Beda Jabatan Analisis, Komite, dan Manajer Investasi

Beda Jabatan Analisis, Komite, dan Manajer Investasi
Beda Jabatan Analisis, Komite, dan Manajer Investasi

Investasi reksa dana paling direkomendasikan untuk pemula salah satunya karena keberadaan manajer investasi yang akan mengelola semunya. Dengan demikian, investor pemula tidak akan bingung karena masih minim pemahaman dan pengetahuan keuangan khususnya soal pasar modal.  Kinerja manajer investasi inilah yang kemudian menentukan jumlah keuntungan yang kita dapatkan sebagai investor. Namun sebenarnya manajer investasi tidak bekerja sendirian karena tim di baliknya. Tim tersebut terdiri dari jabatan analisis dan komite investasi. 

Ada baiknya kamu memahami bagaimana tiga posisi ini bekerja dan efeknya bagi investasi yang kamu lakukan. Ajaib menjabarkan peran dan fungsi setiap jabatan dengan sederhana agar gampang kamu pahami. 

Analisis

Jabatan analisis memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyiapkan data pendukung berupa perkembangan ekonomi dunia dan nasional, kinerja perusahaan, data saham, obligasi, dan lalin sebagainya. Para analis akan mengumpulkan data yang dijadikan patokan oleh manajer investasi menentukan sikap atas fluktuasi pasar. Ada 2 tipe analis yakni buy side analyst dan sell side analyst

Buy side bekerja untuk manajer investasi sehingga tujuannya menghasilkan reksa dana yang lebih baik dibandingkan pasar. Sedangkan sell side analyst bekerja untuk perusahaan sekuritas sehingga targetnya adalah menghasilkan biaya transaksi yang tinggi dengan meningkatkan aktivitas investor. Jika sering menonton berita yang menampilkan analis pasar keuangan biasanya itu adalah tipe sell side. 

Manajer investasi

Manajer investasi bekerja atas analisis yang dilakukan sebelumnya utuk melakukan transaksi baik itu memilih sektor hingga jual beli aktif demi meraih keuntungan. Pertimbangan lain juga biasanya didapatkan dari riset dan manajer perusahaan tempat tujuan investasi ditanamkan. 

Berbagai pertimbangan dan rapat yang dilakukan untuk menentukan transaksi tersebut kemudian harus didokumentasikan sebagai objek audit tahunan. Hal ini sesuai dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kinerjanya bisa dipertanggungjawabkan. 

Komite investasi

Komite investasi merupakan tim yang terdiri dari direksi, komisaris, dan para ahli yang kompeten. Tugasnya mengarahkan dan mengawasi pengelola investasi dalam penerapannya strategi dan kebijakan investasi.Tim ini secara berkalan juga akan bertemu dengan manajer investasi untuk membahasa pengelolaan reksa dana yang dilakukannya. 

Jabatan komite investasi seringkali berlaku berbeda di setiap perusahaan. Komite dalam beberapa perusahaan lebih pasif sedangkan yang lainnya lebih aktif berpartisipasi dalam kebijakan investasinya. Beberapa tindakan yang dilakukan komite investasi antara lain menetapkan saham dan obligasi perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. 

Ajaib selaku platform online pembelian investasi reksa dana ingin memastikan agar modal yang kamu tanamkan memberikan keuntungan maksimal. Untuk itulah kami bekerja sama dengan tim ahli terbaik dan berpengalaman di bidangnya. Ajaib saat ini bekerja sama dengan paling tidak 8 manajer investasi terbaik yang ada di Indonesia.

Semua dana investasi yang kamu tanamkan lewat Ajaib akan dikelola langsung oleh mereka lewat bank kustodian yang telah ditunjuk. Ada sejumlah paket yang bisa dipilih sesuai dengan profil resiko dan kemampuan keuangan yang kamu miliki. Tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib dan kembangkan uangmu lewat investasi reksa dana


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait