Kumpulan Judul Skripsi Ekonomi Syariah, Bisa Jadi Inspirasi!

Kumpulan Judul Skripsi Ekonomi Syariah, Bisa Jadi Rekomendasi!
Kumpulan Judul Skripsi Ekonomi Syariah, Bisa Jadi Rekomendasi!

Menyusun skripsi menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para mahasiswa. Terlebih lagi bagi mahasisw ekonomi syariah yang notabene datanya masih sangat terbatas dan belum banyak yang bisa dijadikan kajian. Mencari judul skripsi ekonomi syariah terasa sangat menantang apalagi untuk dijadikan studi tugas akhir.

Umumnya, skripsi mahasiswa jurusan ekonomi berkisar soal studi kasus pada bank tertentu, analisis hubungan antara pendapatan pedagang dan kepuasan pelanggan, analisis perbedaan antara pengaruh modal dan strategi promosi atau pengaruh kinerja keuangan perusahaan pada permodalan. Hanya saja, tema-tema tersebut tidak selalu bisa diangkat dalam menjadi judul skripsi ekonomi syariah.

Pasalnya, memang belum banyak perusahaan berbasis syariah yang bisa dijadikan objek penelitian meskipun tren keuangan syariah kini semakin tinggi. Biasanya yang bersedia memberikan data berupa laporan keuangan yang terbuka baru sebatas perusahaan besar misalknya ketika melakukan studi kasus pada PT Bank Syariah Mandiri.

Selain masalah kesulitan data, pengaruh jumlah penduduk yang menjadi pengguna produk keuangan syariah juga masih sangat terbatas. Dengan demikian, sample yang bisa dijadikan data maupun narasumber untuk judul skripsi ekonomi tersebut juga terbatas. Tak heran banyak mahasiswa jurusan ini kesulitan ayau tersendat ketika menyusun tugas akhirnya.

Namun tentu saja ini seharusnya tidak menjadi hambatan untuk menyelesaikan pendidikan akhirmu. Bahkan tren perbankan syariah yang mulai menanjak 10 tahun belakangan merupakan peluang untuk lebih leluasa memiliki tema skripsi. Meskipun datanya juga sulit namun kamu tidak akan menemukan judul skripsi ekonomi yang serupa dengan idemu.

Orisinalitasnya terjamin karena memang belum banyak yang mengulas. Sementara di program studi lain, banyak terjadi suatu ide skripsi dianggap otentik namun setelah penelitiannya dijalankan kemudian diketahui bahwa tema tersebut sudah pernah dibahas. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami hal tersebut dan kemudian harus merancang ide penelitannya sedari awal lagi.

Bingung Cari Judul Skripsi Ekonomi Syariah? Berikut Contoh yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia semakin meningkat beberapa tahun belakangan. Bahkan kini hampir semua oarng ingin menyekolahkan anaknya hingga bangku perkuliahan. Harapannya, bekal pendidikan ini bisa menjadi penopan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Bukan rahasia lagi jika status sebagai sarjana akan memberikan peluang kerja dan penghasilan yang lebih besar dibandingkan SMA atau SMP. Masyrakat juga semakin jeli mencari program studi yang memberikan prospek karier menjanjikan di masa depan. Bukan hanya sekedar berkuliah namun juga memilih jurusan yang tepat guna.

Beberapa tahun lalu, jurusan ilmu komputer sempat booming karena diprediksi akan dibutuhkan banyak pihak dan industri. Prediksi ini tepat adanya terbukti saat ini hampir semua hal membutuhkan sentuhan teknologi. Kini jurusan ekonomi syariah atau ekonomi islam juga banyak mendapatkan atensi publik.

Minat masyarakat pada produk keuangan syariah dipercaya menjadi dasar naiknya popularitas jurusan ini. Hanya saja, kemudian banyak mahasiswanya yang kekurangan ide untuk mencari studi kasus yang bisa dijadikan judul skripsi ekonominya. Mungkin bahkan kamu salah satunya.

Ingin membuat judul skripsi ekonomi syariah tapi nggak ada ide? Jangan sampai program skripsi kamu tertunda ya. Kamu bisa mengambil contoh dari beberapa judul skripsi di bawah ini. Selain bermanfaat, kamu juga dapat mengembangkan studi kasusnya loh. Tertarik menemukan judul skripsi ekonomi syariah kamu? Cari tahu ide menariknya yuk!

  1. ANUGRAH, Agung and SYAICHU, Muhamad (2017) ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO, CURRENT RATIO, DAN PRICE TO BOOK VALUE TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam Jakarta Islamic Index Periode 2011-2015). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  2. UMBARA, Ramadhan Cahya and ADITYAWARMAN , Adityawarman (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perbankan Syariah Di Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara Tahun 2013-2015). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  3. AGZA, Yunita and DARWANTO , Darwanto (2016) ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUSYARAKAH, DAN BIAYA TRANSAKSI TERHADAP PROFITABILITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH PERIODE 2011-2016. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  4. LUTHFI, Faishol and PUJIYONO, Arif (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MENABUNG MAHASISWA SANTRI DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus : Pondok Pesantren Madinah Munawwarah, Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim, Pondok Pesantren Darul Falah). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  5. PRADIPTA, Giva and PUJIYONO, Arif (2016) STRATEGI PENDIRIAN BANK PERTANIAN SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN PEMBIAYAAN PERTANIAN DI PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN METODE ANALYTICAL NETWORKING PROCESS. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  6. RUSDIANSYAH, Ilham and MUDAKIR, Y Bagio (2016) ANALISIS PENGARUH TRANSMISI SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP TOTAL PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  7. PURWANTI, Anih and KURNIA, Akhmad Syakir (2016) ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI PADA INDUSTRI ASURANSI UMUM SYARIAH DAN KONVENSIONAL DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TWO-STAGE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  8. PRIYANTO, Ariski and FIRMANSYAH, Firmansyah (2016) ANALISIS INTERVENSI BANK INDONESIA TERHADAP KURS INDONESIA 2008.1 – 2015.12: PENDEKATAN ARIMA GARCH. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  9. ANNISA, Estika Intan and ADITYAWARMAN, Adityawarman (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RISIKO LIKUIDITAS DAN KINERJA PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  10. LESTARI, Hesty Yulinda Purna and MAGNADI , Rizal Hari (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGAMBIL PEMBIAYAAN PADA BMT AL HALIM TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  11. PUTRI, Wilda Rizkilia and SUSILOWATI, Indah (2016) ANALISIS WILLINGNESS TO PAY KONSUMEN TERHADAP DAGING AYAM RAS BERSERTIFIKAT HALAL (Studi Pada Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Nah, dari sebelas judul skripsi ekonomi syariah di atas, kamu bisa mengembangkan tema skripsi lainnya loh. Hal ini tentunya membantu kamu sukses mengejar skripsi di tahun ini. Semakin cepat kamu lulus kuliah maka akan semakin cepat pula kamu bisa bekerja dan meraih kemandirian keuangan.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah

Bidang ekonomi dan bisnis selalu menjadi jurusan favorit banyak orang ketika memilih jurusan di universitas. Namun kini ada opsi lainnya yakni jurusan ekonomi syariah dengan semakin tingginya tren keuangan syariah di Indonesia. Bahkan keuangan berbasis muamalah Islam ini juga berkembang pesat di negara-negara yang mayoritas bukan pemeluk agama Islam seperti Inggris.

Sistem keuangan syariah di Indonesia sendiri sekarang berada di peringkat empat dunia berdasarkan Islamic Finance Development Indicators (IFDI). Prestasi ini diraih karena perkembangan aset industri keuangan syariah di Indonesia terus naik secara signifikasi.

Dikutip dari Katadata, hingga tahun 2019, jumlah asetnya sebesar US$ 86 miliar. Ada tambahan sekitar lima persen dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan IFDI tahun 2019, aset industri keuangan Syariah Indonesia tumbuh sebesar 3% dari US$ 2,4 triliun pada 2017 menjadi US$ 2,5 triliun pada 2018. Meski begitu, pertumbuhan ini agak sedikit melambat dibandingkan periode sebelumnya.

Adapun lima indikator keuangan syariah suatu negara yang diukur IFDI yaitu pertumbuhan kuantitatif, pengetahuan, tata kelola, kesadaran, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Selain dari aset, indikator pengetahuan juga membuat Indonesia semakin melonjak peringkatnya. Pendidikan keuangan syariah dan penelitian keuangan syariah di Indonesia yang dianggap semakin baik menjadi salah satu daya dorong tambahan.

Fakta ini saja sudah menjadi jaminan bahwa ekonomi syariah potensial menyediakan lahan pekerjaan untuk anak muda yang lulus dari universitas. Namun kalau kamu masih ragu, berikut ada 3 profesi yang bisa ditekuni oleh sarjana ekonomi syariah antara lain:

  • Ahli Ekonomi Islam

Dengan tren yang meningkat, sebenarnya jumlah ahli ekonomi Islam di Indonesia belum sebanding. Padahal kebutuhannya tentu saja lebih tinggi dari beberapa tahun lalu.

Kamu bisa bekerja menjadi staf ahli di berbagai lembaga keuangan Islam mulai dari bank, pusat penelitian lembaga swadaya masyarakat, atau korporasi. Apalagi jika kamu pandai mencari studi yang belum banyak diminati orang seperti reksa dana syariah atau saham syariah.

  • Staf Keuangan Syariah

Profesi ini mirip dengan ahli ekonomi namun terikat pada satu organisasi dan lebih menerapkan pada praktiknya dibandingkan teori. Kamu bisa bekerja di bank syariah, lembaga keuangan syariah, BUMN, dan bahkan Kementeriaan Agama. Tingginya minat masyarakat pada produk keuangan syariah tentu saja membutuhkan bantuan dari staf yang kompeten pula.

  • Dosen Ekonomi Islam

Saat ini juga semakin banyak kampus yang membuka jurusan ekonomi syariah karena minat masyarakat akan ilmu ini semakin tinggi dan kebutuhan industri yang menguat. Tentu saja ini menciptakan kebutuhan akan dosen ekonomi islam semakin bertambah. Kamu yang saat ini sudah mengenyam program studi ini bisa menjadi staf pengajar dan mengajarkan ilmu ini kepada generasi yang lebih muda.

Selain menjadi topik yang tren, ekonomi syariah juga memberikan informasi terbaru loh di dunia keuangan. Yuk, coba bikin judul skripsi ekonomi syariah kamu dari sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait