Tips Ampuh Agar Presentasi Bisnis Berjalan Mulus

presentasi bisnis
presentasi bisnis

Bagi para pengusaha yang ingin mendapatkan dana segar dari investor, umumnya harus melakukan presentasi bisnis terlebih dahulu. Sebab, kamu harus menjelaskan tentang bisnismu kepada para investor terkait.

Mengapa kamu harus melakukan presentasi? Sebab, para investor tidak sembarangan mengeluarkan modal untuk membiayai bisnis yang tidak jelas.

Para investor ingin melihat bagaimana perkembangan bisnismu, seperti market, profit, hingga prospek di masa mendatang.

Selain itu, investor juga ingin mendapatkan keuntungan dari bisnismu di masa depan. Jadi, kamu harus pandai menarik hati para investor melalui presentasi yang diberikan

Dirangkum dari Entrepreneur, berikut ini adalah tips ampuh agar presentasimu berjalan lancer

Tips Agar Presentasi Bisnis Berjalan Lancar

Jangan Kaku

Mungkin ada beberapa investor yang sedikit bosan mendengarkan presentasi yang kamu suguhkan. Namun, kamu bisa menyajikan materi yang lebih menarik.

Sebenarnya, presentasi bisnis tidak harus dilakukan secara formal atau kaku. Melalui cerita, para investor akan lebih tertarik untuk mendengarkannya.

Kamu bisa menceritakan bisnismu secara kreatif dan menarik. Jangan lupa juga untuk menyertakan data yang valid.

Perhatikan Waktu Presentasi

Durasi waktu menjadi poin paling penting saat melakukan presentasi bisnis. Jika kamu berbicara hingga berjam-jam, maka investor akan merasa bosan.

Semakin cepat menyelesaikan presentasi, maka akan semakin baik. Kamu bisa melakukannya sekitar 10 menit. Selain itu, kamu juga harus menjelaskan seluruh data secara detail dan jelas.

Jika kamu menggunakan Microsoft Power Point, maka pastikan jangan terlalu lama fokus pada satu slide saja. Maksimal waktu dari setiap slide adalah 2-3 menit.

Menjelaskan Profil Perusahaan dengan Jelas

Kamu juga harus mampu menjelaskan seluruh bisnis tanpa menghabiskan banyak waktu. Hal pertama yang harus diutarakan adalah profil perusahaanmu.

Kamu bisa menjelaskan perusahaanmu bergerak di bidang apa dan seperti apa model bisnis tersebut. Jangan lupa juga untuk menjelaskan produk atau jasa yang dijual.

Sebagai tambahan, kamu dapat memberikan sedikit penjelasan mengenai keunikan dari produk dan apa yang membuatnya berbeda dari produk lain di pasaran.

Fokus dengan Pembahasan

Saat melakukan presentasi, kamu harus tetap fokus dengan apa yang ingin disampaikan kepada investor. Sebab, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mendengarkan penjelasanmu.

Mengenakan Pakaian yang Rapi

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penampilan juga menjadi salah satu poin penting dalam presentasi bisnis. Mengenakan pakaian yang rapi dapat menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang profesional.

Menyiapkan Jawaban Pertanyaan

Salah satu hal yang membuat para investor tertarik adalah mereka akan memberikan pertanyaan ketika presentasi bisnismu selesai.

Supaya tidak gugup saat menjawab pertanyaan investor, kamu bisa melatih diri sehari sebelum presentasi.

Kamu bisa melihat kembali seluruh materi presentasinya, kemudian jabarkan poin-poin yang detail. Umumnya, para investor akan menanyakan hal tersebut. Dengan begitu, kamu hanya perlu mencari jawabannya.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Presentasi Bisnis

Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat presentasi bisnis, yaitu penyaji presentasi, bahan materi, alat, hingga lokasi. Berikut ini adalah penjelasannya:

Penyaji Presentasi

Sebaga penyaji, kamu harus memiliki rasa percaya diri yang kuat. Sebab, masih banyak orang yang tidak percaya diri saat melakukan presentasi.

Agar dapat mengatasi hal tersebut, kamu bisa menunjukkan gestur yang sewajarnya, bernapas secara teratur, mengatur tempo suara, hingga minum air mineral.

Bahan Materi

Sebelum melakukan presentasi, kamu juga harus menyiapkan bahan materinya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan jenis huruf yang sederhana dan mudah dimengerti oleh investor.

Alat

Alat utama untuk melakukan presentasi adalah papan tulis dan proyektor. Proyektor sendiri berguna untuk menampilkan materi yang sudah disiapkan, seperti teks, slide, hingga video.

Sementara papan tulis berguna untuk menambah informasi lain yang belum kamu siapkan. Nantinya, informasi tersebut bisa dituliskan di papan tulis.

Lokasi atau Tempat

Lokasi atau tempat juga menjadi poin paling penting saat melakukan presentasi bisnis. Kamu juga harus memperhatikan tempat duduk dan suasana ruangannya.

Jika kamu ingin menyesuaikan diri dengan ruangan tersebut, sebaiknya memahami kondisi dan datang lebih awal ke tempat presentasi bisnismu.

Cara Membuat Presentasi Bisnis Melalui Power Point

Bagi kamu yang ingin membuat presentasi bisnis di Power Point, dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Latar Belakang Warna Gelap

Hal ini dilakukan agar para investor merasa nyaman saat membaca slide kamu. Sebab, warna terang akan mempengaruhi mata jika dilihat dalam waktu yang lama. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan latar belakang warna gelap.

Menggunakan Gambar atau Grafik

Selain membuat tampilan slide menarik, kamu juga bisa menggunakan gambar atau grafik. Seluruh gambar slide kamu bisa ditambahkan dengan ilustrasi, grafik, dan lainnya.

Tampilkan Logo Bisnis

Selain itu, kamu juga bisa menampilkan logo bisnis di setiap slide. Hal ini bertujuan agar para investor memahami bisnis yang kamu jalani.

Jika kamu memiliki akun media sosial atau website, bisa menampilkan alamat akunmu di slide.

Gunakan Bullet Point

Jika kamu ingin menyampaikan beberapa poin penting, maka bisa menggunakan bullet point atau penomoran. Hal ini akan memudahkan para investor untuk memahami slide yang ditampilkan.

Slide Mudah Dibaca

Saat kamu ingin menambahkan isi slide, sebaiknya pertimbangkan apakah penjelasannya mudah dibaca ketika slide dicetak.

Itulah tadi penjelasan mengenai tips ampuh agar presentasi bisnismu berjalan dengan lancer dari redaksi Ajaib. Tanpa adanya persiapan, presentasi bisnismu tidak akan berjalan baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait