5 Bisnis Minim Modal dengan Penghasilan Berlimpah

bisnis-minim-modal

Ajaib.co.id. Bosan kerja kantoran dan mau memulai bisnis tapi tak punya modal? Mungkin masalah yang kamu alami sama seperti banyak anak muda lainnya. Keran permodalan terus digenjot pemerintah tapi nyatanya tetap saja sulit mendapatkan akses pembiayaan untuk usaha yang akan dirintis. Solusinya adalah dengan mengawali kiprah di dunia usaha dengan bisnis minim modal.

Kebanyaka kredit usaha yang ditawarkan mengharuskan adanya agunan yang masih belum banyak dimiliki. Jika pun ada yang tanpa agunan maka suku bunganya sangat tinggi dan berisiko. Sedangkan kredit usaha dengan bunga terjangkau biasanya mengharuskan usaha tersebut sudah berjalan selama sekian waktu dan menghasilkan profit.

Permasalahan utama dialami oleh kalangan yang membutuhkan modal pertama untuk memulai usaha. Darimana bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah dan bunga terjangkau. Sedangkan membuka usaha dengan modal yang kecil rasanya adalah hal mustahil. Ketakutan akan ketiadaan modal inilay yang membuat orang ragu menjalani usaha maupun memiliki bisnis sampingan.

Alih-alih untung dan menambah penghasilan, malah merugi dan kehilangan uang. Jika demikian kekhawatirannya maka sebaiknya memulai dengan ide bisnis minim modal. Ada banyak jenis usaha yang cocok dengan konsep tersebut. Misalnya saja bisnis jasa laundry yang hanya butuh mesin cuci dan sabun atau menjualkan produk tertentu dengan menjadi reseller.

Kamu tinggal menyesuaikan untuk memilih mana yang paling cocok untuk dijalani dan potensial untuk dimulai. Bisnis minim modal tentu saja memiliki skala dan keuntungannya yang masih terbatas hanya saja alternatif ini aman bagimu melatih diri sebagai pengusaha. Misalnya saja dengan menghadapi probleman sehari-hari standar seperti pasokan bahan baku atau jalur distribusi.

Jika sudah sukses dan terbukti handal serta punya modal yang cukup barulah kamu merambah ke bisnis yang lebih besar dan menguntungkan. Sedikit-sedikit maka lama-lama akan menjadi bukit kan.

Bisnis Minim Modal, Berisiko Rendah tapi Bisa Tetap Cuan

Untuk memulai sebuah bisnis, identik dengan memulainya dengan modal yang besar, bisa puluhan atau hingga ratusan juta. Anggapan tidak bisanya bisnis minim modal menjadi alasan banyak orang untuk menyerah dalam memulai bisnis.

Namun jangan salah. Dasar bisnis yang sukses bukan memulainya dengan modal yang besar. Meskipun kamu tidak memiliki modal yang banyak, di luar sana masih ada bisnis minim modal yang bisa dijalankan asal kamu pintar melihat peluang bisnis.

Salah satu yang kini banyak dilakukan adalah bisnis jasa menyediakan jasa desain grafis yang dipasarkan lewat media sosial atau online. Asalkan punya portofolio yang menarik untuk disimak maka dijamin peluang bisnis ini ramai diminati publik.

Lalu, peluang bisnis apa saja yang bisa dijadikan bisnis minim modal? Simak paparan berikut ini.

1. Konsultan

Kamu memiliki kemampuan atau pengalaman di bidang yang telah kamu geluti saat ini? Manfaatkan kemampuanmu untuk menjadi seorang konsultan dengan bidang yang spesifik. Jangan sia-siakan pengalamanmu ini, karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini dan bersedia membayar hingga puluhan juta rupiah.

Jika kamu menawarkan jasa konsultasimu dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, siapa yang tidak tertarik? Peluang bisnis ini termasuk bisnis minim modal karena sebenarnya kamu tidak mengeluarkan modal materi untuk ini, tetapi lebih kepada modal skill set yang kamu miliki.

Kamu bisa meningkatkan kapasitas diri dengan mengikuti berbagai seminat atau pelatihan bersertifikasi. Dengan adanya sertifikasi itu, konsumen akan lebih diyakinkan akan skill yang kamu miliki.

2. Les Privat/Umum

Berinteraksi dengan murid memang menyenangkan, dan mentransfer ilmu ke orang lain juga sangat bermanfaat bagi banyak orang. Perusahaan yang membuka layanan les menarik calon muridnya dengan biaya tidak sedikit, lebih baik kamu memanfaatkan hal ini untuk membuka layanan les-mu sendiri dan mengajarkan cara yang belum banyak orang tahu.

Kamu bisa menggunakan metode pengajaran kekinian yang lebih interaktif dan efektif bagi siswa. Dengan interaksi yang lebih asyik dan biaya yang lebih murah, kamu bisa mendapat peluang bisnis menjadi pengajar untuk siswa yang membutuhkan guru les.

Tambahkan pula layanan ekstra misalnya konsultasi orang tua secara instan atau tambahan jam les ketika menghadapi ujian. Saat ini banyak orang tua sibuk bekerja sehingga memilih bantuan tenaga pengajar untuk pendidikan anaknya.

3. Layanan Tour Guide

Jika kamu mengenali destinasi wisata kota-mu sendiri, pengetahuan ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang pemandu wisata dengan bayaran yang lumayan. Perusahaan tur biasanya menarik biaya yang tidak sedikit, dan kamu bisa memulainya sendiri dengan mempromosikan dirimu di internet dengan menawarkan harga yang jauh dari biaya konvesional yang ditarik oleh perusahaan besar.

Hanya dengan pengetahuanmu yang didapatkan dari hobi eksplorasi selama ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan. Kamu bisa juga membuat paket tematik untuk layanan guide-mu. Misalnya saja wisata kuliner kuno yang menghadirkan makanan antik dan unik atau wisata museum untuk target konsumen siswa atau mahasiswa. Carilah tema yang unik dan tidak ditawarkan oleh tour and travel agar konsumen tertarik.

4. Jasa Antar-kirim

Banyak orang yang masih membutuhkan jasa antar kirim yang murah dan cepat. Apalagi di kota-kota besar, kebutuhan untuk layanan yang lebih cepat sangat dibutuhkan. Dengan biaya yang lebih rendah, kamu bisa memulainya dengan menawarkan diri ke toko-toko yang masih butuh layanan antar-kirim.

Jangan malu untuk memulainya, karena keuntungan dari jasa ini sangat besar, apalagi jika kamu mendapatkan order yang banyak dalam sehari. Cara paling mudah, kamu bisa mendaftar sebagai driver online yang menyediakan layanan serupa.

Namun kamu juga bisa lho merintis jasa serupa secara mandiri. Misalnya layanan antar kirim hewa atau produk dengan jadwal yang lebih pasti. Karena dihandle sendiri maka kamu bisa memastikan layanan yang kamu lakukan prima. Selain itu, kamu hanya perlu modal berupa bahan bakar dan kendaraanmu sehari-hari.

5. Katering Acara Khusus

Dalam satu acara kecil, biasanya banyak orang membutuhkan makanan untuk dikonsumsi. Perusahaan-perusahaan katering menarik biaya yang tinggi untuk puluhan porsi makanan. Jadilah alternatif lain yang bisa diandalkan dalam hal ini, karena banyak orang membutuhkan katering yang murah dari biasanya.

Kamu bisa memilih makanan kekinian yang sedang digemari. Berilah paket yang menarik dengan varian jumlah sajian yang bisa disesuaikan. Semakin berbeda bisnismu dibandingkan jasa katering konvensional maka kamu bisa meraih lebih banyak pembeli.

Dengan ragam bisnis minim modal ini, jangan ragu lagu ini untuk menjemput peluang bisnis yang ada di depan matamu. Belum punya modal yang cukup belum punya alasan untuk tidak memulai niatmu berbisnis.

Jangan tunda lagi karena dunia tidak akan menunggu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait