Presentasi Prezi: Buat Presentasi Lebih Menarik dan Menonjol

presentasi prezi
presentasi prezi

Banyak yang belum tahu tentang kehadiran presentasi Prezi. Padahal, presentasi Prezi bisa memperindah bentuk presentasi kamu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib mengenai presentasi Prezi berikut ini.

Prezi merupakan piranti lunak sebagai media presentasi berbasis internet di bawah bendera Prezi Inc. Piranti lunak yang berdiri pada 2009 di Budapest, Hungaria, ini memiliki kelebihan, yaitu Zooming User Interface (ZUI). Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memperbesar atau memperkecil tampilan presentasi.

Prezi memiliki tampilan presentasi berupa slide konvensional hingga format mind-map. Sehingga presentasi Prezi cocok buat kamu yang ingin menyisipkan konsep storytelling. Hal ini akan menarik perhatian audiens. Adapun kelebihan Prezi adalah:

  • Tampilan unik. Prezi memiliki desain presentasi cukup unik. Ia memiliki desain linier dan non-linier. Desain ini cocok digunakan untuk presentasi di depan teman-teman kuliah maupun kantor. Bahkan kamu bisa menyisipkan materi format PowerPoint di Prezi.
  • Gratis dan berbayar. Prezi dapat diakses pada semua perangkat komputer. Layanan Prezi tersedia gratis, namun ada pula berbayar mulai USD 59 per tahun.
  • Dinamis. Salah satu faktor Prezi difavoritkan pengguna adalah kemampuan tulisan dan gambar dinamis. Alhasil tampilan presentasi tidak membosankan.
  • Cocok untuk semua usia. Prezi didesain dengan mempertimbangkan pengguna segala usia. Desain ikon yang sederhana memastikan bahwa semua pengguna mampu menggunakan dengan mudah serta menyajikan presentasi unik nan menarik.
  • Penampilan itu penting. Dengan menggunakan Prezi, rekan-rekan kantor akan menilai kamu telah bekerja dengan baik. Kamu tidak asal-asalan membuat presentasi. Prezi memiliki banyak desain presentasi dan cocok digunakan oleh kalangan profesional. Bagaimanapun juga penampilan itu penting.
  • Dapat diakses di mana saja. Karena piranti lunak ini berbasis daring, jadi bisa diakses di manapun dan kapanpun, selama ada tersedia internet. Jika akses internet kantor mengalami kendala, atur presentasimu viewable luring (offline).

Hal-hal tentang presentasi Prezi sudah diulas. Kini saatnya, kita membahas agar presentasi terlihat menonjol di depan audiens.

Membuat Presentasi Pendek tetapi Mengena

Tidak repot membuat presentasi puluhan slide, kecuali jika diperlukan. Bikin presentasi pendek tetapi mengena. Tulis garis besarnya saja, sisipkan poin yang menggugah audiens untuk berpikir atau bertanya, dan jelaskan secara langsung. Jika presentasimu penuh dengan tulisan dan slide-nya panjang, hal tersebut bisa membuat audiens bosan.

Menulis Materi

Dalam menulis materi presentasi, pertama-tama tulis materi yang disampaikan. Kalau ada gambar, letakkan gambar sebelah kiri, lalu judul presentasi sebelah kanan. Kedua, gunakan pointer. Jika kamu menggunakan gambar atau data, tempatkan mereka di atas dan berikan penjelasan di bawahnya. Bisa pula menempatkan gambar di tengah, penjelasan ada di kiri dan kanan.

Ketiga, saat memilih gambar, terlebih jika gambarnya versi full, gunakan whitespace. Dengan demikian audiens akan fokus pada tulisan whitespace tersebut. Keempat, pastikan ada warna kontras antara teks dan background. Sehingga teks terbaca jelas. Kelima, jangan terlalu banyak memilih font teks. Karena jika salah memilih font, presentasimu terlihat acak-acakan.

Visual Menarik

Agar presentasi terlihat menonjol, pilih layout dan visual menarik. Di Prezi, kamu bisa memilih layout yang sesuai dengan materi. Misalnya pemilihan warna, gambar, grafik, video, atau meme. Tak ada salahnya untuk menambahkan hal-hal lucu, kok. Namun jangan sampai menyinggung orang lain.

Berceritalah

Seperti disinggung di atas. Kamu tak perlu membuat presentasi yang panjang. Bikin pendek dan jelaskan dengan bercerita atau melakukan konsep storytelling. Kenapa? Karena hampir semua orang suka dengan cerita. Bercerita dalam mempresentasikan sesuatu membuat audiens lebih tertarik mendengarkan apa yang kamu katakan dan melihat slide per slide.

Berceritalah yang sekiranya berhubungan dengan para audiens. Jika susah untuk bercerita, cobalah membuat perbandingan antara peristiwa tahun sebelumnya dan saat ini. Sehingga mereka lebih paham mengenai materi presentasi serta perubahan yang sedang terjadi.

Misalnya kamu presentasi tentang media sosial. Ceritakan bahwa cara masyarakat dalam mengonsumsi berita telah mengalami perubahan. Dulu mereka memperoleh berita dari koran atau radio, kini banyak pilihan, seperti situs berita daring, media sosial, sampai platform video berbagi. Bahkan karakteristik masyarakat dan media sosial yang digunakan juga berbeda-beda. Dari hal ini bukan tak mungkin presentasimu akan terngiang-ngiang di kepala mereka.

Suara Jelas

Salah satu faktor yang agar presentasi terlihat menonjol adalah suara. Ada baiknya atur suaramu agar lebih jelas dan tenang. Jangan terdengar kencang, tidak terlalu cepat, atau terdengar lesu tak percaya diri. Jika presentasi menggunakan mikrofon, suara sangat terdengar jelas.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Setelah suara, perhatikan pula body language atau bahasa tubuh. Paslanya, bahasa tubuh memainkan peranan penting dalam menyampaikan pesan ke audiens. Kamu bisa menggunakan tangan untuk menjelaskan sesuatu, berjalan ke kiri atau kanan (arah audiens), dan lakukan kontak mata ke audiens. Gerakan tubuh tersebut juga mengindikasikan bahwa kamu terbuka dan mengundang audiens untuk memperhatikanmu.

Latihan

Sebelum presentasi, latihan cara membawakan materi di depan teman. Berdiri sambil menampilkan materi presentasi. Lalu gunakan suara jelas dan santai, gunakan tangan, kontak mata, dan jangan lupa senyum.

Minta si teman untuk memberikan kritik serta masukan. Sehingga kamu bisa memperbaiki kekurangannya. Semakin sering kamu presentasi, kemampuanmu akan semakin terasah. Baik membuat materi presentasi dengan Prezi maupun cara menyampaikan materinya.

Apapun pekerjaanmu, presentasi bukalah beban. Membuat presentasi itu menyenangkan. Karena menguji kreativitas menggunakan Prezi sekaligus kemampuan public speaking.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait