Dunia Kerja

8 Tips Sukses dalam Karir dan Kehidupan, Yuk Jalanin!

tips sukses

Kamu membutuhkan tips sukses? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membagikan tips sukses baik dalam karir atau kehidupan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini ya.

Dunia ini berisi orang-orang yang kompetitif. Fokus berkarir dan meningkatkan keterampilan merupakan hal penting saat ini. Tetapi apakah hal itu jaminan bahwa seseorang bakal sukses dalam karir dan kehidupan?

Setiap orang ingin sukses dalam segala hal. Sukses pekerjaan, pergaulan, pengalaman hidup, hingga percintaan. Ketika seseorang sukses dalam pekerjaan, karir akan meningkat, lalu diikuti oleh pendapatan. Pada akhirnya, hal itu akan digunakan untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan.

Namun sukses tidak dapat diraih dalam sekejap. Kamu yang ingin sukses perlu merintis sejak awal memasuki dunia kerja, baik yang bekerja sambil kuliah maupun first jobber. Buat kamu yang ingin menikmati kesuksesan, cek tips sukses berikut ini.

Memilih Pekerjaan dengan Tepat

Tips sukses yang pertama dan yang paling penting pertama adalah memilih pekerjaan dengan tepat. Pasalnya, hal ini akan membuat kamu menetapkan apa itu sukses, bagaimana meraihnya, apa yang harus diprioritaskan, serta pekerjaan seperti apa yang harus dipilih.

Tentu saja, kamu harus memilih pekerjaan yang membuatmu nyaman melakukannya. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan. Sehingga ketika melakukan pekerjaan tersebut, kinerjamu akan mengesankan. Bahkan lebih mengesankan dibanding rekan se-tim.

Belajar dari Kegagalan dan Keberhasilan

Belajar dari keberhasilan itu sudah pasti. Simpan formula itu untuk tantangan berikutnya. Namun jangan lupakan peran dari kegagalan. Jika kamu gagal, terima, bertanggung jawab, dan belajar dari hal tersebut.

Tanpa kamu sadari, kegagalan merupakan cara efektif untuk belajar dibanding kesuksesan. Bahkan tak sedikit, tokoh sukses di luar tak akan berada di panggung mereka saat ini, jika tidak belajar dan menerima kegagalan. Dan tak ada salahnya juga belajar dari feedback yang diberikan orang-orang terdekat.

Jangan Terjebak

Jika saat ini kamu merasa terjebak pada karir, kemungkinan itu hanyalah kondisi pikiran yang kalut. Banyak orang yang mengalami kesulitan tersebut. Namun perlu diingat, di manapun karir berada, kamu selalu memiliki kekuatan untuk mengubah pola pikir.

Terkadang perubahan membawa ketakutan atau kesulitan, tetapi bukan berarti kamu tidak akan menerima manfaatnya. Jangan pernah berhenti untuk memajukan dirimu dan karirmu. Dan jangan pernah merasa terjebak dalam menjalani karir.

Berpikir dan Bersikap Positif

Ketika kita memiliki sikap positif, hasilnya pun akan positif. Pernahkah kamu mengalami hal itu? Jika belum, coba selalu menerapkan berpikir dan bersikap positif terhadap segala aspek kehidupan. Karir termasuk di dalamnya.

Jika menghadapi masalah, berpikirlah untuk melihat sisi baiknya. Susah? Awalnya demikian, tetapi tetap berpikir dan bersikap positif. Perilaku tersebut dapat membuat karirmu bersinar ke depannya. Namun jika berpikir negatif dan pesimis, maka kamu kesulitan akan menaklukkan tantangan yang menghampirimu.

Menetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan. Biasanya, menetapkan tujuan ini seperti membuat resolusi pada tahun baru atau saat bertambah usia. Kamu pun bisa melakukannya. Tetapkan serangkaian tujuan yang sekiranya akan kamu lakukan sepanjang tahun ini dan usaha apa saja yang mendukung tujuan itu.

Misalnya tujuanmu ingin meningkatkan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan sekaligus berinvestasi untuk melipatgandakan kekayaan. Hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah mengikuti workshop yang memperkaya ilmu dan keterampilan, terdaftar sebagai peserta kursus daring, serta aktif dalam komunitas yang masih berhubungan.

Di sisi lain, kamu juga mengikuti kelas tentang investasi, mengulik informasi investasi dari sumber terpercaya, dan mengikuti grup chat investor. Dari sini, kamu bisa memantapkan diri untuk menanamkan modal di instrumen investasi. Misalnya investasi logam mulia, saham, obligasi, atau reksa dana.

Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuanmu. Jika tujuan investasi jangka panjang, pilih saham atau reksa dana saham. Jika ingin menambah uang down payment pembelian rumah atau melanjutkan kuliah, pilih saja reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, atau logam mulia. Lakukan review setelah enam bulan, apakah kamu perlu diversifikasi investasi atau tidak. Informasi soal investasi lebih lanjut akses Ajaib.

Ada pula investasi lainnya, yaitu memanfaatkan tempat tinggal. Kalau kamu atau orang tua punya rumah atau bangunan yang tak terpakai atau tidak dimaksimalkan, renovasi dan ubah sebagai kos-kosan atau penginapan dengan interior unik instagramable. Tentu renovasi akan memakan dana yang tak sedikit. Namun kalau kamu mampu, kenapa tak dilakukan?

Meningkatkan Diri

Jangan pernah puas terhadap satu prestasi yang telah diraih. Kamu terus meningkatkan diri, dalam segala hal. Di mana kelemahanmu, di situ harus ditingkatkan. Baik kelemahan pada sisi personal, keterampilan, maupun pekerjaan.

Dengan terus meningkatkan diri, kamu akan menjadi karyawan berpengetahuan luas, fleksibel, menjalani perubahan dengan baik, dan akan menghadapi kesuksesan.

Bekerja Keras

Karena sukses tak bisa diraih secara instan, seseorang sudah seharusnya bekerja keras. Bekerja keras dan fokus pada semua yang dikerjakan. Jika ada sesuatu yang tak dimengerti, kamu akan bertindak proaktif. Dampaknya adalah kesuksesan ada di depan matamu.

Memiliki Tidur Berkualitas

Tidur tak sekadar memejamkan mata. Memiliki tidur malam berkualitas merupakan cara efektif dalam menyegarkan tubuh dan pikiran. Hal itu berdampak baik pada kesehatan serta membuat seseorang lebih produktif. Alhasil pekerjaan yang ditangani sesuai ekspektasi, selesai tepat waktu, dan menjadi catatan keberhasilan karyawan. Selanjutnya tunggu reward dari pimpinan.

Setiap orang berkesempatan meraih sukses. Namun hal itu tergantung diri sendiri. Apakah kita mau merintis kerja keras sejak dini atau hanya menerima kesempatan yang ada saja?

Karena pada akhirnya diri sendirilah yang membentuk sukses, baik dalam karir maupun kehidupan. Kalau sukses sudah ada di tanganmu, jangan lupa untuk sedikit bersenang-senang merayakan keberhasilan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait