Milenial

Memilih Makanan Sehat adalah Baik untuk Tubuh, Ini Caranya

makanan sehat adalah

Ajaib.co.id – Makanan sehat adalah makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh khususnya pada sistem pencernaan. Karena itu, makanan sehat adalah baik untuk tubuh. Lalu, bagaimana cara memilih makanan ini?

Peduli akan kesehatan tubuh harus ditanamkan dalam pikiran dari sedini mungkin. Salah satu yang bisa dilakukan ketika kamu peduli dengan kesehatan adalah dengan memilih makanan yang sehat. Lalu bagaimana cara memilih makanan yang sehat untuk gaya hidup sehat ini?

Untuk mengetahui cara memilih makanan yang sehat, kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari makanan sehat itu sendiri.

Makanan sehat adalah jenis makanan yang mengandung hal-hal baik atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa hal ini meliputi kandungan protein, karbohidrat, serat, dan beberapa unsur penting lainnya yang baik bagi tubuh. Dengan memilih makanan yang mengandung beberapa unsur tersebut, berarti kamu peduli akan kesehatan.

Ada banyak jenis makanan di dunia ini yang bisa kamu konsumsi. Akan tetapi, tidak semua makanan tersebut memiliki kandungan yang cukup dan baik bagi kebutuhan tubuh manusia. Oleh karena itu, kamu harus memahami betul jenis makanan yang baik untuk tubuh sebagai bentuk kepedulian kamu akan kesehatan.

Selain itu, makanan sehat adalah jenis makanan yang dapat memberikan kamu energi dan tenaga untuk dapat beraktivitas secara lancar. Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, makanan sehat ini dapat membantu perkembangan tubuh dan pikiran mereka agar tumbuh secara sempurna.

Untuk memahami jenis makanan sehat, kamu bisa menyimak penjelasan berikut yang membahas tentang makanan sehat lebih lengkap lagi.

Mengetahui Jenis Makanan Sehat melalui Pengertiannya

Makanan sehat adalah makanan yang harus dikonsumsi dan dimasukan ke dalam menu makanan kamu sehari-hari. Hal ini karena makanan dapat mendukung kegiatan dan aktivitas kamu sehari-hari. Untuk memahami makanan sehat seperti apa kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan jenis makanan itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai makanan sehat berdasarkan jenisnya:

Serealia

Jenis makanan yang masuk ke dalam kategori serealia ini meliputi beras, gandum, biji-bijian dan jenis olahan yang masuk ke dalam kategori serealia. Di mana, serealia ini dikonsumsi untuk menambah karbohidrat yang digunakan untuk menghasilkan energi atau tenaga saat dicerna oleh tubuh. Hal ini yang menjadikan serealia penting untuk dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari

Sayur-sayuran

Ada banyak jenis sayur-sayuran yang digunakan sebagai bahan masakan untuk menghasilkan makanan lezat dan bergizi. Jenis sayur-sayuran yang paling baik untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau.

Sayur-sayuran ini mengandung nutrisi berupa serat yang baik dikonsumsi oleh tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Sayur-sayuran ini dapat dikonsumsi secara mentah atau diolah dengan cara direbus, ditumis, dikukus, atau dipanggang sekalipun.

Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menemukan kandungan serat yang baik bagi tubuh melalui buah-buahan. Buah-buahan ini biasanya dikonsumsi terpisah sebelum atau sesudah makan berat. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan di pagi hari, siang hari, sore hari hingga malam hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah langsung dimakan atau dengan cara di jus. Ada banyak pilihan buah yang baik bagi pencernaan jika dikonsumsi secara rutin seperti apel, pisang, pepaya, jeruk, dan jenis buah lainnya

Protein Nabati dan Protein Hewani

Jenis makanan berdasarkan pengertian selanjutnya adalah makanan dari protein nabati dan protein hewani. Dari nama proteinnya saja kamu sudah bisa mengetahui bahwa jenis makanan ini mengandung protein yang baik untuk tubuh terutama otak.

Pada protein nabati, kamu bisa menemukannya pada jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Mulai dari tahu, tempe, kacang merah, dan masih banyak lainnya.

Sementara protein hewani bisa kamu temukan pada jenis makanan yang berasal dari hewan seperti daging merah, daging putih, dan telur. Mulai dari daging sapi, domba, kambing, ayam, itik, dan ikan. Kedua jenis protein ini baik protein nabati dan protein hewani tentu sangat baik dikonsumsi oleh tubuh dengan porsi yang pas.

Susu dan Produk Olahan Lainnya

Kamu pasti mengenal istilah kesehatan dari konsumsi makanan seperti 4 sehat 5 sempurna. Jenis makanan sehat berdasarkan pengertiannya akan lengkap jika kamu juga mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini yaitu susu.

Susu memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh khususnya tulang. Kamu bisa memilih jenis susu yang dihasilkan oleh beberapa hewan, namun pada umumnya adalah susu sapi.

Selain itu, susu juga diolah menjadi bahan makanan lain yang tidak kalah penting kandungannya seperti yoghurt dan keju. Selain dihasilkan dari hewan, susu juga dapat dihasilkan dari produk olahan biji-bijian seperti susu kedelai dan susu almond.

Memilih Waktu yang Ideal untuk Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang dikonsumsi secara pas dengan pemilihan waktu yang ideal. Untuk menyempurnakan pemilihan makanan sehat, kamu juga harus memilih waktu atau jam yang pas untuk mengkonsumsi makanan sehat tersebut.

Hal ini karena tubuh yang membutuhkan waktu untuk mencerna makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh. Berikut waktu ideal yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi makanan sehat:

Makan Pagi

Untuk menghasilkan energi yang pas dan konsentrasi yang dibutuhkan, makan pagi adalah pilihan yang tepat sebelum kamu menghadapi aktivitas padat dan sibuk. Makan pagi ideal dilakukan antara pukul 6.45 sampai 9.45 pagi.

Makan Siang

Ketika bekerja atau belajar, tubuh dan pikiran membutuhkan jeda waktu yang digunakan untuk beristirahat. Hal yang bisa kamu lakukan pada waktu istirahat ini adalah dengan makan siang. Di mana, makan siang ini tentu bagus untuk menambah energi yang mulai berkurang. Makan siang ideal dilakukan antara pukul 12 siang hingga 3 sore.

Makan Malam

Makan malam adalah waktu yang paling banyak dihindari oleh kebanyakan orang khususnya mereka yang ingin menjaga berat badan. Padahal, kamu tetap boleh makan malam dengan waktu yang ideal antara pukul 5 sore hingga 7 malam.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Jika kamu peduli dengan kesehatan tubuh, maka kamu harus bisa memilih jenis makanan yang dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Selain itu, konsumsi makanan sehat juga harus dibarengi dengan olahraga yang cukup.

Memilih makanan sehat sama halnya dengan memilih instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan baik bagi keuangan kamu. Kamu bisa memilih jenis investasi yang mudah digunakan dan memiliki risiko yang rendah. Salah satu jenis investasi yang kini banyak diminati orang-orang adalah reksa dana.

Hal ini karena investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi yang dapat membantu kamu berinvestasi secara mudah khususnya reksa dana.

Dengan berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait