Bisnis & Kerja Sampingan

Jenis Usaha Perseorangan yang Bisa Dijalankan di Rumah

Jenis Usaha Perseorangan yang Bisa Dijalankan di Rumah

Jenis usaha perseorangan adalah badan usaha atau perusahaan yang dimiliki oleh individu atau pengusaha perorangan. Usaha perseorangan hadir dalam skala kecil maupun besar, dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Meskipun dimiliki individu, permodalan tetap dapat diperoleh dari berbagai pihak.

Jenis usaha rumahan juga bisa termasuk dalam usaha perseorangan. Umumnya usaha ini dilakukan di rumah karena masih bermodal kecil sehingga lebih praktis dan tidak perlu sewa tempat. Tenaga kerja pun bisa diperoleh dari penduduk sekitar. Jika kamu berminat dengan usaha rumahan, berikut ini beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan di rumah.

Dropshipper

Jenis usaha perseorangan ini bisa dikerjakan di rumah secara online hanya bermodalkan internet. Kamu cukup mempromosikan barang-barang yang dijual supplier. Nantinya supplier yang akan mengirimkan barang kepada pembeli atas namamu. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang kamu promosikan dengan harga dari supplier.

Salon dan spa

Siapapun itu, semua orang butuh minimal potong rambut selama hidupnya. Jika belum ada salon terdekat di sekitarmu, usaha ini akan membawa keuntungan. Kamu juga bisa membuka layanan spa dan salon sederhana dengan produk-produk lokal yang berharga terjangkau.

Kerajinan tangan

Jika kamu punya hobi dan telaten menciptakan barang kerajinan, kenapa tak dijadikan bisnis saja? Buatlah rajutan, tas lukis, buku edukasi anak, atau produk hasil jahit kreatif. Produkmu yang unik akan mengundang pasar tersendiri. Bukan tidak mungkin produkmu bisa dihargai mahal.

Air minum isi ulang

Siapa yang tak butuh air minum? Semua orang membutuhkannya dan kebutuhan air bersih untuk minum adalah hal mutlak. Di pemukiman padat, di mana orang tak lagi punya lahan untuk menggali sumur, air minum isi ulang adalah solusinya. 

Cuci motor

Selama masih banyak orang menggunakan sepeda motor, selama itu pula jasa cuci motor selalu dibutuhkan. Apalagi di zaman serba sibuk seperti sekarang, mencuci motor sendiri dirasa sangat sulit dan memakan waktu. Kamu bisa memanfaatkan halaman atau area kosong di samping rumah untuk membuka usaha ini.

Jual pulsa dan paket internet

Walaupun kini pulsa dan paket internet bisa dibeli via ATM atau internet banking, lapak pulsa tetap laris. Mengapa? Tawaran paket internet dan telepon dari operator kerap kali ruwet dan membingungkan. Di balik harga murah, kadang menjual produk pulsa maupun internet memiliki syarat dan ketentuan tersembunyi. Penjual pulsa dan paket internet yang paham semua karakteristik operator akan menjadi ‘konsultan’ terbaik untuk memilih paket internet yang tepat bagi pelanggan.

Warung bakso

Dari dulu hingga kini, dan sampai nanti bisnis makanan terutama bakso akan tetap digemari banyak orang. Kamu bisa membuka warung bakso sederhana di depan rumah. Untuk awal bisnis dengan modal kecil, kamu bisa membeli bakso dan mie dari supplier terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa kembangkan sendiri kekhasan sajian baksomu.

Tak ada yang sulit jika kita mau berusaha memulai. Semoga ide-ide di atas membantumu mewujudkan usaha rumahan impian. untuk menjadi pengusaha, kamu juga harus pintar memerhatikan peluang bisnis yang sedang tren, apakah bisnis kuliner, menjual barang secara online atau dropshipper, dan sebagainya. Yang jelas, sebelum menjalankan usaha, pilihlah usaha yang cocok untuk dirimu dah mudah untuk dijalankannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait