Dinamika Bisnis Makanan Ringan Khazanah Kuliner di Kota Besar

Dinamika Bisnis Makanan Ringan Khazanah Kuliner di Kota Besar

Bisnis makanan ringan adalah salah satu segmen dalam dunia bisnis makanan yang paling diminati dan memiliki karakteristik khas tersendiri, yaitu margin relatif tinggi 30%-50%, pasar terbuka luas, harga terjangkau, dan berkaitan erat dengan budaya dan hiburan.

Bisnis ini agak berbeda dengan bisnis kuliner mainstream lainnya, di mana bisnis ini memiliki ruang lebih luas untuk budaya, entertainment, kepraktisan, dan kreativitas bisnis. Bukan hanya bertugas untuk menyediakan menu lengkap yang mengenyangkan dan bernutrisi untuk kesehatan tubuh, namun bertugas menyediakan bahan kunyahan ringan praktis yang memberi sensasi menghibur di lidah, penciuman, mata, dan pikiran.

Faktanya, konsumen cenderung lebih sering menghabiskan dana untuk hiburan, daripada keperluan. Karena itulah, bisnis makanan ringan atau cemilan terus terlihat sexy di mata entrepreneur dan investor. Di bawah ini, kita akan membahas dan belajar dinamika bisnis makanan ringan versi Khazanah Kuliner. Bagaimana ceritanya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Faktor Perkembangan Khazanah Kuliner Kota Besar

Khazanah kuliner merupakan kuliner yang menjadi budaya dan turun temurun. Perkembangan khazanah kuliner di kota besar berbeda dengan daerah lainnya karena paparan ragam budaya yang lebih dinamis. Kota besar merupakan stasiun bagi para pendatang untuk saling berinteraksi, berdagang, dan bertukar budaya. Karena makanan ringan berkaitan erat dengan budaya, hiburan, dan kreativitas, maka tak heran jika bisnis ini mengalami evolusi yang sangat dinamis di sana.

Kini makin sulit menemukan jenis makanan ringan yang otentik di kota besar. Karena yang bertebaran adalah makanan ringan hybrid atau fusion, alias campur gaya. Sebut saja bolu ketan item, puding ubi, sushi rendang, pie durian, dan masih banyak lagi. Semakin unik fusion-nya, semakin penasaran konsumen untuk membelinya, apalagi tambah “dipanas-panasi” oleh media sosial dan media online. “Ih ‘lucu’ ya, sebelum dimakan, difoto dulu ah… trus upload, and share!”

Kepekaan Membaca Tren & Momentum

Salah satu kunci sukses memulai usaha makanan ringan adalah kepekaan membaca tren, bukan hanya tren pasar makanan ringan yang merupakan peta persaingan langsung, tapi juga tren wisata, fashion, bahkan perfilman. Kepekaan dan kejelian mengambil inspirasi dari tren-tren tersebut dalam kerangka momentum yang pas, bisa menghasilkan booming tersendiri.

Mungkin semua masih ingat booming kudapan buah stroberi bersalut coklat cair yang terinspirasi adegan film Gossip Girl (2008), lalu super sweet cakery pink dalam scene Marie Antoinette (2006), dan demam cupcake dari film The Bridesmaids (2013).

Kreativitas sineas film dalam menonjolkan kelezatan makanan ringan tersebut telah melahirkan tren yang masih populer hingga sekarang. Bisnis makanan ringan juga sangat terpengaruh momentum budaya, sosial maupun keagamaan. Entrepreneur yang andal akan membaca dan menyusun kalender tersendiri untuk mengantisipasi permintaan pasar dari jauh-jauh hari, dan menyiapkan kelengkapan portfolio produknya sebaik mungkin.

Kecepatan Melahirkan Kreativitas

Karena karakteristiknya yang dekat dengan kreativitas dan tren, bisnis makanan ringan juga memiliki siklus permintaan yang cepat berganti. Jika pebisnis terlambat memperbaharui produknya, konsumen bisa bosan, akibatnya bisa terancam gulung tikar. Bisnis ini cocok bagi entrepreneur dan investor yang “suka keidean” dan “gila inovasi”, serta cepat menyalurkan ide-ide baru dari segi bentuk, bahan dasar, rasa, cara menikmati ataupun kemasan, tanpa melupakan perhitungan efisiensi harga, ketahanlamaan bahan dan kepraktisan penyimpanan.

Kreativitas inilah yang sebenarnya menjadi komoditi bisnis utamanya, bukan sekedar produknya. Memiliki produk klasik yang khas memang sebuah keharusan, tapi tetap harus dilengkapi rangkaian produk inovatif yang variatif, sehingga konsumen akan selalu harus kepusingan memilih dari rangkaian pilihan yang ada. Banyak pilihan, terjangkau, enak-enak, unik-unik, sukses! 

Jadi, bagi kamu yang merasa memiliki kreativitas tinggi dan hobi nyemil, mungkin membuat bisnis makanan ringan ini bisa jadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan. So, tunggu apalagi? Buat tujuan bisnismu sekarang dan mulai!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait