Banking

Cara Mudah Menggunakan Internet Banking Mandiri Bisnis

Ajaib.co.id – Bank Mandiri memahami jika pelaku usaha memiliki kebutuhan transaksi perbankan yang berbeda dibandingkan nasabah pribadi. Karena itulah dihadirkan layanan Internet Banking Mandiri Bisnis. Produk ini hadir sebagai jawaban untuk kebutuhan akan transaksi yang cepat dan mudah bagi para pengusaha.

Waktu adalah sebenar-benarnya uang bagi pengusaha. Karena itu setiap aktivitas yang dilakukan harus dilakukan dengan tepat manfaat. Salah pengelolaan sedikit saja bisa membuang kesempatan untuk memaksimalkan bisnis dan kalah dengan pesaing.

Hal inilah yang coba diwujudkan dengan adanya layanan Mandiri Internet Banking Bisnis. Nasabah bisa tetap melakukan aktivitasnya namun dengan aksesibilitas tak terbatas pada kebutuhan transaksi keuangannya. Semua bisa terwujud dengan bantuan teknologi digital yang aman dan terpercaya dari Bank Mandiri.

Internet Banking Mandiri Bisnis, Ditujukan Bagi Pelaku Usaha yang Dinamis

Di zaman serba cepat seperti sekarang, semua bank di Indonesia terus berinovasi dan terus meningkatkan kualitasnya dengan kenyamanan dan keamanan nasabah dalam bertransaksi. Demikian pula Bank Mandiri sebagai salah satu bank plat merah ternama dan menjadi favorit banyak nasabah di Indonesia.

Sudah ada sejumlah produk dari Bank Mandiri yang terbukti sangat membantu nasabahnya. Mulai dari SMS Banking, Mobile Banking (Mandiri Online), Internet Banking Personal, Mandiri Internet Bisnis, dan Mandiri Corporate Management. Sejumlah produk ini bisa dibagi manfaatnya untuk kebutuhan transaksi personal maupun bisnis.

Khusus untuk pebisnis yang memiliki banyak aktivitas, Mandiri mengeluarkan layanan Internet Banking khusus Mandiri Bisnis yang memudahkan pebisnis Indonesia dalam bertransaksi melalui telepon pintar, tanpa harus pergi ke Bank. Dengan menggunakan internet banking, beragam fitur transaksi bisa kamu lakukan. Mulai dari transfer, pembelian, pembayaran tagihan kartu kredit atau pembayaran belanja online, top up, pembukaan rekening, hingga informasi bank Mandiri lainnya.

Namun, apakah kamu sudah pernah menggunakan Mandiri Internet Bisnis? Apakah kamu merasa kesulitan atau menemui kendala? Jika iya, mari simak panduan mudah menggunakan Mandiri Internet Bisnis.

Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah. Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.

Ini merupakan produk layanan dari Bank Mandiri untuk mempermudah para nasabahnya melakukan transaksi dari rekening. Tujuan utama dari fasilitas ini tentu saja mempermudah bisnis para nasabahnya. Sebenarnya, mandiri bisnis ini tidak jauh berbeda dari IB Mandiri. Yang membedakan keduanya hanyalah prioritas penggunaan untuk perusahaan serta pelaku bisnisnya.

Apa Keuntungan Menggunakan Layanan Mandiri Internet Bisnis?

Dengan mendaftarkan layanan ini, kamu bisa dengan mudah mengatur transaksi keuangan perusahaan. Kamu juga bisa melakukan transaksi kapan dan di mana saja, serta tidak akan dikenakan biaya bulanan dan limit harian atas fitur transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha. 

Selain itu, layanan ini juga memberikan keamanan bagi penggunanya, di mana aplikasi ini telah menggunakan sistem keamanan SSL. Untuk masuk ke dalam layanan mandiri internet bisnis, kamu akan diminta untuk mengisi Company ID, User ID dan PIN Internet Banking. Untuk melakukan transaksi bisnis, kamu akan diminta menggunakan token, sehingga keamanan pun akan lebih terjaga.

Bagaimana Cara Daftar Internet Banking Mandiri Bisnis?

Layanan internet banking merupakan satu keharusan bagi semua lembaga perbankan. Bank Mandiri sebagai salah satu pionir internet banking bank di Indonesia tentu saja tak ketingalan. Layanan internet banking yang sudah lebih dulu terkenal misalnya untuk kebutuhan personal kemudian dilengkapi dengan transaksi khusus bisnis.

Tentu saja, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran, kamu harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Prosesnya tidak sulit ketika kamu sudah membawa beberapa persyaratan, seperti:

a. KTP dan buku tabungan untuk perseorangan,

b. KTP, buku tabungan, dan Surat Bukti Kepemilikan Perusahaan untuk nasabah perusahaan),

c. Nasabah diwajibkan mengisi form registrasi aplikasi Mandiri internet bisnis,

d. Setelah selesai mendaftar, Nasabah akan diberikan starter pack mandiri yang berisi buku petunjuk penggunaan dan token yang dapat diambil setelah 14 hari kerja di kantor cabang kamu melakukan pendaftaran layanan,

e. Kamu akan diberikan Company ID, user ID, dan PIN internet banking untuk login yang akan kamu terima melalui alamat email.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ketika kamu sudah registrasi, kamu bisa melakukan transaksi melalui website https://mib.bankmandiri.co.id/sme. Namun, jangan lupa untuk melakukan aktivasi akun internet banking milikmu.

Caranya dengan masuk ke situs www.bankmandiri.co.id untuk aktivasi token maupun Mandiri Internet Bisnis milikmu. Nantinya akan ada menu Pengguna Baru/Registrasi Ulang. Lalu pilih “Silakan klik di sini”. Begitu muncul halaman Aktivasi Mandiri Internet, baca Syarat dan Ketentuan kemudian pilih Setuju.

Langkah berikutnya, kamu diharuskan untuk memasukkan Access ID 16 digit dan Access Code Internet Banking yang merupakan PIN. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi field company IDUser dan password untuk login.

Setelah itu, kamu akan diminta melakukan verifikasi melalui aplikasi di smartphonebaik Android ataupun iOS. Kemudian, kamu juga perlu kembali ke proses token challenging jika ingin melakukan transaksi keuangan.

Di Mandiri Internet Bisnis, kamu juga harus memasukkan daftar penerima terlebih dahulu. Setelah memasukkan daftar penerima, kamu baru bisa melakukan transfer. Memang sedikit ribet apalagi bagi orang yang ‘gaptek’. Namun, ini mudah dipelajari dan tidak merepotkan, karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Tarif Layanan Mandiri Internet Bisnis

Sejumlah layanan yang dihadirkan oleh Internet Banking Mandiri Bisnis dikenakan tarif tertentu. Besarannya berbeda-beda tergantung dengan layanan yang kamu ambil. Misalnya saja biaya pergantian token sebesar Rp25.000, transaksi SKN Rp3.500, dan transaksi RTGS Rp 15.000.

Kamu juga bisa melakukan transaksi ke luar negeri dengan Mandiri Internet Banking Bisnis ini dengan tarif yang berbeda. Biaya dikenakan dalam besaran dollar sebesar USD 5 untuk Telex dan USD 25 untuk full amount. Sedangkan untuk kebutuhan gaji karyawan, layanan payroll tidak dikenakan biaya sama sekali jika rekening tujuannya merupakan Bank Mandiri. Sedangkan untuk rekening tujuan bank lain sebesar Rp2.500 per rekening.

Syarat untuk Mendapatkan Layanan Mandiri Internet Bisnis

Layanan ini bisa didapatkan oleh semua nasabah Bank Mandiri namun dengan sejumlah persyatan antara lain:

a. Memiliki rekening Bank Mandiri, baik tabungan giro / Mandiri Tabungan Bisnis;

b. Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi internet banking pada cabang pengelola rekening dan menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening, serta menunjukkan aslinya;

c. Jika layanan ini akan diikutsertakan rekening pihak lain, maka kamu juga wajib menyerahkan asli surat kuasa dari pemilik rekening; dan

d. Jika rekening atas nama pihak lain yang digunakan untuk keperluan transaksi akan dibatalkan penggunaannya, maka kamu wajib untuk memberitahukannya kepada Bank disertai dengan asli pencabutan dari pemilik rekening.Membaca, memahami, menandatangani Syarat dan Ketentuan Mandiri Internet Bisnis.

Kenapa Layanan Mandiri Internet Bisnis Dinonaktifkan?

Dalam penggunaannya nanti, bisa saja Internet Banking Mandiri Bisnis yang kamu gunakan kemudian non aktif. Hal ini bukannya tanpa alasan. Ada beberapa ketentuan yang mengatur perhentian layanan Mandiri Internet Bisnis. Apa saja itu?

a. Adanya permintaan tertulis dari Nasabah.

b. Diperintahkan langsung oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dan atau putusan pengadilan.

c. Pengguna menutup seluruh rekening terkait layanan Mandiri Internet Bisnis.

d. Salah memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.

Jika hal tersebut terjadi dan layanan atau fasilitas ini sudah tidak bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengaktifkan kembali layanan tersebut dengan menghubungi Call Center Mandiri di nomor telepon 1500150 atau 1400. Kamu juga bisa menghubungi kantor cabang yang melayani pembukaan dan pengaktifan Mandiri Internet Bisnis untuk pertama kali.

Cara Melakukan Transfer Melalui Internet Banking Mandiri Bisnis

Internet Mandiri Banking Bisnis memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan personal use. Meski demikian, tampilannya relatif sama sehingga tetap memudahkan nasabah. Berikut contoh cara melakukan transaksi transfer dengan rekening tujuan Bank Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Log in dengan user dan password

2. Pilih transfer

3. Pilih transfer antar rekening mandiri

4. Pastikan nomor rekening sesuai dengan sumber nomor rekening perusahaan.

5. Lintas mata uang: pilih “tidak” jika kamu akan melakukan transfer dengan jenis mata uang yang sama (IDR).

6. Pilih daftar tujuan transfer yang ditunjukkan dengan ikon pencarian. Ketika kamu memilih ikon tersebut, maka akan menampilkan transaksi yang telah kamu buat dan lakukan sebelumnya.

7. Masukan “Deskripsi” tidak lebih dari 20 karakter. Jika memiliki lebih dari 20 karakter maka kamu bisa menambahkannya pada bagian Penjelasan Detail Transaksi.

8. Waktu pelaksanaan: pada bagian ini kamu bisa menyesuaikan waktu transfer. Hal ini berarti, jika kamu mau mentransfer agar dibayarkan besok maka kamu dapat memasukkan tanggal dan sesi waktu yang ada pada menu tersebut. Namun, jika kamu ingin melakukan transfer sekarang, kamu dapat memilih waktu “sekarang”.

9. Notifikasi: pada bagian ini jika sebelumnya kamu memasukkan penerima khusus dengan memasukkan notifikasi, maka secara otomatis alamat e-mail akan terisi saat kamu memilih daftar penerima rekening.

10. Setelah mengisi informasi transfer, kamu bisa melanjutkannya dengan memilih informasi pada bagian pojok kanan bawah.

Mudah bukan? Belajar menggunakan Internet Banking Mandiri Bisnis sekarang dan dapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi finansial atau bisnis kapan dan di mana saja. Kamu bisa fokus pada pengembangan bisnismu dan serahkan urusan transaksi keuanganmu pada Internet Banking Mandiri Bisnis.

Artikel Terkait