Mengenal Peran Manajer Investasi dalam Mengelola Aset

peran manajer investasi
peran manajer investasi

Pastikan kamu mengenal peran manajer investasi. Karena, hal ini akan berpengaruh terhadap pengelolaan aset. Seperti apa selengkapnya? Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib ini.

Reksa dana tak bisa lepas dari peran manajer investasi. Mengapa? Ibarat tabungan, reksa dana adalah uang atau aset dan manajer investasi sebagai tempat menyimpan uang. Oleh karena itu, peran manajer investasi sangat penting dalam mengelola uang pada portofolio reksa dana.

Manajer investasi merupakan perusahaan yang mengelola portofolio efek, portofolio investasi kolektif, atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal. Sebelum mengoperasikan kegiatannya, perusahaan harus mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Pada umumnya, manajer investasi mengelola aset investor pada investasi reksa dana. Berdasarkan Pasal 1 Ayat 27 UU Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Dalam praktiknya, manajer investasi memilih instrumen investasi (saham, obligasi, deposito, dan lainnya) yang akan dibeli dan dijadikan sebuah portofolio. Satu portofolio terdiri dari lima instrumen investasi. Manajer investasi berhak menjual atau mengubah portofolio tersebut.

Peran Manajer Investasi

Pada umumnya, investor reksa dana tak memiliki waktu untuk mempelajari faktor risiko pasar dan produk investasi. Mereka menyerahkan asetnya untuk dikelola oleh manajer investasi.

Kecakapan manajer investasi berperan besar terhadap kinerja portofolio. Karena ia akan memilih produk dan mengelolanya. Ia juga harus memantau kinerja instrumen investasi setiap hari, mengetahui berapa lama mempertahankan instrumen, kapan harus menjualnya, jeli dalam hal penggantian instrumen lain, hingga mempertimbangkan diversifikasi aset.

Selain itu, manajer investasi wajib membuat laporan harian kepada investor. Laporan tersebut berisi perhitungan hasil atau nilai investasi. Sehingga investor dapat melihat serta membuat keputusan atas asetnya.

Berdasarkan laman Sikapi Uangmu OJK, manajer investasi melakukan kegiatan usaha, yaitu:

  • Manajer investasi mengelola portofolio efek nasabah tertentu berdasarkan perjanjian pengelolaan dana yang bersifat bilateral dan individual sesuai peraturan OJK.
  • Mengelola portofolio investasi kolektif untuk kepentingan sekelompok nasabah melalui wadah produk berdasarkan peraturan OJK.
  • Manajer investasi dapat melakukan kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan OJK.

Selain manajer investasi, reksa dana terbentuk juga karena bank kustodian. Di mana keduanya terikat akta kontrak kolektif yang dibuat oleh notaris. Bank kustodian berperan menyimpan dana milik investor, mengatur transaksi, dan menyelesaikan administrasi.

Adapun mekanisme pembelian reksa dana adalah investor memilih portofolio yang sesuai tujuan investasi dan memahami prospektusnya. Jika tertarik, investor mendaftar dan membuka rekening reksa dana, lalu melakukan pembelian, dan mentransfer sejumlah dana ke rekening portofolio (milik manajer investasi). Selanjutnya, manajer investasi akan mengirimkan statement tentang unit penyertaan yang dimiliki oleh investor.

Memilih Manajer Investasi Terpercaya

Di Indonesia, ada 99 manajer investasi yang terdaftar dalam laman OJK. Kehadiran manajer investasi di Tanah Air cukup panjang. Mengingat produk reksa dana pertama kali dikenalkan pada 1995. Setelah itu, reksa dana semakin diminati investor dan manajer investasi baik dari dalam maupun luar negeri pun bermunculan.

Kini investasi reksa dana semakin mudah dijangkau oleh anak muda. Pasalnya, reksa dana dipasarkan melalui laman marketplace dan aplikasi. Alhasil investor dengan mudah mengetahui portofolionya, membaca laporan tahunan, mengetahui imbal hasilnya, dan pembelian awal portofolio. Tetapi tak sedikit yang hanya fokus pada nilai imbal hasil. Padahal sebagai investor, kamu harus mengetahui latar belakang manajer investasi. Karena ia yang akan mengelola uangmu.

Oleh karena itu, pilih manajer investasi yang terpercaya. Cara memilihnya mudah, kok, dan kamu bisa melakukannya dengan bantuan internet.

Pastikan Terdaftar di OJK

Kamu bisa melihat daftarnya di laman OJK. Di sana terdapat informasi profil, pemegang saham, direksi, produk reksa dana, hingga modal perusahaan.

Memiliki Reputasi yang Baik

Cari informasi di media terpercaya dan laman OJK tentang perusahaan tersebut. Seperti apakah OJK sedang memberikan sanksi atau tidak, apakah pernah terlibat pelanggaran hukum atau tidak, berapa lama pengalaman mereka di ranah investasi, dan tanyakan pendapat orang terdekatmu yang pernah membeli reksa dana di manajer investasi.

Aplikasi Reksa Dana Terbaik

Telah disinggung di atas, sekarang telah tersedia aplikasi reksa dana. Ini adalah fasilitas yang mempermudah anak muda untuk menanamkan modalnya.

Jangan khawatir soal investasi bodong. Karena sebelum aplikasi reksa dana muncul, ia harus mendapatkan izin beroperasi dari OJK. Tentunya manajer investasi yang ada di dalam aplikasi sudah terdaftar di OJK dan perusahaan berpengalaman. Hal itu dapat kamu temukan di Ajaib.

Di aplikasi reksa dana, kamu bisa melihat beragam portofolio dari beberapa manajer investasi. Sembari memilih portofolio, kamu bisa melakukan registrasi yang hanya membutuhkan waktu cukup singkat. Sehingga ketika sudah menemukan produk yang tepat, kamu bisa langsung bertransaksi.

Pahami Profil Risiko

Selain manajer investasi terpercaya, pahami profil risiko diri kamu. Karena jika kamu Jika kamu ingin imbal hasil yang tinggi, risikonya juga sepadan. Begitu juga sebaliknya. Apapun investasinya, risiko itu selalu ada.

Kalau kamu tidak ingin risiko atau risiko paling rendah, pilih reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap yang memberikan imbal hasil stabil. Kamu yang ingin imbal hasil cukup tinggi dan risiko sedang, pilih reksa dana campuran atau pendapatan tetap. Buat kamu yang ingin imbal hasil tinggi dan tidak takut dengan risiko, pilih saja reksa dana saham. Reksa dana saham bisa memberikan imbal hasil besar atau sebaliknya.

Tetapi hal itu jangan menciutkan niatmu untuk berinvestasi reksa dana. Pahami dulu portofolio dan risikonya, lalu kenali manajer investasi yang terpercaya.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait