Memahami Analisis SWOT dan Kapan Bisnismu Membutuhkannya

analisis swot
analisis swot

Analisis SWOT adalah salah satu metode perencanaan dalam bisnis untuk menilai suatu proyek atau spekulasi dalam usaha yang sedang kita jalankan. Metode yang pertama kali diterapkan dalam riset Universitas Stanford ini membantu enterpreneur memahami lebih jauh bisnisnya secara sistematis dan menghasikan strategi berikutnya.

Metode Analisis SWOT

Istilah ini diambil dari akronim kata Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT).

S: Strength alias Kekuatan Internal

Berarti keunggulan yang dimiliki internal perusahaan tersebut dalam proyek yang akan dijalani. Beberapa hal yang sering dijadikan unsur strength adalah sumber daya keuangan, aset, harga yang lebih murah, talenta karyawan, atau kemampuan marketing.

W: Weakness alias Kelemahan Internal

Kelemahan perusahaan yang diketahui bisa jad penghambat jalannya usaha. Biasanya kelemahan ini seperti modal terbatas, minim kerja sama dengan perusahaan lain atau karyawan yang kurang terlatih.

O: Opportunities alias Peluang dari Segi Eksternal

Peluang juga menjadi salah satu unsur penting dalam metode ini. Unsur peluang dari pihak luar biasanya berupa pertumbuhan pasar yang terus meningkat, potensi pemasaran luar negeri dan adanya teknologi yang memudahkan.

T: Threats alias Ancaman dari Sisi Eksternal

Ancaman menjadi indikator dalam metode ini khususnya dari pihak luar. Potensi ancaman yang sering ditemukan dalam analisis SWOT antara lain adanya kompetitor asing, perubahan kebutuhan dan selera konsumen serta perubahan demografi.

Plus Minus Analisis SWOT

Kelebihan metode ini adalah bisa memberikan gambaran utuh kemampuan perusahaan dengan menghubungkan faktor internal dan eksternal. Berbagai faktor yang dialami perusahaan kemudian dikombinasikan menjadi matrik untuk kemudian bisa dibaca dan dipahami. Dengan demikian, pengusaha bisa mencari ide strategi baru yang sesuai kelebihan dan kekurangan perusahaan yang telah terpetakan itu.

Kelebihan metode ini adalah menyediakan data yang cukup terperinci mengenai sumber daya di suatu usaha. Hanya saja, analisis SWOT memiliki kelemahan karena hanya menghasilan daftar belaka tanpa prioritas penyelesaian masalah yang jelas. Banyak pula yang menganggap jika metode SWOT hanya mengajak pengusaha sekedar membuat daftar tanpa memahami benar apa yang paling penting untuk dilakukan.

Waktu yang Tepat untuk Analisis SWOT

Enterpreneur handal pasti paham jelas jika analisis harus terus dilakukan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Metode SWOT dianggap cukup efektif untuk dilakukan secara reguler. Namun ada waktu-waktu tertentu metode ini paling manjur diaplikasi melansir dari www.businessnewsdaily.com.

Sebelum Memberi Keputusan

Metode ini cocok dipakai jika mengambil keputusan penting dan berpengaruh dalam bisnis yang sedang dijalankan. Beberapa diantaranya seperti menjajaki inisiatif baru, memperbaiki kebijakan internal, mempertimbangkan peluang untuk mengulang atau bahkan mengubah rencana bisnis di tengah jalan.

Menguji Progress Bisnis

Analisis SWOT juga bisa digunakan jika ingin menguji kemajuan bisnis yang kamu kelola. Salah satunya untuk mempetimbangkan langkah bisnis dalam waktu mendatang. Metode ini bisa menunjukkan sektor yang bekerja optimal dan mana yang perlu perbaikan.

Memperbaiki Visi Bisnis

Pebisnis juga bisa menggunakan metode ini untuk mendapatkan gambaran utuh usahanya. Hasilnya akan membantu untuk mengembangkan atau mengeleminasi kelemahan yang ada dan memaksimalkan poin kekuatan yang telah dimiliki selama ini.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait