Banking

5 Solusi Pinjam Uang Tanpa Jaminan, Manakah yang Kamu Pilih?

pinjam uang tanpa jaminan

Meminjam uang bukan perkara mudah. Pasalnya, pemberi pinjaman akan meminta agunan kepada peminjam. Di sisi lain, ada tempat pinjam uang tanpa jaminan meski bunganya cukup tinggi atau pinjam ke orang terdekat. Manakah yang kamu pilih?

Pinjaman dana tunai merupakan salah satu kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Jika tak tak ingin berutang atau pinjam, mengelola pendapatan dengan cermat harus dilakukan. Namun terkadang ada pengeluaran tak terduga, yang tak bisa ditunda, dan harus segera dipenuhi.

Tak masalah kalau gajimu cukup untuk pengeluaran tersebut. Kalau tidak? Mau tak mau, kamu harus pinjam uang. Paling mudah adalah pinjam ke orang terdekat. Bisa ke orang tua, saudara, atau sahabat. Karena bermodalkan kepercayaan, kamu bisa meminjam dan mengembalikan uang sesuai kesepakatan. Tak butuh jaminan dan tak perlu membayar bunga.

Sialnya, jika mereka tak bisa memberikan pinjaman, kamu harus mencari sumber dana lain. Saat ini, sangat mudah mencari pihak pemberi pinjaman. Bahkan tak sedikit yang memberikan utang tanpa jaminan. Hal ini meringankan kamu yang tak memiliki jaminan barang berharga, tetapi bunganya cukup tinggi. Apa saja tempat pinjam uang tanpa jaminan?

P2P lending

Peer to peer lending (p2p lending) merupakan pihak yang memberikan layanan keuangan dengan mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman melalui platform digital. P2p lending juga termasuk golongan financial technology atau fintech. Contoh p2p lending antara lain Amartha, KoinWorks, UangTeman, dan Investree.

Saat ini, p2p lending sangat diminati masyarakat. Pasalnya, layanan tersebut memiliki syarat yang mudah, yakni tidak membutuhkan jaminan, proses administrasi tak berbelit-belit (minimal membutuhkan KTP dan/atau slip gaji), dan pencairannya pun cepat. Layanan p2p lending juga cocok buat kamu yang membutuhkan modal usaha atau untuk membiayai kegiatan produktif.

Meski demikian, bunga p2p lending bisa lebih tinggi dibanding bunga kredit di bank konvensional. Bunga kredit bank rata-rata 15 persen – 25 persen per tahun. Sedangkan bunga pinjaman p2p lending kurang lebih 288 persen per tahun. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selaku lembaga yang melakukan pengawasan dan pengaturan, tidak mengatur ketentuan bunga p2p lending. Karena hal tersebut tergantung cost of fund perusahaan serta tenor pinjaman (mingguan, bulanan, atau tahunan).

Pinjaman Online

Manakah yang kamu pilih, p2p lending atau pinjaman online? Pinjaman online atau payday loan hampir sama dengan p2p lending. Hanya saja sumber dana pinjaman online berasal dari kantong perusahaan tersebut. Layanan ini bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, sebelum gajian datang.

Sama seperti p2p lending, pinjaman online juga diminati oleh masyarakat. Karena di sini tempat pinjam uang tanpa jaminan. Namun bunganya bisa lebih tinggi dari p2p lending. Persoalan lainnya adalah pihak perusahaan dapat mengakses daftar telepon nasabah dan cara penagihan yang kurang sopan, karena mereka bisa menghubungi orang-orang yang ada di daftar telepon.

Koperasi

Tempat pinjam uang tanpa jaminan lainnya adalah koperasi. Khususnya koperasi simpan pinjam (KSP). Nama koperasi tak asing lagi dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Karena koperasi mensejahterakan anggotanya dan mendukung kegiatan ekonomi di sekitarnya.

Dalam menjalankan kegiatannya, koperasi memberikan pinjaman kepada anggotanya. Namun jika kamu tertarik meminjam uang di koperasi, daftarkan diri sebagai anggota. Caranya pun mudah, cukup memenuhi persyaratan koperasi, seperti mengisi formulir dan menyerahkan fotokopi KTP, KK, slip gaji, dan lainnya.

Peminjaman uang di koperasi memiliki kelebihan, yaitu bunga yang cukup rendah, negoisasi mengenai jumlah uang yang dipinjam, dan tenor pinjaman berdasarkan perjanjian awal. Tetapi ada beberapa persyaratan yang mengharuskan anggota memiliki jaminan, jika ingin meminjam uang.

Bank

Bahkan bank konvensional pun memiliki produk kredit tanpa agunan (KTA). Cara pengajuan kredit cukup mudah, isi formulir dan menyerahkan dokumen yang diminta seperti fotokopi buku tabungan, KTP, NPWP, slip gaji, dan surat keterangan bekerja.

Untuk jumlah uang, bank memberikan plafon sekitar Rp100 – Rp200 juta. Proses pencairan lumayan cepat, tetapi bunganya sedikit lebih tinggi dibanding kredit dengan jaminan, ada biaya asuransi dan provisi.

Di mana tempat pinjam uang tanpa jaminan, pastikan bahwa perusahaan atau lembaga tersebut memiliki legalitas hukum. Perhatikan pula mengenai denda yang dikenakan pada keterlambatan bayar serta pelunasan lebih awal.

Segera Bayar Pinjaman, Lega kemudian

Pinjam uang itu mudah. Terlebih kini banyak telemarketing yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Siapa yang tak mau? Namun mengembalikan pinjaman merupakan hal tak mudah.

Jika kamu punya utang, sebaiknya segera bayar pinjaman, dan lega kemudian. Namun bagaimana menyiasatinya agar kebutuhan lain berjalan lancar.

  • Bikin prioritas pengeluaran. Prioritas pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, membayar pinjaman, dan menabung, jika ada sisa. Selain itu, rem dulu pengeluaran lainnya.
  • Jangan tambah beban utang. Selesaikan utang saat ini dan jangan menambahnya. Termasuk penggunaan kartu kredit. Ada baiknya, bekukan sementara kartu kredit. Hal ini akan membantumu agar tidak digunakan atau untuk berbelanja hal-hal yang tidak sebenarnya tidak dibutuhkan.
  • Negosiasi utang. Tak sedikit peminjam uang (debitur) yang melakukan negosiasi utang kepada pihak pemberi utang (kreditur). Kalau kamu melakukannya sendiri, kemungkinan besar ditolak oleh pihak pemberi pinjaman. Karena bagaimana pun, kamu harus melunasi utang.

Cara lain, kamu dapat menggunakan jasa negosiator utang. Tetapi yang harus kamu ingat adalah jasa tersebut hanya menawarkan perundingan tentang penataan kembali utang-utang klien. Jasa tersebut tidak bisa menghapus utang dan biayanya pun tidak murah.

Di sisi kreditur, mereka berhak menolak negosiasi tersebut. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang ketika akan bernegosiasi utang. Jangan sampai kamu sibuk negosiasi san sini sampai utang tak dibayarkan. Sedangkan waktu dan bunga terus berjalan. Sehingga makin banyak utangmu.

Oleh karena itu, perhitungkan dengan baik jika ada pengeluaran tak terduga. Jika solusi terakhir berada di tempat pinjam uang tanpa jaminan, sesuaikan jumlah dan kemampuan mengembalikannya. Jika utang sudah lunas, jangan lupa alokasikan gaji ke investasi. Cek berbagai informasi investasi hanya di Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Syamsu. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Semesta Asa Bersama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait