Apakah Sebenarnya analisis Itu? Analisis adalah proses pembedahan suatu topik atau zat yang rumit ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil, demi meraih pemahaman yang lebih baik tentangnya. Teknik berpikir ini telah diaplikasikan dalam studi matematika dan logika sejak sebelum era Aristotle (384-322 B.C.), meskipun sebagai sebuah konsep, ia relatif masih baru dikembangkan.
Aspek Penting Dalam Proses Analisis
Aspek-aspek penting dalam sebuah proses analisis sebenarnya tergantung pada jenis analisis itu sendiri. Aspek-aspek analisis tentang kelayakan lingkungan akan berbeda dengan aspek-aspek analisis kelayakan industri, misalnya. Yang pasti, aspek-aspek itu merupakan faktor-faktor kunci di dalam fenomena yang sedang dianalisis. Cara paling efektif untuk menyusun faktu-faktor kunci itu adalah pengamatan (observasi) empirik dan aktual.
Alasan Analisis Diperlukan Dalam Dunia Bisnis
Dunia bisnis adalah dunia yang sarat dengan usaha atau upaya yang terukur, yang akan menemui kesuksesan maupun kegagalan pada periode waktu yang telah ditentukan. Setiap kesuksesan ataupun kegagalan mempunyai kesempatan untuk bisa melahirkan pembelajaran dan teori. Demi bisa merumuskan pembelajaran itu ke dalam teori dan rumus yang valid, maka perlu dilakukan analisis – pembedahan sebuah fenomena rumit menjadi kesimpulan-kesimpulan yang lebih sederhana dan inti. Teori atau rumus hasil analisa bisnis berguna untuk mencegah kegagalan, serta mengulang (bahkan menambah) kesuksesan yang sama di masa depan.
Siapa yang Berhak Menjadi Seorang Analis Bisnis?
Pada dasarnya tiap pebisnis akan otomatis sepenuhnya berhak dan giat menganalisa tiap fenomena bisnisnya, siang dan malam. Bagi para pebisnis serius, bisnis bagaikan anak mereka. Tiap kejanggalan yang menggembirakan maupun yang tidak, pasti memancing rasa penasaran mereka untuk bisa mengungkap penyebabnya. Hingga mereka akan terus giat menganalisa hal-hal seputar bisnisnya, siang dan malam. Namun begitu, kedekatan ikatan antara pebisnis dengan bisnisnya, seringkali membuat analisis mereka sedikit biased, condong sebelah, hingga tidak dapat sepenuhnya menganalisa masalah secara jernih dan obyektif, apalagi merumuskannya menjadi kesimpulan yang akurat.
Maka diperlukanlah pihak yang lebih netral untuk melakukan analisis. Pihak ini bisa hadir dalam bentuk analis bisnis independen ataupun sebuah badan analisis profesional. Dengan begitu, hasil analisis akan menjadi lebih valid, efektif dan kaya-solusi bagi si pebisnis. Analisis bisnis yang strategis bisa dibuat oleh siapapun yang memiliki pengamatan cermat, ingatan tajam dan minat yang kuat terhadap dunia ekonomi dan bisnis.
Kiat Mengenali Analisis Bisnis Yang Bisa Dipercaya
Mencari dan mengenali sebuah analisis bisnis yang layak dipercaya, bukanlah tugas yang mudah. Nama besar institusi analis profesional bisa dijadikan pegangan, begitu juga contoh-contoh studi kasusnya yang faktual dan aktual. Bisnis bukanlah hal yang bisa dikelola hanya berdasarkan opini. Sebuah analisis yang dibangun melalui proses pembedahan fakta-fakta empiris, dan disusun menggunakan metode-metode saintifik yang teruji akan melahirkan kesimpulan bisnis yang valid.
Ingatlah selalu bahwa bisnis adalah hal yang bersifat organik, artinya: terus berevolusi dan berubah menyesuaikan diri dengan era-nya. Jadi, tidak ada satu rumus atau teori atau analisis bisnis pun yang kekal sepanjang masa. Tapi, tiap analisis bisnis yang valid di masa lalu, bisa dijadikan inspirasi dalam mengembangkan kinerja bisnis di masa sekarang, begitu pun yang di masa sekarang akan menginspirasi yang di masa depan.
Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.