Contoh Company Profile Perusahaan & Cara Membuatnya

Contoh Company Profile Perusahaan & Cara Membuatnya
Contoh Company Profile Perusahaan & Cara Membuatnya

Ketika kamu sedang mencari informasi dari suatu perusahaan, umumnya cara yang paling mudah untuk menemukannya, yaitu melalui halaman website perusahaan yang bersangkutan. Yang mana, kamu bisa mengecek seputar informasi terkait perusahaan tersebut seperti lini usaha, alamat kantor, pencapaian perusahaan, dan sebagainya. Tahukah kamu bahwa informasi seputar lini usaha, alamat kantor, dan lain sebagainya tersebut merupakan sebuah company profile dari suatu perusahaan.

Apa itu company profile?

Company profile atau profil perusahaan merupakan sebuah informasi atau deskripsi ringkas perihal aktivitas dari perusahaan tersebut, yang meliputi berbagai informasi yang valid terkait perusahaan. Biasanya, di dalam company profile menjelaskan mengenai gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah perusahaan.

Company profile bisa dibuat singkat satu halaman atau dengan banyak halaman dan berisi mengenai latar belakang perusahaan, jumlahnya pun tergantung data-data yang dimiliki perusahaan. Biasanya, company profile ini digunakan untuk mengajukan penawaran atau investasi kepada calon pembeli, investor maupun kerja sama dengan mitra strategis bisnis.

Company profile dibuat sebagai sumber referensi yang berisikan informasi tentang perusahaan

Company profile sangat penting bagi suatu perusahaan ketika kamu memutuskan untuk melakukan dan mengajukan investasi kepada pihak investor, ataupun menjalin kemitraan dengan pihak lain. Profil perusahaan menjadi suatu hal yang penting dan mencerminkan kualitas dan profesionalitas dari perusahaanmu di mata banyak orang, pembaca company profile dan orang yang melihatnya.

Oleh karena itu, saat ini banyak jasa agensi yang menawarkan jasa pembuatan desain company profile untuk sebuah perusahaan, mulai dari Rp400 ribu hingga jutaan Rupiah tergantung dari kebutuhan perusahaan berdasarkan desain dan lain sebagainya.

Tentu berat rasanya, bukan? Jika kamu harus mengeluarkan uang hingga jutaan Rupiah untuk membuat profil perusahaan. Apalagi, jika kamu memiliki anggaran perusahan yang masih minim, apakah kamu tidak berniat untuk membuat company profile perusahaan itu sendiri? Jika iya, Ajaib punya nih cara pembuatan & contoh company profile perusahaan yang baik perihal informasi apa saja yang perlu kamu cantumkan di profil perusahaanmu.

Cara Pembuatan & Contoh Company Profile untuk Perusahaanmu yang Baik

Cara membuat company profile yang baik kamu perlu mencantumkan informasi selengkap-lengkapnya, bukan hanya terbatas terhadap informasi seperti alamat kantor, nomor telepon, dan informasi penting lainnya.

Contoh company profile perusahaan yang Ajaib sarankan adalah mencantumkan informasi yang diantaranya:

a. Nama legal perusahaanmu sesuai surat pendirian perusahaan yang sah

b. Kapan berdirinya perusahaanmu

c. Alamat kantor yang valid

d. Nomor telepon yang bisa dihubungi

e. Visi dan misi perusahaan

f. Alamat website resmi perusahaanmu

g. Akun resmi sosial media perusahaan yang bisa diketahui

h. produk perusahaan yang dipasarkan dan dijual

Poin-poin di atas merupakan informasi secara umum mengenai perusahaanmu yang harus dicantumkan di company profile perusahaan. Selain itu, kamu juga menambahkan beberapa informasi terkait sejarah perusahaan, visi dan misi, prestasi yang sudah didapatkan, siapa saja yang pernah menjadi klien kamu, hingga testimoni yang diberikan oleh klien kamu tersebut.

Kepada Siapa Company Profile Ditujukan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat ingin membuat company profile adalah untuk siapa dokumen tersebut dibuat? Karena berbeda audience atau pembaca compro tersebut, maka informasi yang harus dicantumkan dalam profil usaha juga berbeda.

Misalnya, ketika profil perusahaan yang ditujukan kepada calon konsumen atau pelanggan tetap pasti berbeda dengan yang ditujukan kepada investor serta pemegang saham. Di mana, compro yang berhubungan dengan investasi tentu membutuhkan informasi legal standing yang lebih detail, seperti bukti kepemilikan merek dagang, kode klasifikasi usaha (KBLI), dan sejenisnya. Oleh karena itu, kamu perlu mendefinisikan dulu dengan jelas siapa yang akan membaca compro tersebut.

Hal ini akan membuat company profile-mu semakin terlihat profesional layaknya perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan dan dikenal publik secara luas.

Jika kamu ingin membuka company profile untuk perusahaan rintisan yang bergerak di bidang fintech, salah satu contoh company profile perusahaan bisa kamu lihat di link berikut ini. Sedangkan contoh company profile lainnya yang bisa kamu jadikan referensi lainnya, yaitu bank swasta terbesar di Indonesia, yaitu BCA.

Demikianlah informasi cara membuat company profile beserta contohnya yang bisa kamu coba buat dengan tanganmu sendiri. Dimana semakin banyaknya informasi yang kamu cantumkan dalam company profile-mu akan semakin membuat publik tahu keberadaan dari perusahaan kamu tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Smith, K.K. & Berg, D.N. (1987), Paradoxes of Group Life: Understanding Conflict, Paralysis, and Movement in Group Dynamics, San Francisco, CA: Jossey-Bass.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait