnya tidak. Namun untuk memudahkanmu, Ajaib telah menyusun panduang ringkas untukmu sebagai cara membuat proposal yang bisa kamu tiru.

Bab I – Pendahuluan

Bab ini merupakan pembuka yang akan dibaca pertama kali oleh investor yang kamu tuju. Berbagai contoh proposal business plan yang ditemui menujukkan jika isi dari bab ini adalah uraian singkat namun jelas soal usaha yang kamu sedang rintis atau akan dibangun.

Bab ini berisi informasi data usaha, yakni nama perusahaan, bidang usaha, jenis produk, alamat dan nomor telepon. Selanjutnya paparkan identifikasi peluang bisnis yang membuat bisnismu punya potensi, berbeda dari yang lain, atau belum pernah ada sebelumnya. Sertakan juga penjelasan rinci tentang produkmu, baik soal orisinalitas maupun keunggulannya yang akan menarik konsumen.

Bab II – Pembahasan

Bab kedua meliputi analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat), rencana, studi kelayakan, dan struktur organisasi. Analisis SWOT menjelaskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam menjalankan usaha kamu ke depannya. baik internal maupun eksternal.

Sedangkan rencana bisnis akan menguraikan target pasar, pembiayaan, perhitungan keuntungan, hingga strategi pemasaran. Selanjutnya dalam studi kelayakan, lakukan analisis tentang lokasi, sarana/prasarana, dan sumber daya manusia.

Bila kamu ingin menyampaikan rencana bisnis dengan lebih rinci dan mendalam, buatlah bab tersendiri. Di bab terpisah ini, kamu bisa jabarkan lebih rinci semua aspek perencanaan bisnis. Misalnya, dalam pembahasan tentang strategi. Selain strategi pemasaran seperti promosi, kamu juga dapat memaparkan strategi produksi, penetapan harga, dan sumber daya manusia.

Struktur organisasi juga perlu kamu tampilkan untuk melihat bagaimana nantinya bisnismu dijalankan dan bagaimana pendelegasian wewenang di dalamnya.

Bab III – Penutup

Penutup menyampaikan ringkasan dan kesimpulan dari informasi-informasi yang disampaikan sebelumnya. Sampaikan secara singkat, padat, dan jelas.

Kurang lebih demikianlah kerangka dasar pembuatan contoh proposal business plan. Kamu bisa mengembangkannya sendiri dan melakukan penyesuaian berdasarkan bisnis yang kamu rintis. Untuk jenis bisnis yang lebih kompleks, tentunya proposal harus dibuat lebih rinci.

Jangan lupa buat sampul depan yang representatif, profesional, dan menarik. Sertakan daftar isi untuk memperjelas rincian isi proposal bagi pembaca. Bila memungkinkan, kamu juga bisa menjelaskan sekilas soal latar belakang pendirian bisnismu.

Perlu juga diingat bahwa calon investormu mungkin adalah orang yang sangat sibuk. Proposal yang ringkas dan jelas akan memudahkan mereka memahami tujuan bisnismu, struktur dan strategi perusahaan, dan penjelasan tentang pasar.

Jangan tunda lagi, ayo wujudkan contoh proposal bisnis ini sekarang. 

Alternatif Lain Mendapatkan Modal Usaha

Tantangan pertama dalam mewujudkan ide bisnismu adalah mendapatkan modal yang dibutuhkan. Menggaet investor dengan berbekal proposal contoh business plan yang jempolan adalah salah satu usaha yang patut dicoba. Namun ada banyak cara lainnya lagi yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan pendanaan yang memadai.

Bahkan, bukan hal yang buruk pula jika kamu mengkombinasikan berbagai upaya penghimpunan modal untuk usaha yang akan kamu rintis. Berikut adalah alternatif cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan modal usaha.

Minta Kerabat Untuk Berinvestasi di Bisnis Kamu

Banyak pengusaha mengandalkan teman dan keluarga mereka untuk investasi awal biasanya disebut “putaran benih yang aman”, kamu dapat menukar dana dengan saham di start-up kamu (yaitu, sepupu kamu menerima 4% dari perusahaan setelah memberi kamu modal yang cukup), meminta pinjaman pribadi (dengan atau tanpa bunga), atau bahkan sumbangan dari keluarga secara sukarela.

Manfaatkan bantuan dari Pemerintah

Biasanya, pemerintah daerah memiliki program untuk membantu bisnis kecil, termasuk pinjaman berbunga rendah , modal ventura, dan hibah. Untuk menemukan program yang memenuhi syarat untuk perusahaan kamu, carilah informasi dari internet atau badan-badan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Sebagian besar bisnis biasanya tidak memenuhi syarat, jadi kamu mungkin tidak dapat menemukan apa pun. Tapi ada baiknya mencari lebih dalam dan teliti. Apalagi saat ini pemerintah sedang menggenjot lahirnya lebih banyak pengusaha muda dan usaha mikro di Indonesia. Kesempatan ini tidak boleh kamu lewatkan untuk mendapatkan modal usahamu.

Gunakan Platform Crowdfunding.

Sebuah platform pendanaan publik sudah mulai bermunculan di Indonesia. Platform crowdfunding memungkinkan kamu mendapatkan dukungan materi melalui kampanye online.  Saat ini umumnya crowdfunding dipakai untuk tujuan sosial namun tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menghimpun modal usaha.

Metode ini tidak hanya menghasilkan modal, tetapi juga dapat membantu kamu mendapatkan umpan balik produk awal, kesadaran merek. Kadang-kadang jika kamu memiliki kisah yang menarik atau terutama produk keren, kamu akan mendapatkan bonus karena cara ini juga akan sekaligus media promosi yang efektif.

Kartu Kredit Untuk Opsi Jarak Pendek

Biasanya bukan ide yang baik untuk menggunakan kartu kredit kamu untuk membayar pengeluaran bisnis kecuali kamu dapat membayar sisanya. Terkadang, kamu tidak punya pilihan di dalam situasi membutuhkan uang dengan cepat. Namun perlu diingat, opsi kredit kepada bank dapat merusak bisnis kamu dalam jangka panjang (belum lagi, kesehatan finansial pribadi kamu). Pertimbangkan baik-baik opsi ini sebelum kamu melakukannya.

Pinjaman Mikro

Kamu tidak dapat mengajukan pinjaman pada tahun pertama perusahaan kamu, karena pemberi pinjaman tidak mau melakukan investasi berisiko tinggi. Namun, kamu dapat memanfaatkan program pinjaman mikro untuk usaha kecil dan dapat menerima hingga ratusan juta rupiah. Program ini sudah tersedia di beberapa bank besar di Indonesia.

Pemberi pinjaman mikro dan pemberi pinjaman nirlaba adalah pilihan lain. Pemberi pinjaman ini sering mencari pengusaha minoritas atau kurang beruntung. Istilah mereka biasanya sangat adil.

Perlu diingat, kamu tidak perlu menerima uang dari orang lain jika kamu tidak mau. Beberapa perusahaan tidak pernah mengumpulkan dana sama sekali – pendiri mereka membayar sendiri biaya awal, dan kemudian, ketika perusahaan menjadi menguntungkan, pendapatannya mencakup semua biaya awal.

pilihan ini memungkinkan kamu (dan salah satu pendiri kamu, jika ada) untuk mempertahankan persentase yang jauh lebih besar dari perusahaan kamu. Tetapi kamu mungkin tumbuh lebih lamban tanpa suntikan dana yang besar.

Jika kamu memutuskan untuk melakukannya, jaga agar anggaran kamu seramping mungkin untuk menjaga eksistensi perusahaan kamu. Jangan lupa, sekarang ini juga ada banyak bisnis tanpa modal atau minim modal yang bisa dijalankan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait