Bisnis & Kerja Sampingan

4 Bisnis Makanan Olahan Ini Sukses selama COVID-19

Ajaib.co.id – Sektor ekonomi menjadi sektor yang paling terdampak dari pandemi COVID-19 di Indonesia. Banyak bisnis yang terpaksa menghentikan aktivitas offline-nya dan beralih ke digital, beberapa perusahaan terpaksa melakukan efisiensi perusahaan dengan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pegawainya. Terlebih pemerintah memberlakukan kebijakan social distancing membuat masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Namun, tidak semua bisnis merasakan dampak negatif COVID-19, salah satunya adalah bisnis makanan olahan. Penerapan kebijakan social distancing pemerintah hingga waktu yang cukup lama membuat masyarakat lebih memilih membeli makanan siap saji melalui jasa pengiriman dibandingkan membeli bahan makanan ke pasar lalu memasaknya. Meskipun menghabiskan sedikit lebih banyak uang, membeli makanan siap saji meminimalisir penyebaran virusCOVID-19.

Selain itu, jenis makanan olahan menjadi pilihan masyarakat karena praktis dan dapat bertahan lama di kulkas. Jika kamu ingin memulai bisnis dan kerja sampingan di luar pekerjaan utama, sepertinya bisnis ini alternatif yang tepat untuk kamu. Agar kamu bisa mendapatkan referensi, berikut 4 bisnis makanan olahan yang sukses dan laku selama COVID-19.

Oma Elly 

COVID-19 memaksa bisnis restoran untuk tutup. Jika sebuah restoran memaksa untuk tetap buka dan mengizinkan pelanggannya makan tempat, restoran tersebut akan dikenai denda. Namun, rasa rindu menikmati makanan restoran kini hilang dengan bisnis Oma Elly yang semakin populer selama COVID-19.

Oma Elly merupakan restoran dengan konsep Chef’s Table, yaitu makanan yang dihidangkan dengan tampilan mewah. Oma Elly fokus di sajian masakan Italia. Restoran milik Chef ternama Andry Susanto ini memutuskan untuk mengalihkan bisnis restoran offline-nya menjadi makanan olahan yang bisa dikirim langsung ke konsumen.

Jika kamu pecinta makanan Italia, seperti Lasagna, Pasta, Ravioli, atau Pizza, Oma Elly bisa menjadi pilihan untuk hidangan khusus selama social distancing. Kamu bisa memesan Oma Elly dan menyantapnya bersama keluarga saat makan malam atau bersama pasangan seakan-akan sedang berada di restoran untuk makan malam mewah. Bagi yang ingin mencoba masakan Oma Elly, kamu bisa cek Instagramnya di @omaelly.id.

Fit Gourmet

Agar terhindar dari virus COVID-19 dan penyakit menular lainnya, pemerintah menganjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat, salah satunya adalah mengonsumsi makanan bergizi. Sulitnya menemukan bahan-bahan makanan sehat untuk diolah membuat masyarakat memilih mengkonsumsi makanan cepat saji, terlebih COVID-19 menyebabkan masyarakat enggan untuk berbelanja. Tidak heran jika Fit Gourmet menjadi opsi untuk yang ingin makan sehat secara praktis.

Fit Gourmet merupakan penyedia layanan katering, restoran, dan makanan olahan sehat yang merupakan anak perusahaan dari Fitco, platform wellness yang menyediakan kebutuhan kesehatan mulai dari program olahraga, makanan, hingga produk kemasan. Berbeda dari katering-katering sehat lainnya, menu Fit Gourmet bisa dibeli satuan tanpa harus berlangganan selama seminggu atau sebulan.

Menunya dibuat dari bahan pilihan dan bernutrisi tanpa mempertaruhkan rasa. Mengusung tema makanan sehat premium, Fit Gourmet menyajikan sejumlah menu yang pas di lidah masyarakat indonesia yang tersedia sesuai dengan preferensi, misalnya untuk diet keto, menurunkan berat badan, membentuk otot, atau mempertahankan berat badan yang sekarang.

Bittersweet by Najla

Media sosial akhir-akhir ini ramai membahas sebuah bisnis makanan yang terkenal akan dessert box-nya. Jika kamu belum mengetahuinya, dessert box merupakan makanan penutup yang disajikan di sebuah kotak. Umumnya dessert box memadukan dua jenis kue dalam beberapa lapis yang dilumuri topping sesuai dengan selera, seperti oreo, biskuit regal, atau meses. 

Bisnis makanan yang ramai diperbincangkan di media sosial tersebut adalah Bittersweet by Najla. Bermula pada 2018, Najla Bisyir memutuskan untuk memulai usaha dessert karena hobi dan kesukaannya terhadap makanan manis. Ibu yang memiliki anak  3 tersebut akhirnya memberanikan diri untuk membuka kafe dessert berukuran kecil di Kalibata. Dessert box boba dengan thai tea menjadi salah satu menu unggulan Bittersweet by Najla di awal usahanya. Menu tersebut pun laku keras karena pada saat itu tren boba baru saja masuk dari Indonesia.

Kini Bittersweet by Najla telah memiliki sejumlah outlet di Jakarta dan varian menu seperti Milkbath Dessert Box dengan toping lelehan susunya yang manis, Regal Dessert Box dengan saus coklatnya yang kental, atau Lotus Biscoff Dessert Box lengkap dengan lelehan selai Lotusnya. Jadi, mana yang akan kamu beli untuk menemani social distancing?

Dough Lab

Tidak pernah ada yang bisa menolak kelezatan dari makanan penutup, salah satunya ada kukis yang merupakan kue manis terbuat dari olahan tepung dengan tekstur renyah atau lembut. Kukis merupakan kudapan yang sempurna untuk dinikmati di akhir pekan ditemani teh hangat. Selama social distancing beberapa bulan ke belakang, bisnis makanan penutup olahan penutup yang menjual kukis mengalami peningkatan penjualan, salah satunya adalah Dough Lab.

Dough Lab menghadirkan variasi kukis yang unik dan lezat dan dibuat dengan bahan makanan terbaik. Menu andalannya adalah Diva Jar, kuki yang dipadukan double chip cokelat klasik dan saus karamel asin atau jika kamu bosan dengan kukis klasik, kamu bisa mencoba The Flowery Child, kukis yang terbuat dari susu kelapa dipadukan lelehan coklat yang begitu kaya. 

Meningkatnya penjualan Dough Lab ditengarai penerapan Working From Home (WFH) dari perusahaan, sehingga para pegawai membutuhkan kudapan untuk menemani mereka bekerja. Dough Lab juga menyediakan paket kukis yang dikemas menarik untuk dijadikan hadiah di momen spesial, seperti Idul Fitri atau Hari Natal. 

Sudah memutuskan akan menjalankan bisnis makanan olahan apa? Setelah mendapatkan keuntungan dari bisnis, kamu bisa mulai menginvestasikan uang kamu. Karena, dengan investasi uangmu akan terus berkembang. Salah satu cara terbaik untuk berinvestasi adalah dengan menginvestasikan uang kamu lewat Ajaib.

Ajaib memiliki banyak produk reksa dana yang terjangkau dan sangat cocok untuk para investor pemula, kamu bisa mulai dari Rp10.000 saja. Yuk, mulai berinvestasi!

Sumber dari Meal Kit Companies: Maintaining Growth Post-pandemic dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait