Inspiratif! Inilah 5 Pengusaha Muda Sukses dari Indonesia

pengusaha muda sukses
pengusaha muda sukses

Siapapun punya kesempatan untuk menjadi pengusaha yang sukses di usia muda, namun tidak semua bisa mengalaminya. Butuh ketekunan, usaha, dan kerja keras karena untuk meraihnya tidaklah mudah, terutama di usia belia. Di Indonesia, banyak pengusaha muda sukses yang menginspirasi kita semua dari kerja kerasnya.

Tidak sedikit dari pengusaha muda sukses ini yang memulai bisnisnya dari usaha kecil-kecilan alias nol, bahkan tanpa modal sepeserpun. Dari kisah mereka mengajarkan bahwa untuk menuju kesuksesan tidak ada yang instan. Mereka pun sempat mengalami kegagalan dan bangkrut. Namun, kesabaran dan semangat pantang menyerah yang mengubah nasib mereka hingga menjadi sukses.

Nah, di sini kita akan sama-sama diulas secara singkat siapa saja pengusaha muda sukses di Indonesia yang berawal dari bisnis kecil-kecilan.

Ali Muharam

Ali Muharam merupakan pengusaha muda sukses yang bergelut di bidang makanan. Kalau kamu tidak asing dengan produk cemilan Makaroni Ngehe, Ali Muharam inilah pemiliknya.

Sebelumnya, pemuda tamatan SMA ini bekerja sebagai office boy di Bogor. Dirinya juga sempat bekerja di sebuah kantin bank yang ada di Jakarta dengan upah yang pas-pasan.

Namun, ternyata kata Ngehe yang disematkan pada produknya ini ternyata gambaran dari kisah hidup pria asal Tasikmalaya ini yang cukup keras untuk bisa mencari uang. Bermodalkan 20 juta yang ia pinjam dari temannya, Ali memutuskan untuk berjualan makanan menggunakan gerobak yang berlokasi di Kebon Jeruk.

Mulai dari masak, melayani konsumen, sampai menata barang dagangannya ia lakukan sendiri. Singkat cerita, selama delapan berjalan penjualan mengalami peningkatan. Lalu karena gaya hidup Ali yang sederhana, ia pun bisa memperbesar usahanya dari hasil menabung. Dari berjualan Makaroni Ngehe, Ali tak pernah menyangka sempat merasakan menerima omzet hingga Rp 3 miliar.

Nicholas Kurniawan

Nicholas Kurniawan lahir dari keluarga yang sangat sederhana, namun bukan berarti ia anak yang suka mengeluh. Berkat kerja kerasnya sedari masa sekolah membuatnya saat ini sukses menjadi entrepreneur sebagai Exportir ikan hias termuda di Indonesia, dan bisnisnya itu berawal dari Kaskus.

Kondisi ekonomi keluarganya yang pas-pasan dan selalu bermasalah membuat Nicholas muda bertekad untuk mengubah nasibnya. Berbagai bisnis pernah digelutinya tapi semuanya gagal. Bahkan ia sempat tinggal kelas saat kelas 2 SMA, sampai ia harus pindah dari sekolahnya. Perasaan terpukul dan terpuruk itulah yang dirasakan Nicholas.

Namun, dengan semangat dan mendekatkan diri kepada Tuhan, ia mulai membangun bisnis ikan hias. Disinilah awal dari kesuksesan yang diraihnya, bisnisnya berjalan lancar hingga bisa menembus ke negara-negara tetangga. Berkat kesuksesannya, ia pun bisa membiayai sendiri pendidikan kuliahnya dan mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satu satunya adalah 1st Winner of UGM National Business Case Competition.

Hamzah Izzulhaq

Pemuda yang lahir 26 April 1993 di Jakarta ini sudah punya jiwa bisnis ketika masih kecil. Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Hamasa Indonesia di perusahaan miliknya itu dulunya pernah mencoba berjualan kelereng, petasan, hingga koran. Saat di bangku SMA ia mulai berbisnis sebagai distributor buku dan mampu menghasilkan Rp 950 ribu selama enam bulan.

Sebelum mendirikan perusahaan, ia pernah mendirikan bisnis bimbingan belajar. Meski usahanya itu berkembang, namun Hamzah menemukan potensi lain yang lebih besar yaitu menjual sofa bed.

Sebagai pengusaha, ia juga pernah mengalami kegagalan. Akan tetapi, kegagalan itu jadi pelajaran berharga untuk meraih kesuksesan.

Dea Valencia

Pengusaha muda sukses lainnya yaitu Dea Valencia sudah memiliki minat untuk berbisnis dan menekuni bidang busana batik sejak berusia 17 tahun. Di balik itu, Dea punya tujuan untuk mengenalkan batik kepada kalangan anak-anak muda supaya mulai menyukai batik sebagai pilihan busananya.

Maklum saja, karena anak-anak muda sekarang masih menganggap batik sebagai pakaian untuk orang tua karena modelnya yang kaku. Untuk itulah Dea mencoba melihat potensi batik di tengah permasalahan yang terjadi dan memproduksi batiknya sendiri, yaitu batik kultur. Kini omzetnya pun sudah mencapai ratusan juta tiap bulan.

Valentina Meiliyana

Pengusaha muda sukses bernama Valentina Meiliyana ini mengawali suksesnya dengan berjualan online produk kecantikan dan tas di Kaskus. Namun, pada akhirnya justru ia sukses sebagai pedagang sepatu dengan omzet puluhan juta Rupiah setiap bulannya.

Valentine bahkan sempat merancang sepatu koleksi Eunika Joso di Jakarta Fashion Week pada 2011. Wanita cantik kelahiran 1995 ini juga pernah terpuruk sampai stress berat karena di usia 18 tahun, Valentina merugi hingga 100 juta Rupiah.

Misi Valentina yakni membuat sepatu yang nyaman untuk para wanita agar kaki tidak merasa lecet saat digunakan. Maka dari itu, pemilihan bahan berkualitas jadi prioritas utama Valentina.

Dari kelima kisah pengusaha muda sukses di atas membuktikan bahwa siapapun yang terus berusaha dan gigih akan mencapai hasilnya. Tak hanya itu, pandai dalam mencari peluang dan pengambilan keputusan adalah hal yang sangat penting.

Tak perlu menjadi pebisnis pun kamu bisa sukses seperti mereka, asalkan bisa memanfaatkan peluang yang ada. Salah satunya adalah berinvestasi reksa dana di Ajaib! Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk kamu dalam berinvestasi demi mendatangkan pundi-pundi Rupiah. Ajaib memungkinkan kamu menghemat 4% dari return yang dihasilkan lho! Jadi tunggu apa lagi, investasikan sekarang uangmu di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait