Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula

modal-usaha
modal-usaha

Modal usaha seringkali menjadi faktor penghambat seseorang untuk memulai bisnis. Tanpa adanya modal, rencana untuk membangun usaha akan sulit tercapai.

Besar atau tidaknya modal tergantung dari jenis bisnis yang akan dibangun. Jika ingin membuka toko kelontong, kamu harus menyiapkan modal yang lebih besar dari pada membuka usaha jual-beli pulsa.

Sebenarnya, mencari atau mendapatkan dana untuk bisnis tidaklah sulit. Saat ini, sudah banyak cara untuk mendapatkan dana dengan mudah.

Kalau kamu ingin membangun sebuah usaha, berikut ini adalah cara-cara untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah :

Menggunakan Tabungan

Bagi kamu yang ingin membuka sebuah usaha, bisa menggunakan uang tabungan.

Caranya, kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari gaji yang didapatkan. Jika dananya sudah terkumpul, kamu hanya tinggal memulai usaha tersebut.

Kelemahan dari cara ini adalah kamu harus menunggu lama sampai uangnya cukup untuk membuka usaha yang kamu inginkan. Sementara untuk keuntungannya, kamu tidak memiliki beban atau tanggungan ke pihak lain.

Menjual atau Menggadaikan Aset Pribadi

Untuk membangun sebuah usaha, kamu diharuskan untuk bekerja keras. Tidak heran, jika kamu harus mengorbankan segalanya.

Cara lain untuk mendapatkan dana ini adalah menjual barang atau aset berhargamu. Selain itu, kamu juga bisa menggadaikannya.

Barang atau aset berharga bisa berupa perhiasan, alat elektronik, kendaraan, properti, dan lainnya. Karena menggunakan cara ini, maka kamu harus menggunakan uang tersebut seefesien mungkin.

Mengikuti Pelatihan atau Workshop

Kamu bisa mendapatkan modal usaha yang disalurkan melalui lembaga pemberdayaan ekonomi. Lembaga-lembaga tersebut sering mengadakan pelatihan atau workshop.

Setelah pelatihan, mereka akan memberikan informasi mengenai akses modal usaha. Beberapa lembaga yang sering mengadakan pelatihan adalah organisasi buruh PBB ILO dan lembaga penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Mengajak Rekan Bisnis

Jika kamu kekurangan modal usaha, bisa mengajak temanmu untuk ikut bergabung. Temanmu bisa menjadi rekan bisnis yang saling menguntungkan.

Carilah teman yang memiliki selera dan minat yang sama. Hal itu dilakukan agar kamu bisa menjalankan usaha bersama teman dengan visi misi yang sejalan.

Selain itu, tawarkan keuntungan yang menjanjikan. Misalnya, mengajak temanmu untuk ikut dan terjun langsung dalam menjalankan usaha dengan sistem bagi hasil.

Mendapatkan Modal dari Konsumen

Ada beberapa usaha sampingan yang tidak memerlukan modal usaha yang besar, seperti jasa katering dan jasa pembuatan kue.

Jika kamu sedang menjalani bisnis tersebut, bisa menggunakan pembayaran dari konsumen sebagai modal. Kamu bisa membuat sistem bayar di awal untuk setiap pesanan.

Dengan sistem pembayaran ini, kamu bisa menjadikannya sebagai modal untuk membuat pesanan konsumen.

Kamu bisa meminta pembayaran full di awal, atau pembayaran setengah dan dilunasi ketika pemesanan selesai dilakukan. Dengan cara ini, keuntunganmu bisa terus diputar untuk menjadi modal usaha.

Franchise

Sistem franchise yang dimaksud adalah kerja sama antara pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungannya pun berdasarkan perjanjian yang sudah disepakati.

Nantinya, pemilik usaha tinggal menyediakan seluruh fasilitas dan modal yang akan dijalankan oleh pelaku usaha.

Sistem ini sebenarnya tidak memerlukan modal yang banyak bagi pelaku usaha. Namun, kamu harus memilih merek franchise yang sudah dikenal banyak orang, sehingga keuntungannya akan lebih besar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait