Milenial

Kisah Inspiratif Orang Sukses Menjadi Pengusaha

kisah inspiratif orang sukses

Kisah inspiratif orang sukses bisa memacu kamu menjadi pengusaha. Penasaran? Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib ini ya.

Hingga saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi pengusaha dibandingkan bekerja sebagai karyawan kantoran.

Memiliki bisnis sendiri memang cita-cita dari setiap orang. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, diperlukan usaha dan kerja keras.

Banyak kisah inspiratif orang sukses yang memulai bisnisnya dari nol dan melewati rintangan. Mereka yang berhasil meraih kesuksesan, bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin memulai sebuah bisnis.

Artikel kali ini akan membahas kisah inspiratif orang sukses. Bagi kamu yang ingin memulai sebuah bisnis, berikut ini adalah kisah inspiratif orang yang sukses menjadi pengusaha:

Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini merupakan seorang pengusaha yang terkenal dengan ketegasannya. Ia sendiri merintis bisnis di bidang perikanan, kemudian mendirikan maskapai penerbangan.

Saat memilih untuk berhenti sekolah (SMA), ia memulai usahanya sebagai penjual pakaian dan bed cover. Kemudian, ia melihat Kota Pangandaran sebagai penghasil ikan. Setelah itu, ia memanfaatkan peluang tersebut untuk beralih ke bisnis perikanan.

Dengan modal Rp750.000, Susi membeli ikan dan menjualnya ke beberapa restoran. Setelah sempat surut, akhirnya Susi berhasil menguasai bisnis pelelangan ikan di Pangandaran. Kemudian, ia merambah bisnisnya ke ekspor ikan dan lobster.

Uniknya, ia membeli sebuah pesawat dengan pinjaman dari bank. Hal itu dilakukan agar proses pengiriman ikan bisa berjalan dengan efektif. Dari situlah, Susi Air menjadi salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute pedalaman dan carter.

Reza Nurhilman

Reza Nurhilman merupakan pelopor dari suksesnya keripik Maicih. Ia memulai bisnis keripik singkong ini pada 2010 silam saat berusia 23 tahun. Untuk memulai bisnis ini, ia hanya mengeluarkan modal sekitar Rp15.000.000.

Awalnya, Reza mempromosikan keripik Maicih melalui Twitter. Kemudian, ia mengembangkan sayapnya dengan menerapkan sistem agen yang menggunakan istilah “Jenderal”, agar produknya dapat menarik konsumen yang lebih luas.

Melalui platform media sosial Twitter, Jenderal memberikan informasi di mana lokasi penjualan keripik Maicih setiap harinya. Setelah enam bulan menjual keripik Maicih, ia mendapatkan omset hingga Rp 7 miliar per bulan.

Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Putra pertama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini, memiliki bisnis yang bergerak di bidang catering dan wedding organizer, yaitu Chili Pari.

Berbeda dengan Jokowi, Gibran memilih untuk merintis usahanya sendiri tanpa campur tangan keluarganya. Gibran memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan modal.

Berkat usahanya tersebut, kini Chili Pari sudah banyak menangani pesanan dengan jumlah tamu hingga ribuan orang. Selain itu, Gibran juga memiliki bisnis lainnya bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

Sunny Kamengmau

Apakah kamu pernah mendengar tas tangan merek Robita? Merek tas yang populer di Jepang ini adalah buatan anak bangsa.

Pemilik dari merek Robita adalah Sunny Kamengmau, yaitu pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia mengawali bisnisnya ini dengan modal nekat.

Setelah meninggalkan NTT dan pergi ke Bali, Sunny bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel. Kemudian, ia diangkat sebagai satpam karena dianggap memiliki kinerja yang baik. Selama bekerja sebagai satpam, ia belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Gaji pertamanya pun disisihkan untuk membeli kamus bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Saat itu, ia bertemu dengan pengusaha asal Jepang yang memintanya untuk mengimpor tas kulit ke negaranya.

Kisah inspiratif orang sukses di atas dapat menjadi motivasi kamu untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah. Sebab, tidak ada yang tak mungkin di dunia ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait