7 Soft Skill Ini Harus Dimiliki Agar Karirmu Meroket

soft skill
soft skill

Apapun profesi dan pekerjaan kamu, punya hard skill saja tidaklah cukup. Namun, dibutuhkan juga soft skill yang juga memberikan pengaruh dalam karirmu di kantor. Soft skill adalah keahlian khusus yang dimiliki setiap individu dan itu melekat dalam diri sendiri. Soft skill tidak akan kamu terima di bangku sekolah, namun kemampuan yang satu ini bisa dipelajari sehari-hari.

Soft skill ini umumnya mencakup kemampuan seperti berinteraksi dengan orang lain, pembawaan diri, ataupun bersosialisasi. Berbeda halnya dengan hard skill yang bisa dipelajari secara langsung, sedangkan soft skill sulit untuk dipelajari karena memang tidak tampak. Akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa meningkatkannya.

Keterampilan ini biasanya datang lewat pengalaman dalam kehidupan, mulai dari pendidikan, bekerja, serta kehidupan bermasyarakat. Soft skill ini memiliki peran yang sangat besar dalam kemajuan karir kamu, apapun profesi dan pekerjaannya.

Untuk itu, beberapa soft skill ini harus kamu miliki untuk bisa meningkatkan karir profesionalmu di masa yang akan datang.

Kecakapan dalam Berkomunikasi Secara Verbal

Bagi generasi milenial yang akan menyambut tantangan baru dalam pekerjaan, harus cakap dalam berkomunikasi secara verbal. Karena ucapan merupakan media untuk menyampaikan pesan yang efektif, bukan melalui chat atau sms. Kamu harus tahu bagaimana berkomunikasi kepada sesame karyawan, baik itu bawahan, atasan, serta rekan bisnis.

Masih ingat dengan berita viral di media sosial yang menolak gaji 8 juta kepada pihak HRD perusahaan hanya karena ia lulusan salah satu universitas terbaik di Jakarta? Jika belum-belum kamu sudah menyombongkan diri dan berbicara arogan, bagaimana perusahaan bisa menerimamu bekerja di tempat mereka!

Tekad dan Keinginan Mau Terus Belajar

Sejatinya dalam hidup ini kita harus terus belajar. Berapapun usiamu, belajar adalah modal kamu untuk bisa berkembang, baik karir maupun pribadi. Dengan memiliki tekad untuk terus belajar membuat otak kamu terus aktif dan menjadikannya kreatif, serta meningkatkan kepercayaan.

Tidak hanya itu, belajar juga akan menambah pengetahuan sehingga urusan bisnismu pun jadi lebih lancar.

Mampu Berpikir Kritis

Mengasah soft skill untuk bisa berpikir kritis memang sulit, tapi kamu bisa meningkatkannya dengan mencoba belajar untuk menganalisa setiap peristiwa atau informasi yang kamu baca.

Jika mampu untuk berpikir kritis, tentunya kamu tidak akan mudah dipengaruhi oleh omongan orang lain yang belum tentu kebenarannya. Dengan berpikir kritis, kamu bisa menemukan berbagai cara dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kedisplinan dan Ketepatan Waktu

Kedisiplinan dan ketepatan waktu jadi hal yang sangat penting untuk diterapkan jika karirmu ingin meningkat. Macet, telat bangun, atau alasan apapun tidak bisa dijadikan alibi untuk kamu terlambat datang ke kantor ataupun menyelesaikan project dari klien. Kecuali kamu sakit dan tidak bisa beranjak kemana-mana.

Jika kamu datang terlambat dan atasanmu melihat itu, maka kamu akan dinilai sebagai pribadi yang tidak disiplin. Hal itu pastinya bisa memperburuk citra perusahaan dan namamu sendiri.

Berusahalah untuk berangkat satu jam lebih awal sebelum jam masuk kantor. Soft skill yang satu ini mungkin terlihat sepele, tetapi jika kamu terbiasa untuk disiplin akan dapat mengubah hidup kamu.

Mampu Menyelesaikan Masalah

Berpikir kritis saja belum cukup untuk jadi solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Disini kamu perlu nalar dan logika dalam memandang suatu masalah untuk dapat menentukan cara yang terbaik.

Sebagai generasi milenial menyelesaikan suatu masalah perlu tindakan nyata, bukan malah menjadikannya untuk update status di media sosial. Jika setiap masalah di kantormu kamu jadikan status, maka kamu akan dipandang negatif oleh atasanmu. Untuk itu, asahlah kemampuan logika dan nalarmu agar kamu bisa dipercaya dan diandalkan.

Pendengar yang Baik

Hanya mendengarkan saja siapa pun bisa melakukannya. Tetapi untuk menjadi pendengar yang baik dan aktif tidak semua orang mampu. Maksudnya sebagai pendengar yang baik harus mengerti dan memahami seluruhnya apa yang disampaikan oleh pihak yang berbicara. Dan juga aktif untuk memberikan tanggapan ketika diminta memberikan pendapat.

Manajemen Waktu yang Baik

Banyak dari generasi milenial ini sibuk dalam urusannya masing-masing, entah itu pekerjaan maupun berbisnis. Di tengah kesibukan itu, kemampuan manajemen waktu wajib kamu miliki dan sangat diperlukan. Karena kamu harus tahu mana yang jadi prioritas untuk diselesaikan dengan segera.

Jika kamu memiliki kemampuan mengelola manajemen waktu dengan baik, maka proyek yang bisa diserahkan kepadamu bisa terselesaikan tepat pada waktunya.

Bisa Bekerja dalam Organisasi

Bekerja di lingkungan perkantoran, punya soft skill dalam berorganisasi sangat penting. Karena sudah pasti kamu tidak bekerja sendirian, namun bekerja sebagai tim yang saling berkoordinasi antara divisi yang satu dengan divisi lainnya. Maka dari itu, kerja sama yang baik diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berbagai macam soft skill di atas harus dimiliki untuk membantu meningkatkan karirmu. Namun, memiliki soft skill saja belum cukup jika kamu tidak bisa mengelola keuanganmu dengan baik. Supaya karir dan keuangan berjalan seimbang, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk diinvestasikan.

Tak perlu bingung memilih investasi apa, karena ada Ajaib yang bisa membantu memilihkan produk investasi terbaik. Ajaib bekerja sama dengan para ahli keuangan untuk menentukan pilihan produk investasi yang sesuai kebutuhanmu. Jadi coba saja dulu!

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait